Jangan Ditunda! 7 Tips Menabung Bareng Pacar untuk Nikah

Tips menabung bareng pacar untuk nikah bisa menjadi salah satu solusi agar bisa sampai ke jenjang pernikahan. 

Pertanyaan ‘kapan nikah’ seringkali menjadi sebuah pertanyaan yang cukup menyayat hati bagi pasangan yang belum mampu meresmikan hubungan mereka ke jenjang pernikahan. 

7 Tips Menabung Bareng Pacar untuk Nikah
Ilustrasi akad nikah. Photo by Sparklepush

Sementara itu, kita tahu bahwa untuk bisa sampai ke jenjang tersebut dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

7 Tips Menabung Bareng Pacar untuk Menikah

Agar hubungan memiliki arah yang lebih pasti, mulai sekarang Anda bisa mengajak pasangan menabung bersama untuk menikah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, di bawah ini kami bagikan beberapa tipsnya.

1. Rencanakan Pernikahan Bersama Pasangan

Tips menabung bareng pacar yang pertama kali harus dilakukan tentunya ialah membuat rencana pernikahan bersama. Dalam hal ini, jangan pernah mencoba untuk membuat keputusan sendiri tanpa menyertakan pasangan di dalamnya.

7.1 Rencanakan Pernikahan Bersama Pasangan - Tips Menabung Bareng Pacar untuk Nikah.
Photo by Brett Jordan on Unsplash


Dalam rencana ini, Anda bisa mendiskusikan mengenai seperti apa acara pernikahan nanti akan digelar. Apakah akan dibuat dengan dekorasi dan hiasan yang mewah, atau dibuat sederhana dan hanya akad saja. 

Selain itu, Anda bersama pasangan juga bisa menentukan berapa besaran maskawin untuk acara nanti. Semua hal ini perlu disesuaikan dengan kemampuan masing-masing agar tidak memberatkan salah satu pihak dan acara bisa berjalan dengan lancar. 

2. Buat Rencana Anggaran

Setelah menyusun rencana, tips menabung bareng pacar berikutnya adalah membuat rencana anggaran yang akan dicapai untuk acara resepsi nanti. Dalam hal ini, pastikan Anda bersama pasangan menghitungnya dengan detail agar mendapatkan gambaran biaya yang lebih nyata.

7.2.Buat Rencana Anggaran Tips Menabung Bareng Pacar untuk Nikah.
Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Pastikan Anda juga menghitung berbagai perentilan kecil yang akan dibutuhkan pada saat acara nanti. Pasalnya, perintilan ini seringkali dianggap remeh dan tidak dimasukan ke dalam anggaran sehingga nanti jumlah rencana anggaran dan anggaran sebenernya menjadi berbeda.

Setelah mendapatkan gambaran anggaran yang tepat, kalian bisa menentukan akan menabung per hari, per minggu, atau per bulan. Hal ini bisa disesuaikan dengan waktu gajian atau pertimbangan hal lainnya.

3. Miliki Rekening Khusus

Demi keamanan uang tabungan pernikahan, sebaiknya Anda bersama pasangan membuat satu buah rekening khusus untuk menyimpan uang tabungan ini. Tujuannya adalah untuk mencegah terpakainya uang tabungan untuk kebutuhan lain.

7.3.Miliki Rekening KhususTips Menabung Bareng Pacar untuk Nikah.
 Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Tips menabung bareng pacar
ini cukup ampuh untuk menjaga uang tabungan agar terpisah dari dana pribadi. Jadi, uang tersebut akan aman dari jangkauan belanja online, atau hangout bersama.

4. Tetapkan Nominal Setoran 

Agar bisa mencapai target dengan lebih terencana, sebaiknya Anda bersama pasangan menetapkan besaran nominal yang akan disetorkan setiap kali waktu menabung tiba. Tujuannya agar kalian bisa lebih konsisten pada saat mengumpulkan uang tabungan. 

7.4. Tetapkan Nominal Setoran - Tips Menabung Bareng Pacar untuk Nikah.
Photo by bady abbas on Unsplash

Dalam menentukan jumlahnya, tidak perlu membuat nominal yang sama besar antara Anda dan pasangan. Nominal ini bisa disesuaikan dengan besaran pendapatan masing-masing agar tidak ada yang merasa bebannya lebih berat, kecuali besaran gaji kalian berdua sama besar.

5. Hidup Hemat

Hidup hemat merupakan salah satu tips menabung yang paling ampuh untuk dicoba. Pasalnya, kegiatan menabung tidak akan bisa berjalan dengan lancar jika tidak diikuti dengan pola hidup hemat. 

7.5. Hidup Hemat - Tips Menabung Bareng Pacar untuk Nikah.
Photo by micheile dot com on Unsplash

Anda bisa memulainya dengan kebiasaan kecil seperti membawa bekal saat bekerja. Jadi, jatah uang makan di luar bisa Anda simpan untuk ditabung. 

6. Bangun Usaha Sampingan Bersama

Karena ini merupakan tujuan bersama, tidak ada salahnya jika kalian membuka usaha sampingan yang dikelola bersama. Ini bisa menjadi tips yang cukup manis untuk dilakukan bersama pasangan.

7.6. Bangun Usaha Sampingan Bersama - Tips Menabung Bareng Pacar untuk Nikah.
Photo by Jon Tyson on Unsplash

Selain bisa menambah penghasilan dari gaji utama, Anda juga akan lebih sering mendapatkan quality time bersama pasangan. Hal ini tentunya akan berdampak baik pada hubungan dan kondisi keuangan Anda bersama pasangan.

7. Investasi

Berinvestasi merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menabung dana pernikahan bersama pasangan. Saat ini, sudah banyak hadir platform yang bisa digunakan untuk berinvestasi dengan mudah. Anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan tujuan menabung.

7 Tips Menabung Bareng Pacar untuk Nikah
7.7 Investasi - Tips Menabung Bareng Pacar untuk Nikah. Photo by Alice Pasqual on Unsplash

Jika acara pernikahan rencananya akan digelar dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, Anda bisa menyimpan uang tabungan di reksa dana. investasi ini cocok untuk jangka pendek dan bisa Anda cairkan kapan saja.

Bagaimana, tips menabung bareng pacar di atas cukup menarik, bukan? Ayo, segera ajak si dia ke jenjang yang lebih serius dan mulai menabung bersama dari sekarang.

Posting Komentar

0 Komentar