Jangan Disepelekan, Ini Bahaya Sleep Anxiety Bagi Kesehatan!

Bahaya Sleep Anxiety Bagi Kesehatan!
Bahaya Sleep Anxiety Bagi Kesehatan!. Unsplash


Setelah melakukan berbagai aktivitas, Sparklepush yakin bahwa tidur menjadi pilihan untuk mengistirahatkan tubuh. Selain memulihkan kembali tenaga, tidur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan. Akan tetapi, tahukah Klepusher bahwa ada kondisi yang menyebabkan seseorang takut akan tidur? Ya, kondisi ini dikenal dengan sleep anxiety.

Kondisi ini tidak boleh diabaikan. Pasalnya, jika tidak segera ditangani, sleep anxiety bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh. Lantas, apa saja bahayanya?

Nah, Berikut Sparklepush bahas bahayanya Sleep Anxiety. 

Kita "kenalan" dulu sama Sleep Anxiety supaya gamblang.

Sleep anxiety adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang khawatir atau takut akan tidur. Misalnya saja, seseorang bisa merasa khawatir bahwa ia tidak akan bisa tidur. 

Dalam kasus tertentu, seseorang juga memiliki ketakutan yang berbeda akan tidur. Kondisi ini dikenal sebagai somniphobia.

Seseorang yang mengalami kondisi ini takut bahwa akan ada sesuatu yang buruk terjadi pada saat mereka tertidur. Pada akhirnya, mereka memilih untuk tidak tidur karena mereka harus tetap terjaga. 

Pada dasarnya, kecemasan bisa dialami oleh siapa saja, sebab kecemasan adalah hal alami bagi manusia. Misalnya saja, kita akan merasa cemas apabila berada dalam situasi berbahaya. 

Akan tetapi, frekuensi kecemasan datang lebih sering bisa menyebabkan kamu merasa cemas atau takut sepanjang hari. Nah, apabila hal tersebut terjadi, ini bisa mengganggu aktivitas dan harus mendapatkan penanganan dengan segera. 

Gangguan tidur ini tidak mengenal usia, kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari orang dewasa, remaja, hingga anak-anak.

Apa saja gejala dari kondisi ini?

Gangguan tidur ini bisa menyebabkan berbagai gejala, beberapa di antaranya adalah:

  1. Merasa gelisah
  2. Gugup
  3. Lekas marah
  4. Sulit untuk berkonsentrasi
  5. Selalu merasa dalam bahaya atau sesuatu akan datang

Kondisi ini juga bisa menyebabkan gejala fisik yang ditandai dengan:

  1. Detak jantung berdegup kencang
  2. Berkeringat
  3. Timbulnya masalah pencernaan
  4. Napas cepat
  5. Otot-otot menjadi tegang

Bahaya Sleep Anxiety

Rekomendasi tidur untuk anak-anak adalah 9-11 jam per hari. Remaja yang berusia 14-17 tahun direkomendasikan untuk tidur setidaknya 8-10 jam per hari. Sementara itu, rekomendasi waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah 7-9 jam per hari. 

Bukan tanpa alasan, rekomendasi waktu tidur ideal dimaksudkan agar kita bisa mendapatkan istirahat yang cukup, sehingga tubuh menjadi bugar. 

Nah, ketika gangguan tidur ini terjadi, tentunya kualitas tidur pun akan menurun. Pasalnya, ketika kondisi ini terjadi, seseorang menjadi sulit untuk mendapatkan waktu tidur ideal.

Tak sampai di situ saja, ketika tidak ditangani dengan segera, kondisi ini bisa meningkatkan risiko dari kondisi medis tertentu. Adapun beberapa penyakit yang harus diwaspadai adalah:

  1. Serangan jantung
  2. Penyakit jantung
  3. Gagal jantung
  4. Tekanan darah tinggi
  5. Detak jantung yang tidak teratur atau aritmia
  6. Berat badan berlebih
  7. Diabetes
  8. Stroke

Bahaya lain dari sleep anxiety

Gangguan tidur ini juga bisa menyebabkan bahaya lainnya. Misalnya saja, ketika seseorang bisa tertidur, kecemasan yang dirasakan bisa memicu mimpi yang mengganggu dan memungkinkan gangguan tidur terjadi lebih tinggi. Mimpi buruk sendiri dapat menjadi salah satu alasan dari ketakutan atau kecemasan akan tidur.

Kurang tidur juga bisa memicu atau bahkan memperburuk gejala kecemasan. Di samping itu, kualitas tidur yang buruk juga bisa memengaruhi suasana hati dan kesehatan emosional.

Maka dari itu, bahaya sleep anxiety perlu diperhatikan dan tidak boleh diabaikan. Sebab, kondisi ini bukan hanya bisa memengaruhi kesehatan fisik saja, tetapi kesehatan mental atau emosional.

Menangani kondisi ini dengan kebiasaan tidur yang sehat

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kondisi ini perlu segera ditangani. Sebab, bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. 

Nah, cara untuk mengurangi gejalanya adalah dengan membangun kebiasaan tidur yang sehat. Beberapa kebiasaan tidur yang sehat tersebut di antaranya adalah:

Lakukan aktivitas santai sebelum tidur, misalnya saja meditasi atau mendengarkan musik

Sebaiknya tidak mengonsumsi kafein di sore atau malam hari

Bangun kebiasaan tidur teratur, seperti pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya

Sebaiknya, batasilah penggunaan alat elektronik, setidaknya 30 menit sebelum tidur

Hindari mengonsumsi makanan dalam porsi besar sebelum tidur

Nah, itulah beberapa informasi mengenai dari bahaya sleep anxiety. Kondisi ini tidak boleh diabaikan dan harus diwaspadai. Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar gejala yang dialami tidak semakin parah.



Sumber referensi:
Cleveland Clinic (2021). Sleep anxiety
Halodoc (2022). Waspada, Ini Bahaya Sleep anxiety bagi Kesehatan
Halodoc (2022). Pentingnya Waktu Tidur Ideal Sesuai Usia
Sleep Foundation (2022). Anxiety and Sleep

Posting Komentar

0 Komentar