5 Tips Sehat Berbuka Puasa Agar Perut Tidak Kaget versi Sparklepush.com

5 Tips Sehat Berbuka Puasa Agar Perut Tidak Kaget versi Sparklepush.com
5 Tips Berbuka Puasa Agar Perut Tidak Kaget versi Sparklepush.com. Foto Photo by Nathan Dumlao 

Ketika berbuka puasa terkadang Klepusher pinginnya nyantap semua makanan yang terhidang. Namun, sebaiknya hindari hal ini, ya. Pasalnya, ketika berpuasa kita diharuskan untuk menahan lapar dan haus dalam jangka waktu tertentu. Nah, ketika kamu menyantap makanan langsung dalam porsi besar, tentunya ini akan membuat perut kaget.


Ya, hal tersebut bisa terjadi dan jika sering dilakukan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Lalu, apa saja tips agar perut tidak kaget saat buka puasa? Simak selengkapnya di sini, yuk!

Tips berbuka puasa agar perut tidak kaget

Ada beberapa kondisi yang bisa dialami ketika saat berbuka kamu langsung menyantap makanan dalam jumlah besar. Di antaranya adalah perut begah, asam lambung naik, serta perut kembung. Ketika terjadi, kondisi tersebut tentunya sangat tidak nyaman.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut sangat penting bagi kamu untuk memerhatikan tips agar perut tidak kaget saat buka puasa.

1. Mengawali buka puasa dengan air putih


5 Tips Sehat Berbuka Puasa Agar Perut Tidak Kaget versi Sparklepush.com
Awali Buka Puasa dengan Minum Air Putih. Foto Unsplash


Menahan haus dalam jangka waktu tertentu bisa membuat asupan cairan di tubuh berkurang. Maka dari itu, hal pertama yang harus kamu lakukan pada saat berbuka adalah mengisi kembali asupan cairan tersebut. 

Air putih merupakan pilihan yang tepat dan menyehatkan. Sebab, air putih tidak mengandung bahan tambahan apa pun. Sebaiknya, saat berbuka puasa hindarilah langsung mengonsumsi minuman dengan tambahan gula, ya. 

2. Hindari langsung minum es saat buka puasa


5 Tips Sehat Berbuka Puasa Agar Perut Tidak Kaget versi Sparklepush.com
Hindari langsung minum es saat buka puasa. Photo by Lanju Fotografie on Unsplash


Minum es untuk melepas dahaga setelah berpuasa memang menggoda. Terlebih lagi, jika itu minuman manis. Eits, tapi sebaiknya hindarilah langsung meminum es ketika berbuka puasa, ya. Sebab, itu bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Kondisi perut yang kosong jika langsung diisi dengan air es akan menyebabkan perut menjadi 
kaget atau bahkan mengalami kontraksi. Pada akhirnya, hal tersebut bisa menyebabkan kondisi tertentu, seperti perut kembung atau mulas. 

Ketimbang minum es, akan lebih baik jika kamu mengawali berbuka puasa dengan air hangat. Tak hanya bisa membantu melepas dahaga, air hangat juga tidak akan menghambat kinerja dari lambung.

3. Konsumsi makanan ringan terlebih dahulu

Buka puasa harus dilakukan secara perlahan. Maka dari itu, hindari langsung mengonsumsi makanan berat, ya. Alih-alih langsung mengonsumsi makanan berat, akan lebih baik jika kamu mengawalinya dengan makanan ringan, seperti buah-buahan, sup, hingga kurma.

Selain tidak memiliki gula tambahan, buah-buahan dan kurma juga bisa membantu memenuhi asupan nutrisi ketika berpuasa. Selain itu, sup juga bisa menjadi pilihan. Sup sendiri bukan hanya bisa memberikan energi saja, tapi juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

4. Konsumsi makanan bergizi dan batasi makanan tertentu

Ketika berbuka, biasanya kita akan lebih tertarik untuk mengonsumsi gorengan atau makanan manis. 
Ya, keduanya memang terasa nikmat dan bisa membuatmu merasa lebih baik, namun dalam jangka pendek. Namun, jangan salah, konsumsi makanan berminyak dan manis secara berlebihan bisa membuat puasa keesokan harinya lebih sulit untuk dilakukan.

Bukan hanya bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat, berlebihan dalam mengonsumsi makanan berlemak dan manis juga bisa membuat tubuh mudah lesu dan lelah. Maka dari itu, sebaiknya batasilah konsumsi makanan tersebut.

Akan lebih baik jika kamu memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi seperti sayur dan makanan yang mengandung protein layaknya daging dan kacang-kacangan ketika berbuka.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat sangat ideal, sebab makanan berserat tinggi lebih lama dicerna dibandingkan dengan makanan olahan. Artinya? Hal tersebut bisa memungkinkanmu kenyang lebih lama. 

5. Hindari makan secara berlebihan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa mengonsumsi makanan secara berlebihan atau langsung dalam porsi besar tidak dianjurkan. Sebagai tips agar perut tidak kaget saat buka puasa, kamu harus mengonsumsi makanan penuh gizi dan seimbang, bukannya makan langsung dalam jumlah besar.

Makan secara berlebihan dan terlalu banyak mengonsumsi makanan tertentu, seperti lemak misalnya bisa menyebabkan penambahan berat badan yang tidak sehat serta menimbulkan gangguan pencernaan. Akan lebih baik jika kamu mengonsumsi makanan secara perlahan dalam jumlah yang wajar.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai tips agar perut tidak kaget saat berbuka puasa versi sparklepush.com. Dengan menerapkan langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa terhindar dari gangguan pencernaan, sehingga menjalankan ibadah pun menjadi maksimal! 

Sumber referensi:
Health X Change (2021). ​Healthy Ramadan Fasting

Posting Komentar

0 Komentar