Ini 5 Penemu Dari RI yang Karyanya Diakui Dunia. Nomor 4 Berjasa Banget Bagi Penderita Kanker Payudara.

Sparklepush.com - 5 Penemu Dari RI yang Karyanya Diakui Dunia.

Penemu Dari RI yang Karyanya Diakui Dunia. Foto 

Di negara-negara maju tak heran jika masyarakatnya memiliki taraf pendidikan yang lebih baik dibanding negara-negara lain yang berstatus negara berkembang. Wajar pula jika hasil dari pendidikan di negara maju banyak menghasilkan penemuan-penemuan hebat Dari berbagai bidang.

Tapi tahukah Klepusher bahwa negara republik Indonesia meskipun berstatus negara berkembang sudah memiliki daftar 5 Penemu yang hasil temuannya diakui dunia sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Penasaran?

Simak 5 Penemu RI yang Karyanya sudah diakui dunia bahkan untungnya nih, ada yang berjasa banget bagi penderita Kanker Payudara.

BJ. Habibie

Sebelum BJ. Habibie dikenal sebagai seorang Presiden RI, beliau sudah dikenal sebagai salah satu ilmuwan dunia yang namanya berkibar berkat karya-karyanya.

Salah satu karya populer BJ. Habibie adalah Crack progression theory. Karya ilmiah ini merupakan sebuah teori yang digunakan untuk memprediksi titik keretakan awal pada pesawat terbang khususnya di bagian sayapnya.

Teori ini benar-benar membantu dunia penerbangan bahkan rumus dari teori ini dapat menemukan penghitungan hingga ke titik atom, perhitungan yang sangat presisi.

Berkat jasa BJ. Habibie dengan karyanya yang mendunia ini, Beliau dijuluki sebagai “Mr. Cracker” 

Yogi Ahmad Erlangga

Karya Yogi Ahmad Erlangga Penemu dari RI yang menjadikannya sebagai ilmuwan atau penemu yang diakui dunia adalah penyelesaian Persamaan Helmholtz secara matematika numerik secara cepat yang bernama robust. 

Hasilnya, cadangan minyak dapat ditampilkan secara profil 3 dimensi bahkan dengan keakurtan yang sangat tinggi.

Sukses menyelesaikan Persamaan Helmhosltz ini pun membuat Dosen ITB asal Tasik ini dilirik oleh perusahaan minyak raksasa, Shell. 

Tjokorda Raka Sukawati Tjokorda Raka Sukawati

Penemu dari RI yang karyanya diakui oleh dunia berikutnya adalah Tjokorda Raka Sukawati Tjokorda Raka Sukawati. 

Temuan yang berkaitan erat dengan dunia arsitek ini dinamai dengan LPBH yang artinya “Landasan Putar Bebas Hambatan atau sering disebut dengan Sosrobahu.

Temuan beliau ini membuat pembangunan jalan layang dapat dilakukan dengan cepat namun tidak mengurangi sisi kualitasnya.

Teknik Sosrobahu sendiri merupakan sebuah teknik dibidang konstruksi jalan layang yang digunakan terutama untuk memutar lengan beton jalan layang.

Dengan teknik ini pembangunan jalan layang tidak mengganggu lalu-lintas dan dapat diselesaikan dalam waktu singkat. 

Bahkan teknik ini sekarang sudah diterapkan di berbagai jalan tol baik di Indonesia maupun di luar negri.

Warsito Purwo Taruno

Penemu Bra dari RI yang karyanya diakui Dunia adalah seorang Pria asal Purwakartayang sangat berjasa bagi para wanita karena temuan Bra-nya yang dapat memerangi sel kanker payudara. 

Memanfaatkan aliran listrik statis yang ditenagai oleh baterai AA 1.5 volt dan dialirkan ke apparel tubuh yaitu Bra. Kerjanya menghancurkan sel kanker payudara pada saat sel kanker payudara tersebut membelah diri.

Sel-sel kanker payudara yang mati ini kemudian dikeluarkan melalui proses ekskresi baik dalam bentuk keringat, air seni ataupun feses.

Selain untuk mengatasi problem kesehatan kanker payudara, temuannya yang sudah mendapatkan paten baik di Indonesia maupun di internasional ini dapat mengatasi leukemia dan kanker otak, tentu dalam bentuk apparel yang berbeda pula.

Prof. Ir. R.M. Sedyatmo

Karya Prof. Ir. R.M. Sedyatmo, penemu dari RI yang terkenal dan diakui dunia adalah pondasi Cakar Ayam yang sudah mendapatkan paten internasional. 

Landasan Pacu Bandar Udara Soekarno-Hatta adalah salah satu dan yang pertama menerapkan konstruksi ini dimana pembangunan bandar udara internasional ini dibangun diatas tanah rawa-rawa.

Pembangunan ini dirasa tidak mungkin dilakukan jika dibuat dengan pondasi konvensional. Namun, berkat pemikiran cerdas Prof. Ir. R.M. Sedyatmo ini, Bandar udara internasional Soekarno-Hatta pun berdiri kokoh dan stabil meskipun dibangun diatas tanah yang tidak stabil.


Nah, itulah 5 penemu RI yang karyanya diakui dunia mulai dari dunia industri penerbangan, kesehatan kanker payudara bahkan hingga konstruksi bangunan dan pengeboran minyak.

Dari beliau-baliau ini semoga menjadi inspirasi bagi penerus bangsa untuk terus berkarya dan berinovasi.


Sumber:
https://www.inews.id/news/nasional/5-penemu-asal-indonesia-yang-namanya-diakui-dunia-nomor-4-penemu-alat-terapi-kanker/all
https://indonesiainside.id/news/humaniora/2019/09/11/crack-progression-theory-theory-of-habibie
http://p2k.unkris.ac.id/id3/1-3065-2962/Yogi-Ahmad-Erlangga_184685_p2k-unkris.html#cite_note-BanggaIndonesia-1
https://pu.go.id/berita/peluncuran-biografi-penemu-teknik-sosrobahu-tjokorda-sukawati-menteri-basuki-teladani-keteguhan-hati-dan-keberaniannya-dalam-ciptakan-inovasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Warsito_Purwo_Taruno
https://www.dekoruma.com/artikel/63953/apa-itu-pondasi-cakar-ayam

Posting Komentar

0 Komentar