Wisata Kuliner ke Bursa: Menikmati Makanan Tradisional Turki dan Minuman Khas Kota

Wisata Kuliner di Bursa, Turki
Ilustrasi Menikmati Suasana di Bursa, Turki. Apa saja Wisata Kuliner Khasnya? Yuk simak. Foto unsplash.com/@aliyilmazz

Bisa jalan-jalan ke Turki pasti bakal jadi sebuah pengalaman hidup yang tak terlupakan ya Klepusher!

Selain punya tempat wisata yang begitu indah, Turki juga menyajikan wisata kuliner yang dapat memanjakan lidah Klepusher dan memberikan pengalaman petualangan kuliner disana. 


Nah, jika Klepusher punya kesempatan jalan-jalan sampai ke Turki sono, jangan lupa nih, berburu kuliner lezat dan halal yang akan sparklepush.com bahas di "Wisata Kuliner ke Bursa: Menikmati Makanan Tradisional Turki dan Minuman Khas Kota" berikut ini ya.

Baca Juga: Mau Jalan-jalan ke Turki? Sparklepush Kasih Tips Icip-icip Wisata Kuliner Street Food yang Paling Populer


Saat melakukan kunjungan ke Turki, beberapa orang mungkin ingin mengeksplorasi lebih jauh daripada sekadar berkunjung ke Ankara atau Istanbul. Dari sekian banyak kota di Turki, Bursa bisa menjadi rekomendasi yang pas. Bukan hanya memiliki destinasi yang indah dan bersejarah, Bursa juga cocok menjadi daftar tujuan dalam wisata kuliner Turki.

Bursa sebagai kota tujuan wisata kuliner menyuguhkan berbagai hidangan yang sangat menarik untuk dinikmati. Selain itu, Bursa juga memiliki banyak restoran yang dapat memberikan pengalaman jalan-jalan dan petualangan wisata kuliner yang baik. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai makanan serta restoran di Bursa!

Hidangan Khas Turki yang Bisa Dinikmati dalam Wisata Kuliner Bursa


Jalan-jalan ke Kota Bursa, pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan khas Turki serta hidangan yang menjadi identitas kota. Apa sajakah makanan yang bisa dinikmati di Bursa?

Baca Juga: Rekomendasi 8 Tempat Wisata Kuliner yang Wajib Dikunjungi di Istanbul, Turki


Nah, berikut "menu" wisata kuliner di Kota Bursa yang recommended buat klepusher:

  1. Iskander
  2. Koy Kahvaltisi
  3. Kokorec
  4. Sutlac
  5. Sira
Yuk simak satu demi satu Kuliner di Kota Bursa, Turki.

1. Iskender

Wisata Kuliner di Bursa, Turki
Kebab Iskander. Foto turkishfoodie.com


Kalo "hunting" Kuliner yang menjadi identitas kota Bursa, maka kebab Iskender adalah jawabannya. Jenis kebab ini menyuguhkan potongan tipis daging domba atau sapi yang empuk di atas roti tipis yang cukup besar, lalu diberi olesan mentega serta topping tomat dan lada dengan saus yoghurt sebagai pelengkapnya.

Baca Juga: Wisata Kuliner Antalya: Mengeksplorasi Kelezatan Masakan Turki di Kota Pesisir Mediterania


2. Koy Kahvaltisi

Wisata Kuliner di Bursa, Turki
Koy Kahvaltisi. Foto qul.imgix.net

 
Kalo waktu jalan-jalan kamu masih panjang, cobalah Koy Kahvaltisi. Makanan ini sering disebut sebagai Turkish villlage breakfast. Koy kahvaltisi adalah hidangan yang berisi beberapa makanan, seperti pastry goreng, roti, buah zaitun, tomat, daging, dan telur lalu diberi taburan lada dengan tambahan madu atau selai. Hidangan ini dapat berbeda tergantung desa yang menyajikan.

3. Kokorec

Wisata Kuliner di Bursa, Turki
Kokorec. Foto engin akyurt

Kalo Klepusher pernah punya pengalaman ke Korea yang punya daechang, Jalan-jalan ke Turki juga punya kokorec. Kokorec adalah usus kambing yang diisi dengan daging, lada, dan beberapa rempah lalu dimasak dengan metode slow cooking pada panggangan. Kokorec biasanya disajikan di atas tortila yang lembut. 

Baca Juga: Traveling ke Kota Pantai Izmir, Turki...? Ini Daftar Wisata Kuliner Lengkap Versi Sparklepush.com

4. Sutlac

Wisata Kuliner di Bursa, Turki
Sutlac. Foto chocolatesandchai.com

Jalan-jalan ke Bursa nggak lengkap kalau berlum menyantap dessert khas Bursa, Sutlac. Cobalah untuk membeli sutlac. Sutlac adalah dessert berupa puding susu dengan rasa manis yang disajikan dingin pada wadah dari kaleng.

5. Sira

Wisata Kuliner di Bursa, Turki
Sira, Minuman anggur fermentasi asal Turki. Foto wikimedia.org


Memesan kebab di Bursa akan terasa kurang tanpa kehadiran Sira sebagai minumannya. Sira adalah minuman yang terbuat dari hasil fermentasi buah anggur asli Turki. Minuman ini dapat dinikmati oleh siapa saja karena tidak mengandung alkohol.


Daftar Restoran di Bursa yang Bisa Jadi Referensi Wisata Kuliner Turki 

Di Bursa, Anda dapat mengunjungi berbagai restoran mulai yang menyediakan makanan khas Turki, makanan klasik ala Kekaisaran Ottoman, hingga makanan dari berbagai penjuru dunia. Inilah beberapa rekomendasi tempat makan di Bursa:

  • Hasyokum Pidecisi

Restoran ini terkenal dengan pide (pizza ala Turki) sebagau menu utamanya. Di Hasyokum Pidecisi, pengunjung bisa memilih berbagai varian pide seperti Kiymali (pide dengan topping daging domba, bawang bombay, dan tomat), Pastirmali Kasali (pide dengan entrecote sapi muda, bacon, dan keju Kasar), dan pide dengan topping tradisional Turki seperti kofte (bola daging) atau manti (makanan serupa pangsit).

  • Uzan Et Mangal

Saat pertama kali mengunjungi restoran ini, orang-orang mungkin akan tertipu dengan dekorasi dan interior yang terlihat sederhana. Padahal, Uzan Et Mangal menyediakan menu-menu yang dapat memanjakan lidah. 

Sebut saja baklava, kanafi (pastry manis dengan lapisan keju serta taburan kacang pistachio), lokum (dessert mirip agar-agar kering), aneka steak, serta soujouk (sosis kaya rempah khas Turki). 

  • Kofteci YUSUF

Kofteci YUSUF merupakan restoran yang memiliki banyak cabang di kota Bursa.  Restoran ini terkenal dengan kofte-nya. Selain itu, Kofetcu YUSUF juga menyediakan menu lain yang bisa dinikmati seperti ayran (minuman yogurt), kuzu sis (sate domba), dan tavuk (berbagai masakan ayam).

  • Selcuk Restaurant

Restoran ini termasuk yang tertua di Bursa dan terkenal dengan hidangan tradisional Turki dan makanan internasional. Di Selcuk Restaurant, pengunjung bisa menikmati hidang utama yaitu ali nazik (daging domba dengan terong panggang dan yogurt), keju Beyaz dengan melon, serta salad Russia dengan hummus sebagai dressing.

  • Hayat Lokantasi

Hayat Lokantasi adalah restoran yang menyediakan makanan khas Turki serta hidangan zaman Kekisaran Ottoman. Di restoran ini, pengunjung dapat menikmati hidangan klasik seperti daging domba yang dimarinasi dengan buttermilk dan disajikan bersama pilaf (nasi goreng khas Turki).  

Selain itu, ada pula menu lain seperti borek (pie Turki) dengan sayuran, helvasi (dessert dengan rasa manis), kebab kambing, dan menu sarapan ala Turki.

Setelah melihat rekomendasi makanan serta restoran yang ada di Bursa, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi kota tersebut dalam wisata kuliner Turki

Posting Komentar

0 Komentar