Kiat-kiat Sabar dan Tawakal Dalam Mencari Rezeki

Ilustrasi Kiat-kiat Sabar dan Tawakal dalam Mencari Rezeki. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Sparklepush.com - Sabar dalam mencari rezeki 

Bersabar adalah kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dalam mencari rezeki.

Dalam mecari rezeki, seseoarang pasti akan berjuang untuk meraih rezeki yang maksimal. Bahkan terkadang kita dipanas-panasi dengan rasa iri atas kesuksesan orang lain yang sudah lebih duluan meraihnya. Jika iman dalam hati tidak kokoh maka syiton akan dengan mudah menanamkan benih-benih kedengkian, sebuah penyakit hati yang bisa mengantarkan kita secara mulus ke jurang neraka. 

Syaitan dengan bersemangat menebarkan bisikan-bisikan untuk mendorong kita berbuat kemaksiatan kepada Allah dalam urusan mengais Rezeki. Akibatnya mencari keuntungan dengan jalan apapun dilakukan yang tidak sesuai dengan syariat. Salah satunya yaitu dengan cara mengurangi timbangan, mencari penglaris, bahkan berjualan dengan akad-akad yang tidak adil.

Padahal Allah telah memerintahkan kita untuk selalu sabar dan bertawakal (berserah diri hanya kepada Allah) atas segala usah dan upaya yang telah dilakukan untuk mencari rezeki karena Allah pulalah yang memberikan rezeki. Ingatlah Allah dalam Al-Quran surat Al-Baqarah:45 yang berfirman:

وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَـٰشِعِينَ

"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,"

Kita kadang terjebak dengan logika matematis diri kita sendiri. Sebagai contoh, jika kita menjalankan usaha dengan metode Si "A" yang sudah terlihat sukses belipat-lipat dengan metodenya namun kita tidak meraih kesuksesan yang Si "A" dapatkan dan pastinya kita akan sangat kecewa. Menyalahkan diri sendiri bahkan menyalahkan keadaan dan bahkan yang lebih parah lagi kita menyalahkan Allah. Astaughfirullah hal'adzim...!

Bersabar memang kata-kata yang sangat mudah dilontarkan oleh lisan seseorang termasuk kita sendiri. Namun untuk melakukannya, kita tidak hanya melawan nafsu yang ada dalam diri kita sendiri. Syaitan pasti akan terus membujuki kita dengan bisikan-bisikan yang mengikis iman dan kesabaran, baik pada diri kita sendiri dan atau kepada orang-orang disekeliling kita dengan sikap-sikap yang provokatif.

Lantas, bagaimana agar kita dapat sabar dan bertawakal dalam mencari rezeki?

Tentu setiap orang mendambakan mengais rezeki dengan cara yang halal lagi baik, agar tidak terjerumus dalam kedzaliman walaupun dalam perkara mencari rezeki. 

1. Memperkuat iman

Kiat-kiat dalam mencari rezeki agar kita lebih sabar dan juga tawakal adalah iman. Iman adalah pondasi dalam memperoleh rezeki. Jika keimanan kita tidak kokoh maka kesabaran dalam memperoleh rezeki yang halal lagi baik akan terkoyak dan jika kesabaran dalam mencari rezeki sudah terkoyak maka sikap tawakal kepada Allah pun akan goyah.

Iman yang rapuh dapat dikuatkan kembali dengan sering-sering berkumpul dengan orang soleh, membaca Al-Qur'an dan mentadaburinya dalam kehidupan sehari.

Iman yang kuat lagi kokoh akan meningkatkan kesabaran kita dalam mencari rezeki dan juga menjadikan diri lebih bertawakal.

2. Bersyukur

Mengapa kita harus bersyukur meskipun dalam kesempitan?

Menurut penulis, bersyukur merupakan suatau ungkapan perasaan atas keadaan yang menggembirakan dan menyenangkan. Tentu akan terasa begitu sulit jika kita sedang dalam keadaan yang serba sempit dan harus tetap bersyukur. 

Sebenarnya jika kita tidak mensyukuri atas keadaan yang serba sempit dan susah justru akan membuat hati akan lebih sempit. Keadaan yang seperti ini akan membuat seseorang terjerumus dalam kekufuran.

Untuk mengatasi ini (agar kita bisa lebih bersyukur) maka sebaiknya kita melihat orang-orang di sekeliling kita yang keadaannya jauh dibawah keadaan kita saat ini. Dengan begitu, akan menumbuhkan rasa rasa syukur.

Misalnya, Saat ini kita sedang terseok-seok untuk mencari rezeki dengan berdagang yang keuntungannya masih pas-pasan. Tapi kondisi ini jauh lebih baik dari pada mereka yang mencari rezeki dengan meminta-minta.

Selain itu, Allah menjanjikan menambah nikmat bagi mereka yang mau bersyukur sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Quran Surat Ibrahim ayat ke-7:

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ

“Jika kalian mau bersyukur, maka Aku sungguh akan menambah nikmat bagi kalian.”

Ingatlah firman Allah yang satu ini jika kita telah memperoleh hasil dari usaha yang sedang kita jalankan. 

Sebab hati yang penuh syukur akan menumbuhkan sikap yang sabar dalam menghadapi situasi

3. Berserah diri kepada Allah

Berserah diri kepada Allah merupakan sikap yang harus dimiliki bagi seorang mukmin juga salah satu wujud penghambaan seorang muslim kepada Robnya.

Sabar dan tawakal dalam mencari rezeki tidak lepas dari aktualisasi berserah diri kepada Allah. 

Dalam usaha menjemput rezeki, seseorang bisa merencanakan berbagai metode dan rencana yang terbaik. Namun kita juga harus menyadari bahwa Allah punya rencana lebih baik.

Maksudnya adalah, dalam menjalankan usaha menjemput rezeki, kita bisa membuat plan dengan berbagai rezeki hingga mencari referensi tips dan trik dalam usaha. Tapi janganlah kita sampai lupa bahwa kita tidak menggantukan hasilnya pada strategi terbaik yang kita lakukan. Tapi berserah diri atas hasil memperoleh rezeki dengan strategi yang kita lakukan.

Nah, dengan berserah diri kepada Allah Azza wa jalla inilah kesabaran dan tawakalnya kita kepada Allah akan tumbuh.

4. Berdoa

Meskipun semua mahluk adalah sudah dijamin oleh Allah seluruh kadar rezekinya namun tetaplah berdoa kepada-Nya. 

Berdoa merupukan salah satu wujud penghambaan seseorang kepada Robnya. Bahkan berdoa adalah salah satu kunci memperoleh kesuksesan dalam mencari rezeki dan dengan berdoa pula kita akan lebih bersabar dan bertawakal kepada Allah.

Disela-sela kesibukan, luangkanlah untuk berdoa di waktu-waktu yang mustajab salah satunya adalah disaat antara adzan dan iqomah. Mintalah segala yang terbaik dari Allah termasuk kesabaran dan ketakwaan dalam mencari rezeki-Nya.

Nah itulah kiat-kiat sabar dan bertawakal dalam mencari rezeki.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar