Kurang Akrab dengan Saudara Kandung? Kenali Cara Menjaga Hubungan Keluarga yang Tepat

Semua orang tentu memiliki hubungan keluarga yang baik, terutama dengan saudara kandungnya. Simak pembahasan lengkapnya di sini, yuk, Klepusher!


Menjaga hubungan keluarga sangat penting karena hanya keluarga yang akan selalu ada dalam setiap keadaan. Jangan sampai hubungan dengan saudara kandung menjadi renggang atau canggung hanya karena kurang akrab.

Saat memiliki saudara kandung, tidak semua orang langsung merasa akrab. Ada yang sudah akrab sejak kecil hingga dewasa, ada yang saat beranjak dewasa menjadi kurang akrab padahal saat kecil sangat dekat, ada pula yang baru dapat mengakrabkan diri ketika dewasa.

Melihat hal tersebut, Sparklepush ingin memberi beberapa tips agar keakraban dengan saudara kandung dalam hubungan keluarga dapat tetap terjaga. Sebab, keluarga adalah salah satu hal penting yang harus selalu dijaga.

Cara Menjaga Hubungan Keluarga Kakak Adik yang Tepat

Selain peran orang tua yang sangat dibutuhkan dalam hal ini, kesadaran antar saudara kandung juga tak kalah penting. Berikut merupakan langkah yang dapat dilakukan oleh Klepusher dalam membangun keakraban dengan saudara kandung.

Saling Menghormati

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan saling menghormati. Baik kakak maupun adik harus dapat menghormati satu sama lainnya, khususnya tidak melanggar hal-hal yang bersifat pribadi. Biasakan untuk selalu meminta izin kepada adik atau kakak saat akan meminjam atau menggunakan barang-barang milik mereka. Dengan begitu, selain membuat hubungan akrab, hal tersebut dapat membuat kerukunan tetap terjaga. 

Meluangkan Waktu Bersama

Meluangkan waktu untuk berkumpul dan berbincang santai juga dapat membangun keakraban dengan kakak ataupun adik. Saat berkumpul, usahakan agar selalu fokus dalam kebersamaan. Klepusher dapat menggunakan momen berharga ini untuk mendekatkan hubungan emosional antar saudara.

Menjaga Komunikasi

Dalam suatu hubungan, tak terkecuali hubungan keluarga, menjaga komunikasi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Meskipun sibuk, Klepusher harus tetap menyempatkan untuk berkomunikasi walaupun hanya dengan memanfaatkan sarana komunikasi. Ketika bertemu, Klepusher dapat memberi perhatian penuh saat berbicara dan mendengarkan apa yang dirasakan oleh kakak atau adik. Katakan bahwa kabar dari mereka adalah hal yang penting.

Berikan Pujian

Meskipun sederhana, memuji saudara saat meraih prestasi atau kelebihan yang dimilikinya adalah hal yang tak boleh diabaikan. Katakan bahwa Klepusher merasa bangga atas pencapaiannya dan ikut berbahagia terhadapnya. 

Selain itu, usahakan agar selalu memberi dukungan satu sama lainnya dan menghindari kompetisi. Selalu tanamkan kesadaran bahwa kakak dan adik dapat sama-sama berhasil tanpa perlu adanya persaingan. Dengan begitu, prosentase keberhasilan dapat meningkat dan dapat sama-sama bahagia atas pencapaian masing-masing.

Menjaga Kesopanan

Meskipun ingin selalu akrab, bahkan ingin menjadikan saudara selayaknya teman, Klepusher tetap harus menjaga kesopanan. Merasa dapat bebas di depan saudara adalah hal yang wajar, tetapi bersikap sopan tetap harus diutamakan. Hal ini karena dapat menjadi contoh bagi keluarga di masa yang akan datang. Dengan begitu, hal-hal baik di antara saudara kandung dapat tetap terjaga.

Menjaga hubungan keluarga tentunya membutuhkan usaha. Akan tetapi, hal tersebut akan sepadan dengan hasilnya. Oleh karena itu, tetap jaga hubungan baik dengan keluarga, terutama dengan saudara kandung. 


Posting Komentar

0 Komentar