Mau Berolahraga saat Puasa? Ini Pilihan 3 Waktu Terbaiknya versi Sparklepush.com!

Mau Berolahraga saat Puasa? Ini Pilihan 3 Waktu Terbaiknya!

Ilustrasi Berolahraga Saat Puasa. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Olahraga menjadi penting untuk dilakukan, terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Pasalnya, olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menjaga daya tahan tubuh. Ketika kita tidak berpuasa, olahraga bisa dilakukan kapan saja. Namun, bagaimana dalam kondisi berpuasa? Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa?

Bolehkah olahraga saat puasa?

Salah satu yang menjadi pertanyaan ketika berpuasa adalah bolehkah kita melakukan olahraga? Pada dasarnya, olahraga boleh kok dilakukan saat puasa. 

Puasa sendiri sebaiknya tidak dijadikan sebagai alasan bagi Klepusher untuk malas melakukan aktivitas fisik. Nyatanya, olahraga bisa memberikan dampak yang baik untuk kesehatan, misalnya saja menjadikan tubuh lebih segar, meningkatkan imunitas, membuat kita menjadi lebih produktif, hingga meminimalkan penurunan fisik. 

Untuk alasan tersebut para ahli pun menyarankan untuk tetap aktif saat berpuasa. Kendati demikian, olahraga saat puasa tidak boleh dilakukan sembarangan. Nah, agar lebih aman, kamu perlu memerhatikan jenis olahraga. Sebaiknya, ketika berpuasa hindarilah melakukan latihan berat, seperti latihan ketahanan, kelincahan, dan kecepatan.

Akan lebih baik jika kamu melakukan latihan dengan intensitas ringan. Beberapa jenis latihan intensitas ringan yang bisa kamu lakukan di bulan puasa antara lain jalan kaki, bersepeda, yoga, jogging, sit up, atau bahkan push up. 

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa

Bukan hanya jenis olahraga saja yang perlu diperhatikan. Ketika berpuasa, kita juga diharuskan pintar-pintar memilih waktu latihan. Nah, berikut ini adalah pilihan waktu terbaik untuk berolahraga.

1. Olahraga dilakukan sebelum sahur

Pilihan waktu terbaik berolahraga di bulan Ramadan yakni sebelum sahur. Kelebihan dari melakukan aktivitas fisik di waktu ini adalah tubuh masih menyimpan energi dari makanan yang 

kamu konsumsi sebelumnya. 

Melakukan latihan fisik sebelum sahur juga bisa memungkinkanmu untuk kembali menghidrasi tubuh dengan minum air putih setelah beraktivitas atau ketika sahur. Sangat disarankan untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik sebelum dan sesudah melakukan latihan.

2. Olahraga dilakukan setelah berbuka puasa

Jika kamu memilih untuk melakukan latihan fisik setelah berbuka, kamu bisa kok melakukannya. Dengan catatan, jangan langsung melakukan latihan tepat setelah makan. Akan lebih baik jika kamu menunggu setidaknya 1-3 jam setelah berbuka. Mengapa? Sebab, di waktu tersebut tubuh sudah mencerna makanan dengan baik.

Eits, tapi sebaiknya hindari mengonsumsi makanan secara berlebihan ya sebelum melakukan latihan. Pasalnya, ini bisa membuat kita terlalu kenyang, sehingga ujung-ujungnya kita malas untuk melakukan aktivitas fisik.

Kelebihan yang dimiliki ketika kamu memilih untuk melakukan latihan di waktu ini adalah, kamu bisa melakukan berbagai macam latihan, mulai dari intensitas ringan hingga sedang. Sebab, tubuh sudah mengisi bahan bakar melalui makanan yang dikonsumsi. 

3. Olahraga dilakukan sebelum berbuka puasa

Ketika sedang puasa, tubuh mungkin saja terasa lemas, hal ini membuatmu malas untuk beraktivitas. Namun, olahraga saat puasa sangat dianjurkan, lho. 

Agar tubuh tetap bugar saat puasa kamu juga bisa kok melakukan latihan di sore hari sebelum berbuka puasa, lebih tepatnya 1 jam sebelum berbuka.

Akan tetapi, ketika kamu memilih untuk melakukan aktivitas fisik di waktu ini, sebaiknya pilihlah latihan dengan intensitas ringan, seperti jalan cepat, pilates, atau bahkan yoga. 

Latihan fisik juga tidak boleh dilakukan lebih dari 60 menit. Pasalnya, saat melakukan aktivitas fisik di waktu ini, kondisi perut kita kosong. Sebaliknya, perhatikanlah kemampuan tubuhmu. Alih-alih melakukan latihan dalam waktu lama, akan lebih baik jika kamu melakukan aktivitas fisik ini selama 20-30 menit.

Tidak perlu khawatir ketika memilih untuk melakukan aktivitas fisik sesaat sebelum berbuka. Sebab, kamu bisa menggantikan energi yang hilang ketika berolahraga pada saat berbuka.

Itulah beberapa informasi mengenai pilihan waktu terbaik untuk olahraga saat puasa. Tetap aktif bergerak ketika berpuasa memang dianjurkan. Sebab, ini bisa mendatangkan kebaikan bagi kesehatan kita. 

Namun demikian, sebaiknya hindarilah melakukan aktivitas fisik secara berlebihan, ya. Apabila kamu sudah tidak kuat untuk menyelesaikan sesi olahraga, sebaiknya jangan memaksakan diri dan segera hentikan latihan.

Tak lupa juga, selalu pastikan tubuh mendapatkan energi kembali dan terhidrasi dengan baik pada saat sahur dan berbuka. 

Sumber Referensi:

CNN Indonesia. Waktu Terbaik untuk Berolahraga saat Puasa
Hello Sehat. Tak Jadi Halangan, Ini 3 Pilihan Waktu Terbaik untuk Olahraga Saat Puasa
Kompas.com. 3 Waktu Olahraga saat Puasa
Sehatq. Tips Olahraga saat Puasa: Jenis dan Waktu yang Tepat

Posting Komentar

0 Komentar