Rekomendasi 8 Tempat Wisata Kuliner yang Wajib Dikunjungi di Istanbul, Turki

Istanbul, Turki dan 8 Tempat Wisata Kuliner yang wajib dikunjungi. Foto unsplash.com/@berdnika

Istanbul merupakan kota terbesar di Turki yang telah sejak lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata. Selain terkenal karena sejarah dan budayanya, Istanbul juga bisa dijadikan tempat wisata kuliner selama berlibur di Turki. Lalu apa sajakah tempat wisata kuliner yang bisa dikunjungi di Istanbul? Temukan rekomendasinya di bawah ini!  

Hidangan Nikmat di Istanbul

Sebagai kota yang sering menjadi destinasi wisata, Istanbul menyediakan berbagai macam makanan yang menarik untuk dinikmati. Apa sajakah daftar wisata kuliner itu?

  1. Bal Kaymak
  2. Midye Tava
  3. Karniyarik
  4. Lahmacun
  5. Simit
Yuk simak satu demi satu daftar wisata kuliner di Istanbul yang bisa kamu jadiin pelampiasan laper kamu selama di Turki.

1. Bal Kaymak

Bal Kayamak, selai olesan roti khas kuliner Istanbul, Turki.
Bal Kayamak. Menu Kuliner Sarapan Khas Isnbul Turki Yang Wajib Kamu Nikmati Pertama Kali di Istanbul Turki. Foto Freepik.com

Bal Kaymak adalah menu sarapan di Istanbul yang terbuat dari susu kerbau tradisional dan sering disantap sebagai olesan roti.

Wah, eman-eman dong kalau sudah jauh-jauh ke jalan-jalan ke turki tapi sampai nggak santap kuliner khas Istanbul, Turki.

2. Midye Tava

Midya Tava, Kuliner Khas Istanbul, Turki yang bahan utamanya adalah kerang. Foto yemek.com

Midya Tava adalah street food di Istanbul yang terbuat dari kerang dengan balutan tepung dan telur. Makanan ini biasanya disajikan bersama salad segar dan mayones.

Nah, jangan sampai kelewat ya Klepusher kalau lagi jalan-jalan dimari, coba icip-icip kuliner khas yang satu ini. 

3. Karniyarik

Karniyarik, hidangan kuliner khas Istanbul, Turki. Foto giverecipe.com

Karniyarik adalah hidangan berupa terong berisi daging giling dan peterselli yang dimasak bersama tomat dan beberapa bumbu seperti bawang dan lada.  

4. Lahmacun

Lahmacun, pizza krispi khas Istanbul Turki, sebuah kuliner yang wajib disantap selama jalan-jalan dimari. Foto yummytemple.com

Lahmacun adalah hidangan yang terbuat dari adonan semolina yang dibuat pipih lalu diberi daging giling yang dimasak dalam bentuk pasta dan diberi cabai, bawang, dan parsley sebagai tambahan.

5. Simit

Simit merupakan salah satu jajanan populer di Istanbul. Hidangan ini memiliki bentuk lingkaran mirip donat dengan tekstur renyah dan disajikan bersama wijen, selai, serta minyak zaitun.

Nah, itulah rekomendasi Kuliner khas Istanbul, Turki yang perlu kamu cicipi selama traveling di sini. 

Sudah kenal sama makanannya, nggak afdol rasanya kalau sparklepush.com nggak ngasih rekomendasi tempat wisata kuliner buat Klepusher yang lagi traveling disini. Dan, inilah daftar rekomendasi 8 Tempat Wisata Kuliner Khas Turki di Istanbul. Absenin satu-satu yuk:

  1. Asitane Restaurant
  2. Mantici
  3. Pandeli
  4. Murver
  5. Turk Fatih Tutak
  6. Ali Ocakbasi
  7. Rumeli Kale Cafe
  8. Ciya Sofrasi

Ayo, mau pilih yang mana dulu? Mulai dari 1 ya....!

1. Asitane Restaurant

Restoran satu ini sangat cocok bagi yang menginginkan hidangan klasik. Asitane Restauran menyediakan beberapa menu ala Kekaisaran Ottoman yang bahkan sudah terbilang langka dan hampir punah seperti Tarrator (timun tumbuk yang disajikan bersama bawang bombay dan pistachio), serta sup almond. 

2. Mantici

Mantici adalah restoran yang menyediakan menu manti alias pangsit khas Turki. Manti berisi daging dan disajikan bersama mentega, yogurt rasa bawang, dan mentega. Pelanggan yang mengunjungi restoran ini tidak perlu menunggu lama karena manti merupakan makanan yang bisa dimasak dengan cepat.

3. Pandeli

Pandeli merupakan restoran yang menyuguhkan atmosfer ala kereta Orient Express. Di restoran ini terdapat menu khas kerajaan Ottoman, yaitu Chicken Topkapi, ayam dengan isian nasi berbumbu di dalamnya. 

Selain itu, masih ada menu lain yang menarik untuk dicoba di restoran ini, seperti sup celeriac dan quince, Sultan’s delight atau Hunkar Begendi (sajian domba dengan campuran terong dan saus bechamel), serta compote dari aneka buah.

4. Murver

Bila ingin mendapat cita rasa makanan seperti di pesta dan perayaan, Murver adalah jawabannya. Beberapa menu di restoran ini bahkan dimasak dengan metode klasik yaitu menggunakan oven dengan api dari tungku. 

Adapun menu yang bisa dipilih di sini, antara lain winter salad (kambing asap dengan sayuran dan tomat kering), duck topik (sajian bebek dengan kayu manis, ceri, dan minyak zaitun), seafood stew, serta oxtail katmer (hidangan serupa sandwich dengan buntut sapi yang diberi yogurt susu kambing dan minyak zaitun pedas).

5. Turk Fatih Tutak

Restoran ini menyediakan menu yang berganti-ganti sesuai musim dan memiliki dekorasi bambu sebagai interiornya. Turk Fatih Tutak menyediakan meze (salad khas Turki) dengan steak yang lezat. Selain itu, ada pula menu lain, seperti beef pastrami dan midye dolma (kerang dengan isian nasi rempah).

6. Ali Ocakbasi

Bila ingin menikmati berbagai pilihan makanan khas Turki, Ali Ocakbasi merupakan pilihan yang tepat. Beberapa menu yang bisa dicoba, seperti tumis sayur dalam guvec (mangkuk tanah liat), pide (pizza Turki) dengan keju cheddar, dan peynirli irmik tartilsi (dessert semolina dengan keju dan es krim). 

7. Rumeli Kale Cafe

Butuh rekomendasi restoran yang menyediakan sarapan pagi? Rumeli Kale Café adalah jawaban yang tepat. Restoran ini menyediakan berbagai menu sarapan yang menarik untuk dicoba, seperti telur, sosis, sup, salami, dan borek (pastry tradisional Turki). 

8. Ciya Sofrasi

Ciya Sofrasi merupakan restoran yang merepresentasikan rasa autentik dan budaya Turki dengan makanannya. Di restoran ini, pengunjung dapat menikmati makanan, seperti kereviz tavasi (hidangan berbasis seledri), Ayvali Kofte (bola daging domba dengan quince), dan beberapa dessert unik yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Itulah daftar wisata kuliner Turki  yang bisa ditemukan di Istanbul. Dari daftar tersebut, manakah yang ingin Anda kunjungi?


Referensi:
https://yummyistanbul.com/best-restaurants-in-istanbul/
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/ratna-herlina/rekomendasi-kuliner-di-istanbul-selain-kebab-c1c2?page=all
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/ratna-herlina/rekomendasi-kuliner-di-istanbul-selain-kebab-c1c2?page=all
https://www.eater.com/maps/best-restaurants-istanbul-38

Posting Komentar

0 Komentar