Filosofi Siput yang Bisa Menggugah Motivasi Hidup Klepusher

Foto 1. Siput

Pelajaran hidup bisa diperoleh dari siapapun.  Tak terkecuali mahluk yang ada di muka bumi, termasuk Siput. Bahkan dari kehidupan siput ini ada nilai-nilai filosofi yang dapat Klepusher ambil untuk memupuk motivasi dalam menjalani kehidupan.

Binatang siput ini memang sering dianggap remeh. Mulai dari berlendir, menjijikan, bahkan kadang juga dianggap sebagai hama yang patut untuk dimusnahkan.

Tapi meskipun demikian, ada loh, begian dari kehidupan siput ini yang bisa diambil filosofinya dalam kehidupan manusia.

Apa aja sih filosofi siput yang bisa Klepusher ambil untuk pelajaran dan motivasi hidup


1. Jalan pelan tapi pasti.

Siput, memang tidak seperti mahluk lain yang memiliki kaki. Dia berjalan menggunakan perutnya. Bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya secara pelan dan lambat.

Namun dia terus berjalan dan pasti akan mencapai tempat yang diinginkannya.

Hal ini mengajarkan kita bahwa untuk mencapai suatu target atau tujuan, yang perlu dilakukan adalah terus bergerak. Tak perduli seberapa cepat atau seberapa lambat. Yang pasti sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Tentu, Klepusher tidak akan mencapai pada titik yang dituju jika Klepusher hanya diam saja. Karena untuk mencapai suatu tujuan adalah terus berjalan, bukan diam.

Jika Klepusher hanya terdiam tanpa bergerak maju maka tujuan, impian, cita-cita hanya akan menjadi angan-angan kosong belaka. 

Inilah sisi filosofi dari Siput yang dapat Klepusher ambil hikmahnya.

2. Perisai terbaik adalah rumahnya.


Foto 2. Filosofi Siput

Meskipun terlihat rapuh, namun rumah siput adalah perisai bagi tubuhnya yang serba lunak. 

Jika tanpa tempurung atau rumah siput, seluruh organ tubuhnya akan berantakan dan tanpa perlindungan. Itulah filosfi hidup yang bisa Klepusher jadikan motivasi dan pelajaran.


Meski terlihat lemah, ternyata disetiap perjalanan, siput selalu membawa perisai dan rumahnya kemanapun dia pergi. 

Maknanya, sesuatu yang mungkin menurut kita menjadi sebuah beban, terkadang ada hal positif lain yang tanpa kita sadari, nilainya jauh lebih tinggi dan berharga dibanding beban itu sendiri.

3. Belajar Sabar dan Konsisten.

Dari mahluk kecil dan lemah serta kadang dipandang menjijikan ini ada mutiara hikmah yang bisa Klepusher ambil yaitu kesabaran dan konsistensi.

Siput memang lemah, bahkan jika tubuhnya terinjak oleh mahluk yang lebih besar dibanding tubuhnya bisa saja remuk dan hancur berantakan. 

Namun Siput mengajarkan kita bahwa sabar dan konsisten ada dalam hidupnya dengan segala keterbatasan. Inilah salah satu filosofi yang penting.

Gerak Siput memang lambat tapi konsisten dan satu hal lagi, sabar.

Sabar untuk memperoleh sesuatu. Sabar untuk mencapai tujuan. Sabar dengan proses yang lamban namun tetap konsisten maju ke depan dengan segala kemampuan yang ada.

Begitulah Filosofi siput yang bisa Klepusher ambil hikmahnya untuk dijadikan motivasi dan pelajaran hidup.

Foto 3. Siput naik daun. 

Jadi, dari tiga point diatas dapatlah ditarik kesimpulan bahwa untuk mencapai suatu tujuan, Klepusher harus tetap bergerak maju. Tak peduli berapa kecepatannya asalkan Klepusher tidak berhenti ditengah jalan maka tujuan yang hendak diraih -cepat ataupun lambat- pasti akan tercapai. 

Apajadinya jika kita tidak memiliki rumah? Segalanya pasti akan berantakan maka bangunlah rumah kalian dan rumah terbaik adalah keluarga.

Pupuklah kesabaran dan konsisten dalam hidup karena dua hal ini akan sangat berpengaruh padah tujuan hidup yang ingin diraih.

Posting Komentar

0 Komentar