Jangan Sampai Kehilangan Motivasi Hidup, Segera Jauhi 5 Penyebab Ini.

Sparklepush.com - Kehilangan motivasi hidup janganlah sampai Klepusher mengalaminya. Meskipun hidup penuh dengan ragam peristiwa, cobaan, ujian, situasi dan kondisi hingga lingkungan sekitar yang menjadi problematika hidup. 

Agar tidak sampai kehilangan motivasi hidup, berikut ada 5 penyebab hilangnya motivasi hidup yang perlu kamu jauhi mulai dari sekarang.

Ilustrasi Motivasi Hidup. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

1. Jauhi Lingkungan Toxic
Lingkungan toxic adalah segala sesuatu yang berada disekeliling kita yang memberikan pengaruh buruk bagi dirikita sendiri. Sebagai contoh, Orang tua yang tidak memberikan apresiasi atas kreatifitas dan usaha anak-anaknya. Atau, di dalam lingkungan kerja juga bisa ditemukan gejala toxic ini misalnya beban kerja yang tidak realistis.

Kedua contoh di atas akan menjadikan sesorang merasa rendah diri hingga menimbulkan kecemasan dan frustrasi tingkat tinggi.

Namun adakalanya kita perlu introspeksi diri dan mengikuti arus untuk tetap bertahan pada lingkungan yang toxic dengan alasan-alasan yang dianggap paling krusial.

Melakukan introspeksi diri bermanfaat bagi diri kita untuk mengetahui seberapa besar hal negative pada diri kita sendiri sehingga tanpa disadari sebenarnya penyebab lingkunag toxic, apakah memang dari dalam diri kita sendiri atau pengaruh dari luar.

Memperbaiki diri mungkin bisa mengatasi lingkungan toxic namun perlu disadari bahwa tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama dengan dirikita. Jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin memperbaiki diri agar tidak terjadi adanya lingkungan toxic namun gagal, tidak ada salahnya siapkan ancang-ancang untuk mencari lingkungan yang lebih bisa mendukung kamu sehingga kamu tidak kehilangan motivasi hidupmu.

2. Malas Dan Selalu cari alasan
Orang yang tidak memiliki tujuan hidup pasti cenderung bermalas-malasan. Dan si Pemalas cenderung selalu mencari-cari alasan jika diberi kegiatan. Sebenarnya mencari-cari alasan itu ya menunjukkan seberapa besarnya tingkat kemalasan kamu.

Terlalu sering bermalas-malasan dan enggan melakukan perubahan akan membuat kamu kehilangan motivasi hidup. Jadi, hilangkan malas dan banyak alasan agar semangat hidupmu makin bertambah.

3. Hilangkan Pesimis
Optimistis adalah jantungnya motivasi hidup, jika optimistis ini hilang dari dalam jiwa kamu maka yang mengisi jiwamu adalah rasa pesimis. Jika rasa pesimistis ini bersemayam dalam jiwa kamu maka tidak akan lama lagi kamu akan kehilangan motivasi hidup.

Rasa pesimistis timbul tidak sekonyong-konyong. Ada beberapa alasan kenapa sesorang bisa dihinggapi rasa ini bahkan jika tidak segera di jauhi, Klepusher akan kehilang motivasi hidup.

Berikut ini adalah penyebab hinggapnya rasa pesimis.
  1. Kurang percaya diri
  2. Terlalu bergantung pada orang lain
  3. Kurang bersosialisasi
  4. Lingkungan yang kurang mendukung
  5. Jiwa kompetisi yang rendah 
5 hal di atas adalah penyebab sesorang jadi gampang pesimis. Semoga tidak ada satu pun dari 5 penyebab pesimis ini ada pada diri klepusher ya....!

4. Terlalu plin-plan
Orang yang plin plan sama saja dengan inkonsisten. Dia akan sangat bergantung dengan pendapat orang lain sehingga untuk menjalani hidupnya sendiri sangat bergantung dengan pendapat orang lain.

Pasalnya, setiap orang memiliki pandangan hidup yang berbeda-beda. Bahkan, pasangan hidup sekalipun terkadang memiliki pandangan yang berbeda karena setiap orang memiliki pemikirannya masing-masing.

Jika seseorang terlalu mengandalkan pendapat orang lain maka dia akan kehilangan pegangan hidupnya sendiri bahkan yang lebih buruk adalah kehilangan motivasi hidup.

Solusinya adalah harus memiliki prinsip.

5. Lelah fisik yang berlebihan
Tidak ada aktivitas yang tidak melelahkan.

Seseorang harus bekerja untuk terus menghidupi diri sendiri bahkan bagi yang berkeluarga, dia akan menghidupi seluruh anggota keluarga yang berada di lingkaran kehidupannya. Namun perlu diingatkan, bahwa kelelahan fisik yang berlebihan dapat menimbulkan seseorang jenuh dengan keadaan.

Jika sudah demikian maka tak pelak, semangat hidup pun menurun dan bisa saja kehilangan motivasi hidup.

Ketika datang rasa lelah dan juga lapar, beristirahatlah dengan cukup, makan dan minumlahlah secukupnya karena tubuh yang sehat juga memerlukan asupan makanan dan waktu istirahat yang cukup agar esok harinya, mental dan fisikmu kembali segar dan siap kembali "bertarung" dengan rutinitas.

Nah itulah 5 pebyebab kehilangan motivasi hidup yang harus segera kamu jauhi. 

Motivasi hidup sangat diperlukan sekali dalam menjalani hidup. Jika motivasi hidup saja sudah menurun lantas bagaimana kamu bisa menjalani hari yang penuh dengan misteri sementara ujian/masalah hidup tidak datang tidak menunggu kamu siap atau tidak.

Semoga bermanfaat.

Sumber inspirasi 
https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/08/27/083000/5-penyebab-seseorang-menjadi-kehilangan-motivasi-segera-hindari
https://www.jojonomic.com/blog/lingkungan-toxic/
https://www.idntimes.com/life/inspiration/dewinner93/penyebab-seseorang-merasa-pesimis-dalam-menjalani-hidup-c1c2?page=all

Posting Komentar

0 Komentar