Wisata Kuliner Antalya: Mengeksplorasi Kelezatan Masakan Turki di Kota Pesisir Mediterania

Wisata Kuliner Antalya Turki
Wisata Kuliner Antalya Turki. Foto unsplash.com/@mishelbellator


Turki adalah negara dengan tempat-tempat bersejarah yang bisa dijadikan destinasi wisata. Namun, Turki juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata kuliner. Salah satu kota yang bisa menjadi tujuan saat melakukan wisata kuliner Turki adalah Antalya. Makanan apa sajakah yang bisa dinikmati di kota Antalya? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui daftarnya!  

Daftar isi
  1. Shish Kebab
  2. Arap Kadayif
  3. Bagaca
  4. Kulakli
  5. Tirmis
  6. Paca Soup
  7. Guluklu Corba
  8. Yanik Dondurma
  9. Gozleme
  10. Kabak Tatlisi

Antalya: Perpaduan Kuno dan Klasik yang Menarik Wisatawan

Di bidang wisata, Antalya tidak pernah absen menjadi tujuan kunjungan para turis. Kota yang terletak di garis Mediterania ini bahkan menjadi tujuan wisata terbanyak keempat di dunia. Lalu apa sajakah spot wisata yang ditawarkan kota ini?

Para turis yang mengunjungi Antalya dapat mengunjungi beberapa situs, seperti kota lama Antalya yang jalan-jalannya terbuat dari batu, pantai Konyaalti yang menyajikan pemandangan laut nan indah, reruntuhan Termessos, serta museum Antalya. 

Makanan di Antalya yang Wajib Dicoba saat Melakukan Wisata Kuliner Turki


Bukan hanya menjadikan banyak spot wisata bersejarah, Antalya juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata kuliner Turki yang menarik. 

Sebab, di kota ini terdapat banyak restoran yang menarik dikunjungi serta berbagai makanan khas Turki yang bisa dicoba.

Beberapa makanan yang bisa dicoba saat melakukan wisata kuliner Antalya, antara lain:

1. Shish Kebab

Wisata Kuliner Antalya Turki: Shish Kebab
Wisata Kuliner Antalya: Shih Kebab. vika-imperia550


Turki memang terkenal dengan berbagai jenis kebab, salah satunya adalah shish kebab yang bisa ditemukan di Antalya. Shish kebab bisa dikatakan sebagai sate khas Turki karena penyajian daging (domba, sapi, ayam, atau ikan) yang ditusuk. Umumnya, shish kebab disajikan bersama sayuran yang ditusuk secara terpisah dengan daging.

2. Arap Kadayif

Wisata Kuliner Antalya Turki: Arap Kadayif
Wisata Kuliner Antalya: Arap Kadayif. tumblr.com/fastindir


Memiliki nama lain stone kadayif, makanan ini merupakan adonan yang dibentuk bulat pipih dan diisi oleh kenari, gula, dan kayu manis lalu dilipat dan digoreng. Arap Kadayif biasanya diberi sirop lemon lalu disajikan dengan potongan kenari atau kacang pistachio. 

3. Bagaca

Wisata Kuliner Antalya Turki: Bagaca
Wisata Kuliner Antalya: Bagaca. Foto kulturportali.gov.tr


Bagaca merupakan kudapan berbentuk pastry gulung yang dicampur dengan wijen dan kayu manis. Makanan ini telah populer di Antalya sejak tahun 1940 dan akan banyak ditemui saat bulan puasa karena merupakan makanan favorit untuk berbuka.

4. Kulakli

Wisata Kuliner Antalya Turki: Kulakli Soup
Wisata Kuliner Antalya: Kulakli soup. Foto antalyatouristinformation.com


Makanan ini sering disebut sebagai sup ravioli. Kulakli sendiri merupakan makanan seperti pangsit yang dimasak bersama kacang Arab (chickpeas) dalam saus tomat. Bumbu yang digunakan untuk memuat makanan ini, yaitu lada, daun mint, dan lemon.

5. Tirmis

Wisata Kuliner Antalya Turki: Tirmis
Wisata Kuliner Antalya: Tirmis


Tirmis atau yang disebut dengan “wet snack” adalah biji dari tanaman bernama yellow lupine dan biasa dinikmati sebagai camilan. Saat dimakan, tirmis memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan kacang polong. Namun sebelum mengonsumsinya, biji terlebih dahulu harus direndam air garam selama empat belas hari atau lebih untuk menghilangkan rasa pahit akibat banyaknya kandungan alkaloid di dalamnya. 

6. Paca Soup

Wisata Kuliner Antalya Turki: Paca Soup
Wisata Kuliner Antalya: Paca Soup. Foto turkishrecipe.org


Paca soup adalah sup yang terbuat dari kaki dan kepala domba atau sapi serta tambahan seperti ekor dan lidah. Sup satu ini dipercaya sebagai makanan bernutrisi di Turki karena mengandung berbagai mineral pada jaringan kaki hewan yang digunakan. Paca soup sendiri sering dijadikan makanan penghangat tubuh saat musim dingin tiba.

7. Guluklu Corba

Wisata Kuliner Antalya Turki: Guluklu Corba
Wisata Kuliner Antalya: Guluklu Corba. Foto cdn.ye-mek.net


Kuliner Sup lainnya yang bisa dicoba saat Berwisata ke Antalya, Turki adalah Guluklu Corba. Sup yang sering dijadikan hidangan saat pesta pernikahan ini berisi daging ayam, bola daging, dan kacang Arab yang disajikan dengan kuah kaldu gurih serta nasi hangat.

8. Yanik Dondurma

Wisata Kuliner Antalya Turki: Yanik Dondurma
Wisata Kuliner Antalya: Yanik Dondurma. Foto fastly.4sqi.net


Selama ini, mungkin orang lebih mengenal es krim Turki dengan penjual yang sedikit memainkan atraksi dengan membolak-balik es krim yang telah ditaruh pada cone. Namun, bila ingin menikmati es krim dengan penyajian berbeda, Anda bisa mencoba yanik dondruma atau burnt ice cream. Sesuai namanya, es krim ini “dibakar” pada bagian bawahnya untuk memberikan aroma seperti asap (smoky). 

9. Gozleme

Wisata Kuliner Antalya Turki: Gozleme
Wisata Kuliner Antalya: Gozleme Foto foodtasia.com


Gozleme bisa disebut sebagai pancake asal Turki. Tidak seperti pancake pada umumnya yang kosong dan dimakan bersama sirop maple atau saus cokelat, Gozleme diisi dengan berbagai macam isian seperti keju, kentang, bayam, keema (daging cincang). Gozleme umumnya disajikan dengan sayuran seperti tomat, mentimun, dan parsley.

10. Kabak Tatlisi

Wisata Kuliner Antalya: Kabak Tatlisi. Foto i.lezzet.com.tr


Kabak Tatlisi adalah dessert yang terbuat dari olahan labu parang. Cara membuat makanan ini adalah dengan merebus labu parang dengan gula hingga lunak lalu mendinginkannya di kulkas. Setelahnya, kabak tatlisi dapat disajikan dengan menambahkan tahini (pasta wijen) dan potongan kacang kenari.

Itulah beberapa makanan yang bisa dinikmati di Antalya dan bisa menjadi referensi ketika melakukan wisata kuliner Turki. Dari daftar di atas, manakah yang paling menarik untuk dinikmati?


Referensi:
https://turkeytravelplanner.com/antalya-food-tour-cuisine-from-antalya/
https://antalyatouristinformation.com/food/local-dishes/
https://www.planetware.com/tourist-attractions-/antalya-tr-ant-at.htm 

Posting Komentar

0 Komentar