Lebah dan Keistimewaannya, Begini Penjelasannya.

Lebah dan Penjelasan Tentang Keistimewaannya
Foto 1. Lebah dan Penjelasan Tentang Keistimewaannya. Unsplash.com


Lebah adalah salah satu binatang yang memiliki keistimewaan. Keistimewaan lebah tak tanggung-tanggung. Allah S.W.T menjadikan lebah sebagai nama sebuah surah dalam Al-Quran yaitu An-Nahl.


An-Nahl (Lebah) ini adalah surat ke 16, Surat ini terdiri dari 128 ayat dan tergolong ke dalam surat Makkiyah. Ini berarti surat An-Nahl (Lebah) di turunkan pada saat Nabi Muhammad berada di Mekkah.

Kenapa lebah masuk dalam Al-Qur'an? Apa yang dimiliki lebah sehingga Allah S.W.T mengistimewakan lebah hingga menjadi nama dari sebuah surah dalam firman-Nya.

Mari kita kaji bersama.

Inilah fakta Lebah madu dan Keistimewaannya.

1. Ada 7  spesies lebah penghasil madu dan fakta yang cukup mencengangkan adalah salah satunya berasal dari Indonesia.

  • Lebah madu timur (apis cerana/asiatic honey bee)
  • Lebah hitam (apis andaeniformis/black drawf honey bee)
  • Lebah barat (apis mellifera)
  • Lebah madu merah (apis koschevnikivi/western honey bee)
  • Lebah raksasa / lebah hutan (apis dorsata)
  • Lebah madu lokal sulawes (apis nigrocincta)
  • Lebah madu kerdil (apis florea/red dwarf honey bee)
Dari 7 spesies lebah penghasil madu di atas, ternyata ada lho subspesies lebah madu yang asli Indonesia punya.

Yaitu Apis Indica Subspesies lebah madu dari spesies Lebah Madu Timur (Apis Cerana/Asiatic Honey Bee)

Subspesies Apis Indica ini termasuk lebah madu dalam kategori yang istimewa. Keistimewaannya adalah mudah untuk dibudidaya.

2. Keistimewaan lebah sebagai simbol kerja keras kebaikan

Lebah memiliki keistimewaan sebagai simbol pekerja keras karena ada fakta menarik yang dapat diambil sebagai pelajaran hidup bagi Klepusher yaitu lebah menghabiskan hampir seluruh hidupnya untuk bekerja keras.

Foto 2. Sarang koloni lebah madu. Unsplash.com

Hampir seluruh waktu hidupnya, lebah melakukan pekerjaannya untuk mengumpulkan serbuk sari dan nektar (bahan dasar madu) yang istimewa sehingga mereka dapat menghasilkan madu. Sebuah produk alam yang terdapat keistimewaan di dalamnya yaitu sumber dari kebaikan alam diri lebah sendiri dan manusia. 

Itulah alasannya kenapa lebah menjadi simbol kebaikan. 

Madu memiliki nutrisi yang sangat bagus untuk dikonsumsi bahkan Allah menjamin sebagai obat seperti yang sampaikan dalam Al-Qur'an:

Surat An-Nahl Ayat 69
ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًاۗ يَخْرُجُ مِنْۢ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَانُهٗ ۖفِيْهِ شِفَاۤءٌ لِّلنَّاسِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Kemudian, makanlah (wahai lebah) dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan-jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perutnya itu keluar minuman (madu) yang beraneka warnanya. Di dalamnya terdapat obat bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.

3. Lebah dikenal sebagai mahluk sosial

Selain memiliki fakta bahwa lebah memproduksi obat bagi manusia dan memberi manfaat secara luas ternyata dalam kehidupan lebah juga memiliki tatanan sosial.

Foto 3. Lebah adalah mahluk sosial. foto unsplah


Secara garis besar, lebah madu terbagi menjadi 3 komunitas yait, Ratu, Pejantan dan Pekerja. Mereka masing-masing memiliki peran dalam koloninya.

Bukan hanya itu keistimewaannya, lebah juga dapat berkomunikasi dengan lebah lain untuk memberitahukan letak bunga yang segar, lokasi sarang, hingga kemungkinan adanya ancaman. 

Itulah kenapa meskipun lebah madu dapat menempuh 7 kilometer seharian untuk memperoleh nektar dan serbuk sari tapi tidak tersesat ke sarangnya.

4. Keistimewaan lebah memberikan nikmat dan manfaat yang amat luas

Lebah memiliki keistimewaan menebar banyak kebaikan, nikmat dan manfaat yang amat luas. 

Yaitu memberikan kebaikan dengan menghasilkan madu yang berguna untuk dirinya sendiri dan bagi kehidupan manusia. 

Manusia memanfaatkan madu untuk diolah menjadi makanan bahkan untuk menyembuhkan penyakit seperti yang tercantum dalam AL-Qur'an dan hadits berikut:

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan” [An-Nahl/16 : 69]

Dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

الشِّفَاءُ فِي ثَلَاثَةٍ فِي شَرْطَةِ مِحْجَمٍ أَوْ شَرْبَةِ عَسَلٍ أَوْ كَيَّةٍ بِنَارٍ وَأَنَا أَنْهَى أُمَّتِي عَنْ الْكَيِّ

“Kesembuhan itu ada pada tiga hal, yaitu : Dalam pisau pembekam, meminumkan madu, atau pengobatan dengan besi panas (kayy). Dan aku melarang ummatku melakukan pengobatan dengan besi panas (kayy)”

Selain bisa dijadikan obat, Lebah juga memiliki peranan penting dalam keseimbangan alam yaitu membantu proses penyerbukan pada tumbuhan.

Proses penyerbukan sangat penting bagi tumbuhan untuk menghasilkan buah sehingga buah-buahan itu bisa dinikmati oleh manusia pula.

Nah, itulah fakta lebah dan keistimewaannya. 

Jadi, manusia patut bersyukur atas nikmat lebah dan madunya.


Referensi : 
https://www.idntimes.com/science/discovery/ineu-nursetiawati/7-spesies-lebah-penghasil-madu-kamu-harus-tahu-exp-c1c2?page=all
https://www.brilio.net/wow/keistimewaan-madu-dalam-alquran-serta-manfaatnya-dalam-pandangan-islam-2006186.html
https://bobo.grid.id/read/083732612/6-fakta-unik-lebah-hewan-pekerja-keras-yang-menghasilkan-madu?page=all
https://telisik.id/news/4-keistimewaan-lebah-yang-wajib-ditiru
https://almanhaj.or.id/2452-pengobatan-menggunakan-habbatus-sawda-dengan-madu-dan-dengan-bekam.html#_ftnref3


Posting Komentar

0 Komentar