Traveling ke Kota Pantai Izmir, Turki...? Ini Daftar Wisata Kuliner Lengkap Versi Sparklepush.com

Ketika berwisata jalan-jalan ke Turki, mungkin Klepusher akan fokus dengan Istanbul sebagai kota terbesar untuk dijadikan destinasi utama. Padahal, Izmir yang merupakan kota pantai atau menurut sparklupush.com bisa dibilang juga dengan sebutan kota bahari, tak kalah menarik untuk dikunjungi, terutama bila mendambakan wisata kuliner Turki. 

Ilustrasi Pelabuhan Izmir, Turki. Foto Photo by Arca Altunsu

Nah, biar nggak penasaran, Simak penjelasan Daftar Wisata Kuliner Lengkap Versi Sparklepush.com untuk mengetahui makanan apa saja sih yang bisa klepusher nikmati selama traveling serta tempat makan yang bisa dikunjungi di Izmir!

Belum Kenal Sama Izmir? Yuk Kenalan Dulu Sama Si Kota Pantainya Turki.

Izmir itu merupakan kota terbesar ketiga di Turki setelah Istanbul dan Ankara (ibu kota) ya Klepusher! Sebagai kota pantai, Izmir yang terletak di bibir teluk Aegean menjadi pelabuhan terbesar di Turki lho. Selain terkenal sebagai kota pantai, Izmir juga dikenal sebagai kota bersejarah karena pernah dikuasai oleh tiga kerajaan besar, yaitu Romawi, Yunani, dan Kekaisaran Ottoman.

Sebagai destinasi tempat wisata bagi para traveler, Izmir menyediakan beberapa spot yang bisa dikunjungi selama jalan-jalan dimari seperti Taman Margasatwa Izmir, Pasar Kemeralti yang merupakan pusat perdagangan, Alun-alun Konak, Izmi Agora (situs Romawi kuno berupa muesum terbuka), serta dermaga di sepanjang laut Aegean yang menyediakan pemandangan indah.

Kuliner yang Bisa Icip-icip selama Jalan-jalan di Izmir, Turki

Selain menyediakan berbagai spot wisata yang menarik untuk dikunjungi selama traveling, Izmir juga menjadi tempat bagi berbagai macam makanan yang bisa diicip-icip oleh para turis. Nah, untuk melengkapi kegiatan jalan-jalan di kota Izmir ini, berikut daftar kuliner yang worth it untuk diburu.

1. Menemen

Kuliner yang satu ini, cocoknya sih bukan sekedar icip-icip ya Klepusher. 

Menemen bisa dinikmati juga sebagai menu sarapan saat jalan-jalan ke Izmir. 

Menemen merupakan masakan tradisional berupa telur yang ditumis bersama sayur-sayuran lalu disantap panas-panas sebagai topping roti.

Hmmm, mungkin kalo di Indonesia mirip-mirip lah dengan telor orak-arik.

2. Gozleme

Gozleme merupakan roti berbentuk pipih (mirip kulit kebab) yang bisa dikatakan mirip dengan martabak telur di Indonesia. Hanya saja, kulit atau adonan Gozleme dipanggang. Gozleme disajikan dengan memberikan isian, seperti bayam, daging, dengan minyak zaitun sebagai pelengkap. 

3. Boyoz

Boyoz merupakan hidangan kuno yang dibawa oleh imigran Yahudi dan selalu diasosiasikan dengan Izmir sebagai kota asalnya. Makanan ini berupa pastry dari tepung dan minyak bunga matahari yang disajikan bersama telur dan teh hangat.

4. Balik Ekmek

Bila ingin menikmati sandwich ala Turki yang sangat menggambarkan Izmir sebagai kota pantai, maka Balik Ekmek adalah jawabannya. Balik Ekmek merupakan roti berisi ikan fillet yang dipanggang atau digoreng serta aneka sayuran seperti selada, bawang bombai, dan mentimun.

5. Gevrek

Makanan ini merupakan salah satu peninggalan Kekaisaran Ottoman. Gevrek adalah roti berbentuk lingkaran serupa donat yang pembuatannya adalah dengan direbus pada molase lalu dipanggang. Gevrek umumnya disajikan dengan taburan wijen atau terkadang biji kuaci. 

Tempat Makan di Izmir yang Bisa Jadi Rekomendasi Saat Melakukan Wisata Kuliner Turki

1. Deniz Restaurant

Deniz Restaurant adalah restoran seafood tertua di Izmir. Restoran ini menyajikan pemandangan matahari tenggelam serta interior yang membuat pengunjung nyaman. Adapun beberapa menu yang bisa dicoba, antara lain cumi bakar, Fish Kokorec (roti dengan isian ikan panggang), dan fish stew.

2. Sakiz Alsancak

Restoran ini sangat cocok dijadikan pilihan bagi yang ingin menikmati hidangan dengan pemandangan laut yang cukup dekat. Sakiz Alsancak bisa dibilang merupakan surga bagi para pecinta daging dan seafood. Menu di restoran ini antara lain yaitu mezze (platter khas Timur Tengah), udang panggang, Aegean greens, feta salad, dan masih banyak lagi.

3. Eminyet Restaurant

Restoran ini menyediakan berbagai menu yang menggugah selera. Menu andalan di restoran ini adalah Raki atau minuman beralkohol dari anggur yang didistilasi dua kali. Selain itu, ada pula 

berbagai macam masakan, seperti kofte (bola daging khas Turki), pirzola (lamb chop dengan nasi mentega), dan buftek (steak sapi goreng).

4. Buke Garni

Pilihan satu ini merupakan restoran yang terbilang kreatif karena memadukan berbagai macam makanan dari seluruh dunia. Selain itu, restoran ini menyajikan nuansa alam karena lokasinya yang berada di perkebunan. Menu yang bisa dinikmati di Buke Garni antara lain yaitu pumpkin cheesecake, lokum (dessert khas Turki), burger, serta aneka salad khas Turki.

5. Yolo Art and Lounge

Bila ingin menikmati makanan dengan nuansa Eropa kuno, Yolo Art and Lounge adalah jawabannya. Restoran ini menyuguhkan interior ala Eropa pada abad 19. Beberapa menu yang bisa dinikmati di sini antara lain burger vegetarian, steak, kofte, dan aneka pasta.

Itulah daftar makanan serta restoran yang bisa menjadi referensi saat melakukan wisata kuliner Izmir. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi kota pantai ini dalam rencana wisata kuliner Turki?



Referensi:
https://crazymasalafood.com/too-20-restaurants-in-izmir-turkey/
https://www.tripoto.com/izmir/trips/28-delicious-things-you-must-eat-and-drink-in-izmir-5787d09c18ebe
https://www.dailysabah.com/life/food/a-citys-identity-izmir-and-its-delicious-street-flavors
https://www.regencyholidays.com/blog/restaurants-in-izmir-turkey/

Posting Komentar

0 Komentar