Metamorfosis Kupu-kupu, Filosofi dan Pelajaran Hidup Darinya

Foto 1. Kupu-kupu, Metamorfosis dan Pelajaran Hidup Darinya

Kupu-kupu punya siklus kehidupan, ilmuwan menyebutnya Metamorfosis yaitu sebuah perubahan fase kehidupan yang kerap dijadikan filosofi atau pelajaran hidup bagi manusia.

Hidup memang selalu butuh motivasi.

Motivasi hidup dapat diambil dari apa saja yang ada di sekitar kita, termasuk kehidupan alam sekitar kita bahkan dari sebuah kupu-kupu.

Lagunya pun kerap Klepusher dengar di taman kanak-kanak, bahkan lagu dewasa pun ada yang mengambil pelajaran hidup dari mahluk serangga bersayap yang disebut Kupu-kupu.

Apa saja sih pelajaran hidup atau filosofi yang bisa Klepusher ambil dari Kupu-kupu ini?

Terus disimak ya.

Berikut ini adalah filosofi atau pelajaran hidup yang bisa diambil dari Kupu-kupu ya Klepusher...!

1. Sabar menjalani kehidupan

Pelajaran hidup dari Kupu-kupu yang paling utama adalah sabar. Sebuah kata yang mudah dilisankan namun berat dijalankan, itulah filosfi terbesar dari kehidupan Kupu-kupu.

Baca juga: Kiat-kiat Sabar dan Tawakal Dalam Mencari Rezeki 

Bagaimana bisa Kupu-kupu menjadi simbol kesabaran dalam hidup?

Karena jika Klepusher menjadikan Kupu-kupu adalah sebuah simbol tujuan dari kesuksesan maka proses fase perubahan hidupnya yang panjang bukanlah sebuah proses yang instan.

Dengan kata lain, proses yang dialaminya dimulai dari telur - larva - pupa - Kupu-kupu. Fase hidup yang panjang inilah seolah-olah mengajarkan Klepusher bahwa buah dari kesabaran adalah sesuatu yang indah, sempurna dan spektakuler.

2. Perubahan itu perlu

Gimana bisa mencapai atau meraih sesuatu yang diinginkan (tujuan/target) tanpa adanya perubahan?

Berdiam diri dan hanya berangan-angan tidak akan mengubah sesuatu. Jadi, teruslah bergerak dan berubahlah dari fase satu ke fase yang lainnya seperti yang dialami oleh Kupu-kupu yang bisa dijadikan sebagai filosofi dan pelajaran hidup bagi Klepusher.


3. Hidup adalah perjuangan

Semua mahluk hidup butuh perjuangan untuk melangsungkan kehidupannya. Tak terkecuali Kupu-kupu. 

Filosofi dari kupu-kupu yang dapat diambil sebagai pelajaran hidup adalah konsistensinya dalam melakukan perjuangan.

Salah satu contohnya adalah ketika Masih dalam fase ulat. Ulat akan mengumpulkan nutrisi sebanyak mungkin untuk memasuki mas kepompong.

Fase ini memerlukaan perjuangan dimana ulat akan terus berpindah-pindah Dari satu dahan ke dahan lain untuk makan dengan resiko me jadi santapannya predator.

Jadi teruslah berjuang.

4. Simbol Cinta Dan Keindahan.

Selain memberi pelajaran hidup, kupu-kupu juga mewakili Keindahan Dan rasa Cinta.

Kupu-kupu secara filosofis mewakili keindahan karena memang sayap kupu-kupu selalu tampil dengan warna-warna yang memukau.

Dibalik warna-warna sayap kupu-kupu yang memukau sebenarnya terdapat pelajaran hidup yang bisa diambil lho, Klepusher!

Ya, kupu-kupu tidak lahir dengan menjadi mahluk yang bersayap indah secara langsung. Namun memerlukan fase hidup yang rumit untuk menjadikan Kupu-kupu menjadi simbol dari rasa cinta dan keindahan.


Begitu pula dengan rasa cinta. Kupu-kupu selain mewakili keindahan juga mewakili perasaan cinta yang berbunga-bunga. Sebab untuk mendapatkan rasa cinta dari pasangan selalu membutuhkan perjuangan dan pengorbanan seperti fase kehidupan Kupu-kupu.


5. Kupu-kupu mewakili Filosofi kebebasan

Filosofi kebebasan dari Kupu-kupu yaitu diambil dari kemampuan terbangnya dimana dengan kemampuan terbangnya dia bisa hinggap dari satu bunga ke bunga yang lainnya untuk mencari makan.

Sebelumnya, Kupu-kupu melewati masa Ulat (larva) dimana dia bersusah payah mencari makan dengan merambat dari satu daun ke daun lainnya.

Tidak hanya itu, fase selanjutnya adalah fase perubahan yang sangat menentukan yaitu pada fase kepompong (Pupa). 

Pada fase ini, Ulat berhenti makan hingga terjadi perubahan pada tubuhnya. Fase yang "menyakitkan" ini akan mengubahnya dengan sayap kebebasan.

Manusia bisa mengambil pelajaran hidup dari kupu-kupu dalam hal mencapai kebebasan, seperti misalnya bebas dari kemiskinan, kesengsaraan. Tentu kebebasan yang dimaksud adalah kebebasan yang membawa Klepusher pada tujuan yang positif ya.

Nah, itulah kehidupan Kupu-kupu, mahluk kecil yang punya fase hidup disebut Metamorfosis dimana dari mahluk ini terdapat filosofi dan pelajaran hidup ya Klepusher tentunya untuk hidup yang lebih baik.

Posting Komentar

0 Komentar