Inilah 9 Kriteria yang Calon Karyawan Paling Dicari Perusahaan, Fresh Graduater Wajib Paham.

Ini Kriteria yang Calon Karyawan Paling Dicari Perusahaan, Fresh Graduater Wajib Paham.
Ilustrasi Calon Karyawan Paling Dicari Perusahaan. Foto unsplash.com/@dylandgillis


Sparklepush.com - Kriteria Perusahaan dalam mencari pekerja atau karyawan sangat beragam tergantung visi dan misinya. Kamu yang masih fresh graduate perlu paham betul soal ini supaya kamu siap dengan segala sesuatu yang nantinya akan dihadapi dalam urusan pekerjaan di perusahaan tersebut. 

Supaya kamu siap memasuki dunia kerja, berikut ini sparklepush.com rangkum kriteria calon karyawan yang paling dicari oleh perusahaan. Jadi meskipun baru kemarin sore kamu jadi fresh graduater ada peluang besar di terima di tempat kerja. So, siap-siap ya.


1. Karakter
Bagi seorang HRD, dia bisa menganalisis kepribadian kamu sejak awal kamu memasuki ruangan. Bahkan dari penampilan saja mereka yang ditugaskan untuk merekrut karyawan sudah paham dan menerka kamu orangnya seperti apa.


Karakter memang tidak bisa dipalsukan dengan segudang kata-kata dalam dalam curriculum vitae yang kamu buat.

Untuk itu kamu harus memiliki karakter yang sangat dicari oleh perusahaan supaya kamu ada kemungkinan besar diterima di tempat kerja impianmu meskipun kamu hanyalah seorang fresh graduater.

Ringkasnya berikut ini karakter calon karyawan yang paling banyak dicari oleh perushaan yang sparklepush kutip dari klasika.kompas.id
  1. Komitmen
  2. Sikap
  3. Aktif dan Antusias
  4. Tahan Terhadap Tekanan
  5. Inovatif dan Kreatif
  6. Terbuka
  7. Melayani
2. Adaptasi dengan baik
Berikutnya, kriteria karyawan yang paling banyak dicari perusahaan adalah kemampuan beradaptasi yang baik meskipun kamu seorang Fresh Graduater.


Beradaptasi adalah skil yang perlu dimiliki oleh para fresh graduater. Kalo dulu kamu rutin dan rajin mengerjakan tugas dari dosen maka di dunia kerja kamu akan beradaptasi dengan tugas-tugas kerja yang akan kamu pegang dan juga bertanggung jawab penuh di area tugas kamu.

Bagi kamu yang punya rasa ingin tahu tinggi itu tandanya kamu ada bakat dalam skil adaptable karena di dunia kerja seorang fresh graduater akan menghadapi environment yang beda dengan linkungannya yang dulu.

Nah selain punya rasa keingin-tahuan yang tinggi ada juga "komponen" lain yang dapat meningkatkan skill ini, diantaranya sebagai berikut:
  1. Kemampuan komunikasi
  2. Kemampuan Interpersonal
  3. Kemampuan problem solving
  4. Kemampuan kerja sama tim
  5. Kemampuan resourceful
  6. Kemampuan organisasi
3. Penuh Semangat

Pekerja atau Karyawan yang selalu bersemangat dalam melakukan pekerjaan tentu jadi yang paling dicari oleh perusahaan.


Orang penuh semangat sangat penting bagi perusahaan karena dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Dia punya motivasi yang baik dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik pula.


Ini yang paling banyak dimiliki oleh orang yang baru mencari kerjaan, kamu yang baru jadi fresh graduate tentunya masuk banget dikriteria ini.

Kamu harus bisa menunjukkan kepada HRD recruiter sikap antusias ini. Goalnya memang supaya kamu mudah diterima tapi perlu diingat juga kalo kamu perlu menjaga antusias kerjamu setiap waktu.

Semangat ya...

4. Loyalitas
Loyalitas dalam kerja bisa diartikan sebagai sikap setia, mendukung penuh dan mematuhi peraturan yang ada di tempat kerja secara konstan sesuai dengan visi dan misi perusahan.



Tipikal calon karyawan yang loyal adalah salah satu kriteria yang paling dicari perusahaan. 

Meskipun kamu masih fresh graduate, namun kamu dapat menunjukkan loyalitas dalam bekerja maka kamu adalah kandidat yang paling mungkin diterima dan juga paling mungkin dipertahankan oleh perusahaan.

5. Fast learning

Kamu yang meskipun masih fresh graduate tapi memiliki adaptabilitas tinggi dan juga punya kemampuan fast learning adalah salah satu calon karyawan yang sangat dicari oleh perusahaan.


Tentunya perusahaan menghendaki dan menginginkan seluruh lini divisi berjalan dengan baik dan sempurna. Nah, untuk mencapai hal tersebut, karyawan yang memiliki kemampuan fast learning dapat beradaptasi dengan cepat sehingga segala kegiatan dalam pekerjaan juga dapat berjalan dengan baik.


Bisa kamu bayangkan jika seorang yang memiliki kemampuan fast learning ini akan begitu dengan mudah menguasai pekerjaan yang menjadi bagiannya dalam menjalankan roda perusahaan. Jadi, kriteria calon karyawan yang seperti ini merupakan orang yang paling dicari oleh perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

6. Mampu bekerja dalam tim
Dalam sebuah perusahaan, memiliki struktur organisasi yang jelas bahkan memiliki tim kerja yang dibagi sesuai dengan kebutuhan organisasi pekerjaan. Misalnya divisi marketing, divisi warehouse, divisi akunting, divisi warehouse dan divisi-divisi lain sesuai dengan kebutuhan dan bidang usaha perusahaan.



Setiap divisi ini memiliki tim yang akan melakukan pekerjaan secara berkelompok dan kolektif. Jadi tiap divisi memiliki perannya masing-masing. 

Jika kamu dapat bekerja dengan tim maka kamu adalah salah satu calon karyawan yang paling dicari oleh perusahaan.


Bekerja dalam team memang gampang-gampang susah. Kamu akan berinteraksi dengan anggota tim lain dalam divisi sesuai dengan penempatanmu. Dan tiap individu juga memiliki karakter yang berbeda-beda nah disinilah peran kemampuan dalam tim, kamu harus bisa memposisikan diri kamu secara profesional dalam lingkup tim kamu.

Kemampuan bekerja dalam team biasanya ada pada mereka yang pernah berorganisasi baik formal maupun non formal. Jika kemampuan dalam tim ini sudah kamu pupuk sejak dini selama sekolah atau kuliah maka kamu hanya tinggal meneruskan saja. Bedanya, kamu dituntut lebih profesional dalam kerja.

7. Cekatan
Cekatan dapat diartikan melakukan pekerjaan dalam tempo yang relatif cepat dan tepat. Orang yang memiliki kemampuan kerja cekatan biasanya langsung mengerjakan perintah pimpinan secara cepat dan menyelesaikannya dalam waktu yang relatif singkat. 


Fresh graduater musti paham banget soal yang satu ini agar kamu punya kemungkinan besar untuk diterima diperusahaan tempat kalian melamar pekerjaan. Sebab dimanapun tempat kerjanya dan apapun perusahaannya sangat menginginkan karyawan yang memiliki kemampuan seperti ini karena orang yang dapat bekerja dengan cekatan akan sangat mengefisiensikan waktu dan tenaga.

8. Beraura Positif
Beraura positif adalah salah satu kriteria calon karyawan yang paling dicari juga oleh perusahaan. 

Orang yang memiliki aura positif membawa dampak baik bagi lingkungan kerja. Dia dapat memberikan motivasi bagi rekan setimnya yang mengalami penurunan kualitas kerja sehingga rekan setimnya yang sedang mengalami penurunan kualitas kerja dapat kembali bangkit dan memperbaiki diri.


Tentu calon karyawan yang seperti inilah yang paling dicari dimana dengan dapat memotivasi rekan setimnya maka akan memudahkan tugas dan tanggung jawab tiap divisi dalam perusahaan dan jika seluruh karyawan kembali bangkit dari penurunan kualitas kerja maka tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan pun akan mudah terlaksana.

Nah kamu punya aura positif? Ya, kamulah yang paling dicari oleh perusahaan.

9. Bertanggung Jawab 
Tanggung jawab merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap karyawan dalam melakukan pekerjaannya yang merupakan bentuk komitmen individu dengan perusahaan yang memberikannya pekerjaan.


Meskipun kamu masih fresh graduate, kamu juga harus memiliki rasa tanggung jawab. 

Rasa tanggung jawab sebenarnya sudah dilatih selama masa pendidikan salah satunya adalah dengan menyelesaikan PR yang merupakan salah satu instrumen pendidikan dalam melatih profesionalitas dan tanggung jawab sejak dini.

Nah, itulah 9 kriteria Calon Karyawan yang paling dicari oleh perusahaan. Bagi kamu yang masih fresh graduate, paham akan 9 kriteria ini hukumnya wajib jika kamu berniat untuk meniti karir di dunia kerja.


Sumber: 
https://www.cermati.com/artikel/10-hal-yang-dicari-perusahaan-saat-merekrut-karyawan
https://klasika.kompas.id/baca/inilah-karakter-karyawan-yang-banyak-dicari-perusahaan/
https://glints.com/id/lowongan/kemampuan-adaptasi/#.Yx6j9__P3rc

Posting Komentar

0 Komentar