5 Tips Menjaga Sistem Imun Agar Tidak Mudah Sakit versi Sparklepush.com

Menjaga Sistem Imun
5 Tips Menjaga Sistem Imun Agar Tidak Mudah Sakit versi Sparklepush.com. Foto Dokumentasi Sparklepush.com


Menjaga sistem imun penting untuk dilakukan, terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Yang dimaksud dengan sistem imun adalah sistem pertahanan tubuh yang memiliki peranan penting dalam tubuh manusia. Adapun peran tersebut yakni, sistem imun dapat membantu tubuh agar terlindungi dari berbagai macam penyakit, bakteri, kuman, maupun virus. 

Jika sistem imun tidak dijaga oleh kita pastinya tubuh akan rentan terkena berbagai macam penyakit, bukan? Lalu bagaimana tips agar tubuh tidak mudah sakit? Berikut penjelasan selengkapnya!

Tips menjaga sistem imun agar tubuh tidak mudah sakit versi sparklepush.com


Menjaga imun tubuh bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah. Nah, berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk kekebalan tubuh agar berfungsi secara optimal, sehingga Klepusher nggak gampang sakit.

1. Berolahraga secara rutin 

Menjaga Sistem Imun
Berolahraga secara rutin untuk menjaga sistem imun agar tidak mudah sakit. Foto dokumentasi sparklepush.com


Berolahraga secara rutin memiliki khasiat yang sangat hebat, salah satunya menjadikan sistem imun lebih kuat dan menjaga agar kita terhindar dari segala penyakit. 

World Health Organization (WHO) menganjurkan orang dewasa berolahraga, baik dalam intensitas ringan maupun sedang setidaknya selama 150 menit dalam satu minggu. 

Kamu dapat memilih olahraga yang mudah untuk dilakukan, seperti bersepeda, berjalan kaki, ataupun jogging.

2. Istirahat dengan cukup

Istirahat dengan cukup dapat menjaga sistem imun tubuh agar tidak mudah sakit. Foto dokumentasi sparklepush.com


Tips menjaga sistem imun yang mudah dilakukan lainnya yakni beristirahat dengan cukup. Misalnya saja, tidur untuk mengembalikan energi. Rekomendasi waktu tidur disesuaikan dengan usia. 

Adapun, rekomendasi waktu tidur ideal bagi orang dewasa yakni 7-9 jam per hari, remaja memiliki rentang waktu tidur yang baik 8-10 jam per hari. Sementara itu, waktu tidur ideal bagi lansia adalah 7-8 jam per hari. 

Dengan tidur yang cukup, tubuh akan memproduksi sitokin dalam jumlah banyak. Sitokin adalah sejenis protein yang berperan memberikan sinyal bagi tubuh ketika terjadi infeksi atau peradangan. 

3. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Menjaga Sistem Imun
Makanan Sehat dan Bergizi membantu Menjaga Sistem Imun. Foto Dokumentasi Sparklepuah.com


Sudah bukan menjadi rahasia jika mengonsumsi makanan sehat dan tinggi akan kandungan gizi baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Maka dari itu, mengonsumsi makanan bergizi juga termasuk ke dalam tips lain untuk menjaga kekebalan tubuh. 

Makanan sehat dan bergizi adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, lemak sehat, protein, dan mineral dalam jumlah seimbang sesuai dengan kebutuhan. 

Dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, tubuh bisa terjaga dari berbagai macam penyakit. Sebaliknya, jika tubuh tidak mendapatkan nutrisi dengan baik pastinya akan menurunkan fungsi sel dan pada akhirnya berdampak pada sistem imun.   

4. Kelola stres dengan baik

Menjaga Sistem Imun
Mengelola stres dengan baik juga dapat menjaga sistem imun. Foto Dokumentasi Sparklepush.com


Stres berlebih akan berdampak negatif pada sistem imun. Bukan tanpa alasan, hal tersebut dibuktikan oleh penelitian.

Penelitian menemukan bahwa stres berlebih akan berdampak pada menurunnya kinerja natural killer cell, antibodi dalam darah, dan sel darah putih. Sel darah putih sendiri adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang memiliki peranan yang penting, yakni melindungi tubuh dari infeksi maupun penyakit.

Oleh karena itu, hindari stres berlebih dengan cara melakukan segala aktivitas positif untuk 
menjaga sistem imun. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres dengan baik, di antaranya adalah meditasi, berolahraga, bertemu dengan teman, hingga melakukan hal-hal yang disukai. 

5. Pastikan kebutuhan vitamin dalam tubuh terpenuhi dengan baik

Menjaga Sistem Imun
Makan buah-buahan dan Aneka makanan yang kaya vitamin dapat menjaga sistem imun tubuh tetap prima. Foto Photo by Jacopo Maia


Ketahanan sistem imun dalam tubuh juga bergantung pada asupan vitamin yang optimal. Ada beberapa jenis vitamin yang sangat berpengaruh, seperti vitamin A yang berfungsi dalam regulasi sistem imun. 

Riset yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Medicine tahun 2018 menemukan bahwa vitamin A dikatakan sebagai vitamin antiinflamasi. Dengan kata lain, vitamin A terlibat dalam peningkatan sistem imun. 

Selain itu terdapat juga vitamin C yang memiliki efek antioksidan yang mendukung sistem imun, baik sistem imun bawaan maupun sistem imun adaptif. 

Vitamin E juga disebutkan turut berperan dalam menjaga imun tubuh karena vitamin E memiliki zat antioksidan yang dipercaya membantu tubuh untuk mengendalikan keseimbangan radikal bebas. Tak ketinggalan, mineral pun juga penting untuk menjaga imun. 

Nah, itulah beberapa tips menjaga sistem imun tubuh dengan mudah agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Tentunya tips tersebut akan lebih sempurna jika diiringi dengan pola hidup sehat dengan melakukan berbagai aktivitas positif. 


Sumber referensi: 

Posting Komentar

0 Komentar