Sering gagal? Mungkin Klepusher Belum Paham Makna "Banyak Jalan Menuju Roma"

Ilustrasi Banyak Jalan Menuju Roma. Photo by Caleb Miller on Unsplash

Salah Satu peribahasa yang sering kita dengar di public adalah frase "Banyak Jalan Menuju Roma". Peribahasa ini amat lekat dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Obrolan hidup di tongkrongan warung kopi, di lesehan pecel Lele atau bahkan dalam sebuah briefing sebelum kerja dimulai. Kata-kata ini begitu menginspirasi dan memotivasi kita.

Hidup memang selalu dihadapkan pada Dua sisi yang berlawanan. Namun seringkali kita menemukan Beberapa Hal yang memiliki kesamaan. 

Ketika kita telah mencapai tujuan yang ingin kita raih, itu adalah keberhasilan atau bisa disamakan dengan kesuksesan. 

Tapi memang yang namanya hidup itu tak semudah membalik telapak tangan, atau tak semudah mengikat tali sepatu. Proses mencapai tujuan juga bisa berjalan mulus juga bisa berjalan dengan terseok-seok bahkan ada juga yang sampai mati namun tak kunjung mencapai tujuan. Jika sampai mati kita tidak mencapai tujuan hidup, maka "gagal" adalah predikat yang kita dapatkan.

Kembali pada komteks frasa peribahasa "Banyak Jalan Menuju Roma".

Kita abstrakkan dulu nama sebuah kota "Roma" dan dialih-bahasakan dengan "Tujuan" maka bisa kita pahami begini:

"Banyak Jalan untuk mencapai tujuan"

Benar, banyak Jalan Menuju Roma! Orang yang belum pernah ke Roma sekalipun meyakini ini.

Bahkan, jika Klepusher memang belum pernah kesana masih bisa mengunjunginya secara virtual menggunakan google map, betul!?

Tapi kita sedang membahas makna "Banyak Jalan" dan "Roma" dalam konteks peribahasa yang sangat motivasional ini, "Banyak Jalan Menuju Roma" Dan diabstraksikan kedalam cara dan tujuan.

Pastinya ketika kita menempuh suatu jalan ke arah yang kita tuju, kita akan menemui berbagai halang rintang.

Dan jika kita kembali merenung sejenak, bahwa ada banyak Jalan Menuju Roma, maka kita tidak akan hanya bergantung pada satu jalan. Karena Masih banyak lagi jalan Menuju tujuan yang ingin kita raih.

Jangan mudah putus asa.

Karena Putus asa adalah hilangnya semangat mencapai tujuan dan harapan.


Posting Komentar

0 Komentar