Sering Lemas? Atasi dengan 7 Tips Mengatasi Badan Lemas Ini

Tubuh yang sering lemas tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya, kita tidak dapat melakukan banyak aktivitas dengan maksimal. Karena itu, diperlukan tips mengatasi badan lemas yang tepat untuk mengatasi hal ini.

7 tips mengatasi badan lemas. Photo by Adrian Swancar on Unsplash

7 Tips Mengatasi Badan Lemas 

Tubuh yang lemas bisa juga diartikan sebagai kelelahan, yaitu kondisi tubuh kekurangan energi sehingga terasa tiada daya untuk melakukan berbagai aktivitas harian. Biasanya, hal ini terjadi akibat kebiasaan makan yang buruk, kegiatan yang terlalu padat, stres, dan kurang tidur. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

1. Tidur Berkualitas

Banyak orang yang beranggapan jika tidur dalam durasi yang panjang bisa membuat tubuh kembali bugar untuk beraktivitas, padahal anggapan tersebut jelas salah. Faktanya, tidur berkualitaslah yang akan membuat tubuh kita kembali segar bugar saat terbangun.

7 Tips Mengatasi Badan Lemas
7.1. Tidur Berkualitas - Tips Mengatasi Badan Lemas. Photo by Zhang Kenny on Unsplash


Sebagai orang dewasa, kita membutuhkan tidur dengan waktu 7-9 jam per hari agar tubuh bisa memperbaiki sel-sel yang rusak dengan lebih optimal setiap harinya. Dengan demikian, Anda akan terbangun dalam kondisi yang lebih prima dari sebelumnya.

2. Penuhi Asupan Air Putih

Tips mengatasi badan lemas berikutnya yaitu memenuhi asupan air putih. Sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih merupakan asupan yang sangat penting bagi tubuh. Dengan asupan air putih yang cukup, tubuh Anda akan mendapatkan hidrasi yang cukup selama menjalani berbagai kegiatan sepanjang hari.


7 Tips Mengatasi Badan Lemas
7.2. Penuhi Asupan Air Putih - 7 Tips Mengatasi Badan Lemas.
Photo by manu schwendener on Unsplash

Tubuh yang mendapatkan hidrasi cukup tidak akan mengalami kekurangan energi sehingga Anda tidak akan mudah merasa lemas. Begitupun sebaliknya, saat tubuh kekurangan hidrasi, maka akan berdampak kurang baik pada stamina serta kualitas tidur yang Anda dapatkan.

3. Olahraga yang Rajin

Banyak orang menginginkan tubuh yang bugar, tetapi malas berolahraga, padahal olahraga 

sangat bermanfaat untuk membuat tubuh lebih prima dan tidak mudah lemas. Jika Anda rutin berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin sehingga energi tubuh akan meningkat. 

7 Tips Mengatasi Badan Lemas
7.3. Olahraga yang Rajin - 7 Tips Mengatasi Badan Lemas. Photo by Gabin Vallet on Unsplash


Anda tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat. Cukup dengan berjalan-jalan ringan di halaman rumah setiap pagi. Selain itu, melakukan aktivitas rumahan, seperti mencuci, memasak, berkebun, juga sudah termasuk olahraga. Intinya, jangan membiarkan tubuh Anda terkulai lemas seharian di atas kasur.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bernutrisi Seimbang

Mengonsumsi makanan yang sehat nan bernutrisi merupakan tips mengatasi badan lemas yang wajib Anda lakukan. Kebanyakan dari kita sering makan dengan pola ‘asal kenyang’ tanpa memperhatikan nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnya, padahal kebiasaan ini kurang baik untuk tubuh.

7 Tips Mengatasi Badan Lemas
7.4.Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bernutrisi Seimbang - 7 Tips Mengatasi Badan Lemas.
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Sebaiknya, Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang tepat. misalnya, Anda dapat mengonsumsi satu porsi makan yang mengandung banyak kalsium, vitamin D, zat besi, dan magnesium.

Kandungan tersebut tentunya akan sangat berguna dalam memelihara, membangun, dan memperbaiki tulang, otot, dan jaringan ikat dalam tubuh kita. Bukan hanya itu, makanan dengan gizi seimbang juga bisa mencegah adanya masalah pada organ pencernaan. 

5. Kurangi Asupan Kafein

Tips mengatasi badan lemas berikutnya ialah kurangi asupan kafein. Kafein biasanya seringkali dijadikan sahabat oleh orang-orang yang gemar mengejar deadline hingga mengorbankan jam tidur. Kebiasaan ini bisa membuat tubuh Anda menjadi lemas pada pagi harinya. 

7 Tips Mengatasi Badan Lemas
7.5. Kurangi Asupan Kafein - Tips Mengatasi Badan Lemas. Photo By Sparklepush

Perlu diingat bahwa tubuh membutuhkan asupan nutrisi jangka panjang saat malam hari. Jadi, usahakan jangan membebaninya dengan asupan kafein.

6. Hindari Pola Hidup yang Berantakan

Memiliki pola hidup yang berantakan juga menjadi salah satu faktor penyebab tubuh yang lemas. Pola hidup yang berantakan di sini bisa merujuk pada kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda, dan lain-lain.

7 Tips Mengatasi Badan Lemas
7.6. Hindari Pola Hidup yang Berantakan - Tips Mengatasi Badan Lemas. Photo by George Pagan III on Unsplash

Selain itu, pola hidup yang berantakan juga bisa mengacu pada kebiasaan yang tidak teratur, 

mulai dari waktu tidur, waktu bekerja, waktu makan, hingga waktu beristirahat. Karena itu, pastikan Anda memiliki pola hidup yang teratur.

7. Hindari Stres

Stres atau depresi kerap kali menimpa berbagai kalangan masyarakat. Jika hal ini terus-menerus terjadi, energi di tubuh dapat terkuras habis sehingga tubuh Anda akan merasa lemas sepanjang hari. 

7 Tips Mengatasi Badan Lemas
7.7. Hindari Stress - Tips Mengatasi Badan Lemas. Photo by Julien L on Unsplash

Karena itu, cobalah untuk lebih rileks dan menyelesaikan sumber masalahnya satu per satu. Jika memang membutuhkan bantuan, jangan pernah malu untuk memintanya pada orang-orang yang Anda percaya. 

Itu dia beberapa tips mengatasi badan lemas yang bisa Anda lakukan. Tetap lakukan yang terbaik dan jangan bermalas-malasan setiap harinya agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Posting Komentar

0 Komentar