Catat! 7 Pola Hidup Sehat Bikin Awet Muda

Tahukah Anda bahwa ternyata untuk mendapatkan wajah yang awet muda bisa dimulai dengan pola hidup sehat? Memiliki wajah awet muda tentunya merupakan impian semua orang. Pasalnya, wajah awet muda bisa membuat kita tampil lebih percaya diri. Untuk itu, terapkan rahasia pola hidup sehat bikin awet muda berikut ini.

Ilustrasi Awet Muda. Photo by Simon Maage on Unsplash

7 Rahasia Pola Hidup Sehat Bikin Awet Muda

Banyak orang terutama kaum wanita berusaha melakukan apa saja akar kulitnya terlihat lebih segar, kencang, dan awet muda. Namun, siapa sangka jika dengan melakukan beberapa kebiasaan di bawah ini Anda akan terlihat lebih awet muda. 

1. Tidak Merokok

Tidak merokok merupakan salah satu pola hidup sehat yang akan membuat Anda tampak lebih muda. Pasalnya, merokok dapat mempercepat proses penuaan normal pada kulit. Nikotin yang ada pada rokok bisa menyebabkan pembuluh darah lapisan terluar menyempit. Hal ini tentu menghambat aliran darah ke kulit sehingga kulit kekurangan oksigen dan nutrisi penting. 

Selain itu, bahan kimia yang terdapat pada asap tembakau juga berakibat buruk pada kulit. Kandungan tersebut dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit sehingga kulit bisa mengalami kerutan lebih cepat. 

Hindari kebiasaan merokok bikin kamu awet muda.
Photo by Sparklepush.com


Kebiasaan merokok juga bukan hanya akan mengakibatkan kerutan di wajah, tetapi juga bisa merusak bagian lain pada tubuh, seperti lengan bagian dalam. Hal ini biasanya terjadi setelah seseorang merokok hingga 10 tahun lamanya.

2. Rutin Mengonsumsi Makanan Mengandung Antioksidan

Rajin mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan bisa menjadi salah satu langkah dalam melindungi kulit dari radikal bebas. Antioksidan juga memiliki kemampuan untuk merangsang kolagen pada kulit. 

Rutin Mengonsumsi Makanan Mengandung Antioksidan - 7 Pola Hidup Sehat Bikin Awet Muda. Photo by Nadine Primeau on Unsplash


Kolagen merupakan salah satu bagian terpenting untuk membantu proses peremajaan kulit. Karena itu, cobalah untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, 

seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. 

3. Perbanyak Mengonsumsi Protein

Selain banyak mengonsumsi makanan mengandung serat, pola hidup sehat lainnya untuk menjaga kulit tetap awet muda ialah dengan banyak mengonsumsi protein. Zat gizi ini dapat membantu tubuh Anda membangun dan mempertahankan massa otot. 

Perbanyak Mengonsumsi Protein - 7 Pola Hidup Sehat Bikin Awet Muda. Photo by Kelly Sikkema on Unsplash


Selain itu, protein juga dapat menghasilkan kolagen pada kulit tubuh sehingga kulit akan lebih kenyal dan elastis. Anda bisa mendapatkan asupan protein dengan mengonsumsi salmon, telur, tahu, dan lain sebagainya.

4. Hindari Stres

Stres merupakan salah satu penyebab utama dari penuaan dini. Pernyataan ini telah dibuktikan langsung oleh studi yang dilakukan pada tahun 2013 lalu. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa sel-sel pada kulit orang yang mengalami depresi mengalami penuaan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami depresi. 

Hindari Stres - 7 Pola Hidup Sehat Bikin Awet Muda. Photo by sharon wright on Unsplash


Oleh karena itu, jika tidak ingin tua lebih cepat, sebaiknya Anda menghindari stres atau mengelola stres sebisa mungkin. Anda bisa melakukannya dengan berjalan-jalan santai, yoga, olahraga, bernyanyi, atau melakukan hal lainnya yang bisa membuat Anda senang. 

5. Cuci Muka Sebelum Tidur

Mungkin hal yang satu ini terdengar sangat spele. Namun, ternyata pola hidup sehat ini cukup ampuh dalam mencegah penuaan dini. 

Cuci Muka Sebelum Tidur. Photo by Praveen kumar Mathivanan on Unsplash

Jadi, mulai sekarang jangan pernah lewatkan lagi kebiasaan mencuci muka sebelum tidur, apalagi Anda telah melakukan aktivitas yang cukup berat di luar ruangan.


6. Pakai Sunscreen

Penggunaan sunscreen atau tabir surya seringkali dianggap spele oleh beberapa orang, padahal aktivitas ini sangat membantu dalam merawat kesehatan kulit agar terhindar dari penuaan dini. 

Pakai Sunscreen - 7 Pola Hidup Sehat Bikin Awet Muda.
Photo by Victor Freitas on Unsplash

Tabir surya dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan perubahan warna kulit. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian, didapatkan hasil bahwa orang yang tidak menggunakan tabir surya cenderung mengalami penuaan dini dibandingkan dengan mereka yang menggunakan tabir surya 3-4 hari dalam seminggu.

7. Penuhi Asupan Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup merupakan sebuah kebiasaan baik untuk menjaga kulit agar terhidrasi dengan baik. Ketika kulit kekurangan hidrasi, kulit akan menjadi kering dan berakhir menjadi kerutan yang tidak diinginkan. Kerutan ini tentunya akan membuat Anda tampak lebih tua.

Penuhi Asupan Air Putih - 7 Pola Hidup Sehat Bikin Awet Muda.
Photo by Victor Freitas on Unsplash

Selain itu, air juga dapat membantu untuk menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, air bisa memberikan nutrisi penting untuk sel kulit di tubuh Anda. 

Itu dia beberapa pola hidup sehat untuk mendapatkan kulit sehat, segar, nan awet muda. Ayo, mulai kebiasaan baik ini dari sekarang dan nikmati hasilnya beberapa tahun mendatang. 

Posting Komentar

0 Komentar