Bekicot Perusak daun Bunga Tanaman Hias

Bekicot merusak daun dari tanaman hias. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Menggrogoti daun, Bekicot ini jadi hama tanaman hias kamu di kebun taman rumah. Foto dokumentasi sparklepush.com

Kalau dibiarkan, bekicot-bekicot kecil ini bisa ngabisin daun-daun tanaman hias kamu. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Bekicot bisa jadi hama yang membahayakan tanaman hias kamu di rumah. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Bekicot (mahluk yang ada di foto ini) kadang juga disebut dengan siput. Namun sebenarnya bekicot si perusak daun dari bunga tanaman hias kamu ini adalah bekicot.

Dari pada banyak bacot, yuk simak sedikit ulasan singkat tentang bekcot.

1. Klasifikasi

Bekicot punya nama latin Achatina fulica Ia berasal dari subgenus Lissachatina. Si bekicot nakal ini jika ditarik lagi ke atas, ia berasal dari keluarga Achatinidae yang tergolong dalam filum Molusca.

Ciri-ciri mahluk hidup yang tergolong dalam filum mollusca ini secara umum disifatkan sebagai berikut:
  • Tidak memiliki tulang
  • Tubuhnya lunak dan dilumuri lendir
  • Ada yang bercangkang seperti si bekicot ini tepat di atas punggungnya ada juga yang seperti kerang/siput yang cangkangnya ada dua bagian.
  • Nggak punya kaki, jadi jalannya ngesot pakai perut atau pakai tubuh bagian bawah
  • Alat perkembangbiakan, peredaran, dan pernapasan serta pencernaan berkembang dengan baik.
Nah itulah sedikit pembahasan mengenai klasifikasi si bekicot ini.

2. Bahaya bekicot
Meskipun terlihat lemah namun jika dibiarkan hidup di pot-pot bunga tanaman hias kalian, maka daun-daun indah tanaman hias kalian pun bisa ludes-seludes-ludesnya.

Pada spesies lain seperti keong sawah ataupun atau tutut ada yang menyatakan bahwa keong jenis ini sangat berbahaya bagi kesehatan jika kamu konsumsi. 

Bahaya bekicot seperti keong mas, tutut atau disebut juga keong sawah bagi kesehatan jika dikonsumsi adalah bisa mengakibatkan radang otak. Ngeri kan...!

Hal ini karena pada keong tersebut ternyata membawa parasit seperti cacing yang dapat menimbulkan kerusakan pada otak kalian. 

Wah, radang tenggorokan aja sakitnya minta ampun. Ini (si keong sawah/tutut) malah bisa bikin radang otak. Bahaya juga yah si mahluk lemah ini ternyata.

3. Meskipun terkesan menjijikan dan yaaakkkk banget. Ternyata ada kuliner dari Kediri sana yang berbahan dasar Bekicot, lho....!

Yaccckkkk, Bekicot bagi penulis adalah mahluk yang menjijikan ya (sebagian dari kalian pun aku yakin setuju dengan saya). Tapi lahdalah, di Kediri sana, bekicot ini malah jadi makanan favorit dan populer sebagai sate bekicot.

Hmmm, nggak kebayang deh rasanya.

Posting Komentar

0 Komentar