Targetmu Akan Tercapai, Ini Tips 5 Cara Tingkatkan Motivasi Diri, Kamu Pasti Bisa!

Targetmu Akan Tercapai, Ini Tips 5 Cara Tingkatkan Motivasi Diri, Kamu Pasti Bisa!
Ilustrasi Tingkatkan Motivasi Diri. Foto Dokumentasi Sparklepush.com


Bisa Mencapai Target yang Diinginkan jika Klepusher pantau terus tips 5 cara tingkatkan motivasi diri. Yuk, praktikan biar kamu terus sukses hingga jadi kaum tajir melintir.

1. Terlalu mengharapkan imbalan.

Imbalan dalam melakukan suatu pekerjaan memang kadang dirasa perlu. Hal ini sebagai wujud apresiasi dalam pencapaian target.

Misalnya, sekarang sales akan mendapatkan insentif penjualan manakala dipatok untuk mencapai angka penjualan yang ditargetkan. Tentu itu akan memicu motivasi untuk meraih penjualan yang diinginkan perusahaan terhadap angka penjualan yang dibebankan ke sales tersebut. 

Meskipun Hal insentif ini bisa dibenarkan tetapi akan menjadi Hal buruk jika kamu selalu ketergantungan pada insentif ini. 

Baca juga: Jangan Mudah Putus Asa, Ini 5 Ayat Al-Quran Soal Motivasi Beratnya Beban Hidup

Dampak buruknya adalah kamu tidak bisa menjadi diri yang lebih berkembang dengan ketergantungan ini.

Laukanlah pekerjaan kamu sesuai dengan yang dihadapkan oleh perusahaan.

2. Keluar dari zona nyaman.

Zona nyaman membuat kamu - bisa dibilang - nggak berkembang.

Nah, cobalah keluar dari zona nyaman dengan menantang diri kamu sendiri untuk terus berinovasi. Ini akan tingkatkan motivasi diri kamu, lho.

Ini penting Klepusher! Sebab, ketika kamu terus-terusan berhasil dalam melaksanakan tugas-tugas, ini justru akan mengurangi motivasi kamu, seolah-olah kesulitan yang kamu hadapi sudah bukan lagi hal yang menantang. 

Meskipun orang lain menganggap kamu luar biasa karena sudah bisa melakukan pekerjaanmu dengan baik sejauh ini. Tapi tentu, tantangan itu cuma kamu yang ngerasain. 

Baca juga: Motivasi dari Sebilah Keris Sakti, Tak Ada Pamor Tanpa Tirakat, Panas dan Tempa.

Meskipun sebenarnya, kamu punya kemampuan dalam menjalankan pekerjaan yang rutin dan selalu berhasil sesuai dengan yang ditargetkan, kamu nggak boleh berpuas diri. Sebab ini juga akan mengurangi motivasi kamu dalam kerja.

3. Stop ngayal! Manfaatin Waktu, Tenaga dan Pikiranmu 

Berkhayal memang enak. Dalam khayalan, kamu bisa saja sukses sampai tajir melintir, kokoh tak tertandingi. Tapi sebenarnya kamu hanya buang-buang waktu dan tingkatkan motivasi diri kamu.

Mending stop dulu khayalan kamu. Manfaatin waktu luangmu bukan untuk berkhayal, tapi gunakan tenaga dan pikiranmu untuk tingkatkan motivasi diri kamu dengan mengorganisir rencanamu dari A-Z. 

Kamu ingat moto Banyak Jalan Menuju Roma?

Begitu juga target yang ingin kamu raih, ada banyak cara untuk meraih kesuksesanmu mulai dari hal-hal kecil namun kontinyu. 

Misalnya, kamu ingin menjadi penulis sukses. Kamu bisa awali dengan mencatat ide-ide atau gagasan-gagasan yang satu demi satu kemudian dari gagasan itu dikembangkan lagi menjadi beberapa kalimat dan seterusnya. Ini lebih efektif memanfaatkan waktu ngayalmu dibanding dengan waktu nulismu.

4. Proses menentukan hasil

Apapun hasilnya, pasti proseslah yang akan menentukan. 

Jadi fokuslah pada proses untuk mencapai target yang kamu inginkan. Tingkatkan wawasan untuk mencapai target yang kamu inginkan.

Tingkatkan motivasi diri kamu dengan memperluas pemikiranmu. Fokus pada hasil akan membuat kamu berpikiran sempit sehingga kamu tidak menemukan cara-cara lain untuk mencapai target kamu.

Tentu kamu tidak menginginkan kegagalan, tapi justru dengan fokus pada proses mencapai target, kamu akan menemukan banyak cara untuk mendapatkannya.

5. Menikmati proses

Tingkatkan motivasi dirimu dengan menikmati proses.

Melakukan pekerjaan yang kamu senangi, atau hobi yang kamu jalani pasti akan terasa menyenangkan dan kamu pasti akan kembali untuk melakukan pekerjaan atau hobimu bila suatu saat rasa bosan menyerang. 

Tidak dipungkiri, sesekali kamu akan menemui kebosanan dalam melakukan proses pekerjaan ataupun hobi yang kamu jalani saat ini. Tapi jika kamu menikmati proses-proses mencapai target yang kamu inginkan akan membawamu selalu pada jalur kesuksesanmu.

Baca juga: Sukses Saat Usia Muda? Bisa kok, Begini Caranya!

Terlalu serius juga bisa menambah beban emosional. Hal ini justru kemungkinan akan membalikkan tingkat motivasi diri dari yang semula levelnya naik malah jadi turun. Bahkan kebosanan akan cepat datang dan kamu akan terjerumus dalam kegagalan.

5 tips tingkatkan motivasi ini jika kamu jalani secara istikomah maka seberat apapun target kamu pasti akan bisa diraih dengan baik. See you on Top.

_____________

Sumber Inspirasi:
https://www*idntimes*com/men/attitude/ratna-herlina/tips-tingkatkan-motivasi-diri-untuk-capai-target-c1c2?page=all


Posting Komentar

0 Komentar