8 Cara Memotivasi Diri Agar Rasa Percaya Diri Kamu Terus Tumbuh

Ilustrasi Percaya Diri. Foto /unsplash.com/@ianstauffer

8 Cara memotivasi diri ini bisa bantu kamu agar rasa percaya diri yang ada dalam diri kamu terus tumbuh.

Cobalah untuk menerapkan cara-cara ini dalam kehidupan sehari-hari. Manfaatnya bisa menepis rasa ragu, ketakutan yang berlebihan atau menghilangkan rasa tidak mampu yang dapat menghalangi kamu dari tujuan suksesmu.

  1. Berpikir positif
  2. Listing kelebihan dan kekurangan
  3. Berorientasi pada proses
  4. Lakukan apa yang kamu sukai
  5. Berhenti membanding-bandingkan dengan orang lain
  6. Bergaul dengan orang orang yang positif thinking
  7. Pola hidup sehat
  8. Bersosial

Berpikir positif adalah cara pertama yang dapat memotivasi kamu untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

Terkadang setiap kali kamu mendapatkan hal baru, kamu keburu negatif thinking dulu. Inilah yang menyebabkan rasa percaya diri kamu down. Padahal tidak semua hal selalu membawa hal senegatif yang kamu pikirkan.

Mulailah membangun growth mindset. Mulailah berkata pada diri kamu sendiri bahwa kamu bisa melakukan hal tersebut dan kamu dapat mengatasi hal negatifnya. Ini lebih baik dari pada kamu membesar-besarkan hal negatifnya.

Listing kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kamu sendiri.

Memang benar, tidak ada manusia yang sempurna bahkan seorang superhero sekalipun pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya adalah super power yang dimilikinya.

Begitu pula diri kamu sendiri.

Dengan membuat list kelebihan dan kekurangan, kamu akan lebih percaya diri dan termotivasi untuk mengembangkan kelebihan yang ada pada diri kamu.

Dan jangan lupa untuk mensyukuri kelebihan yang ada padamu sebab dengan bersyukurlah kepercayaan dirimu akan terjaga dengan baik.

Berorientasi pada Proses merupakan perubahan-perubahan kecil yang membuat percaya diri tumbuh. Karena menumbuhkan rasa percaya diri itu tidak bisa dilakukan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jangan merisaukan hal-hal kecil yang dinilai lambat dalam upaya memotivasi tumbuhnya rasa percaya diri. Tetap lakukan proses demi proses yang menumbuhkan rasa percaya diri kamu menjadi lebih besar.

Mungkin saat ini kamu masih terkendala dengan kurangnya rasa percaya diri yang ada padamu tapi kamu perlu yakin bahwa perubahan-perubahan kecil yang sedang dijalani akan membuat kamu jadi lebih besar dan membuatmu terus tumbuh dan berkembang.

Lakukan apa yang kamu sukai di waktu luangmu seperti menjalani hobi misalnya. Menghabiskan waktu dengan melakukan hal yang kamu sukai akan membuatmu merasa lebih bahagia.

Jika memang memungkinkan, cobalah mempelajari keterampilan atau hobi baru yang memang belum pernah kamu lakuin tapi pernah ada dalam benak kamu. Sehingga waktu luang yang kamu miliki bisa kamu manfaatkan untuk hal positif.

Dengan mencoba keterampilan baru ini kamu akan lebih fokus pada kelebihan yang kamu miliki dan kamu akan lebih percaya diri ketika orang lain melihatmu asyik dengan keterampilan atau hobi baru yang sedang kamu lakuin.

Berhenti membanding-bandingkan dengan orang lain sebab tidak semua orang itu sama.

Serius, ini hanya buang-buang waktu saja buat diri kamu sendiri yang sedang berusaha membangun rasa percaya diri pada dirikamu sendiri.

Pasalnya, setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing termasuk diri kamu sendiri.

Jika kamu membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain baik itu dari segi penampilan, prestasi bahkan pencapaian yang diraih justru akan membuatmu jadi minder. Alhasil alih-alih mendapatkan rasa percaya diri yang tumbuh malah dapat rasa iri pada mereka yang kamu banding-bandingkan.

“Urip iku sawang sinawang” menurut pepatah jawa yang bisa diartikan bahwa orang lain yang menurut kamu lebih baik justru bisa berbalik menganggapmu lebih baik darinya namun karena rasa iri dan kurang bersyukur atas apa yang kamu raih malah menjadikanmu kurang percaya diri.

Bergaul dengan orang orang yang positif thinking dan suportif adalah hal yang sangat-sangat baik jika kamu berniat untuk terus membangun rasa percaya diri lho.

Orang-orang ini akan senantiasa mendukung hal-hal baik yang ingin kamu lakukan dan akan memberikan solusi masalah kepercayaan diri yang sedang kamu hadapi. Tentu ini akan menjadi jalan yang mulus untuk terus membangun rasa percaya diri kamu.

Pola hidup sehat nggak cuma bikin kamu jadi lebih awet muda tetapi bisa bikin kamu jadi pribadi yang lebih percaya diri.


Dilansir dari alodokter.com yang menyebutkan bahwa pola hidup yang sehat secara tidak langsung dapat membentuk pola pikir yang sehat. Rasa percaya diri sendiri adalah salah satu bentuk dari pola pikir yang sehat. Oleh karena itu, jaga kesehatan tubuh Anda dengan menerapkan pola makan sehat dan olahraga secara rutin setidaknya selama 30 menit setiap hari.

Bersosial sudah menjadi kodratnya manusia. Jika kamu tidak melakukannya jangan-jangan ada yang salah dalam diri kamu selama ini dan salah satunya dengan rasa percaya diri kamu.

ikutilah kegiatan sosial sebagai sukarelawan karena langkah kecil ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kesehatan mental secara menyeluruh.

Membangun rasa percaya diri memang tidak bisa terlihat hasilnya dalam waktu cepat. Namun berlarut-larut dalam rasa kurang percaya diri juga bisa membuat kamu tidak nyaman dan mengurangi kinerjamu yang berdampak pada produktivitas dan lainnya. Namun terlalu pede (Percaya Diri) juga bisa bikin masalah pada diri kamu sendiri.

Jadi bangunlah percaya diri kamu yang lebih baik agar kamu menjadi pribadi yang tangguh dan bisa diandelin.


Sumber inspirasi:
https://www.alodokter.com/cara-meningkatkan-rasa-percaya-diri-untuk-mendukung-kesehatan-mental

Posting Komentar

0 Komentar