Investasi Pendidikan, Menjamin Masa Depan Anak dengan Cuan Besar

Investasi Pendidikan, Menjamin Masa Depan Anak dengan Cuan Besar.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Jamin masa depan – keberlanjutan dan kualitas – pendidikan anak bahkan sejak dini melalui investasi pendidikan yang sesuai, aman, dan menguntungkan.

Pendidikan merupakan salah satu investasi masa depan dan investasi pendidikan adalah satu hal yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasinya. Apalagi, biaya pendidikan terus meningkat dan bahkan menjadi momok bagi kebanyakan orang tua.

Guna menjamin keberlanjutan pendidikan buah hati atau bahkan untuk mendapatkan jaminan pendidikan yang berkualitas, orang tua mutlak menyisihkan untuk tabungan pendidikan. 

Termasuk rekening tabungan biasa, ada beberapa pilihan produk investasi yang bisa dipertimbangkan untuk memastikan atau mengamankan biaya pendidikan anak. 


Tabungan Pendidikan

Tidak bisa dimungkiri bahwa kebanyakan orang mengandalkan satu rekening tabungan untuk semua kebutuhan atau persiapan masa depan.

Ada baiknya apabila biaya pendidikan diberikan rekening tabungan tersendiri atau khusus. Kenapa demikian? Tabungan khusus ini akan mewajibkan adanya setoran rutin wajib setiap bulan dalam jumlah tertentu, dan biasanya berjangka.

Jenis rekening akan memotivasi orang tua atau siapa pun untuk menabung secara konsisten sebagai persiapan modal pendidikan anak di masa depan.

Ciri khas tabungan khusus ini, antara lain:
  • berjangka
  • peraturan ketat terkait penarikan dana tabungan
  • “pemaksaan” menabung rutin setiap bulan, karena biasanya melalui metode “autodebet”
  • bunga lebih tinggi daripada rekening tabungan regular

Asuransi Pendidikan

Kita dapat mengartikan asuransi pendidikan sebagai salah satu jenis investasi pendidikan konvensional – gabungan antara rekening tabungan pendidikan berjangka dengan asuransi jiwa (khususnya bagi pihak tertanggung).

Pengertian di atas bisa dijabarkan lebih lanjut sebagai berikut.

Anak menyandang status sebagai ‘pihak tertanggung’ yang berhak mendapatkan (mewarisi) uang pertanggungan risiko apabila kedua orang tuanya meninggal dunia selama kepemilikan dan pembayaran asuransi pendidikan.

Si anak juga akan mendapatkan tabungan pendidikan berjangka saat mereka meneruskan jenjang pendidikan selanjutnya – SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi.

Singkatnya, dengan investasi pendidikan dalam bentuk asuransi pendidikan, orang tua dapat menjamin biaya pendidikan anak di tiap jenjang atau tingkatan pendidikan.

Deposito 

Salah satu kelebihan deposito dibandingkan tabungan konvensional adalah deposito lebih menguntungkan karena memiliki bunga yang lebih besar. Ya, bunga deposito memang cenderung selalu melampaui tingkat inflasi umum setiap tahunnya.

Kelebihan lain deposito sebagai tabungan atau bahkan investasi adalah tidak bisa sesuka hati atau kapan pun menarik dana tabungan. Deposito memiliki jangka waktu tertentu berdasarkan kesepakatan, misalnya minimal 5 tahun.

Deposito ini juga cocok untuk investasi jangka pendek pendidikan buah hati, misalnya dicairkan saat anak akan masuk TK atau SD.

Reksa Dana dan Saham

Dua instrumen investasi ini merupakan jenis yang cocok untuk perencanaan jangka panjang, contohnya untuk biaya masuk ke perguruan tinggi (kuliah)

Walaupun berisiko tinggi, investasi ini akan memberikan imbalan hasil yang juga tinggi, apalagi jika sampai lebih dari lima tahun.

Tidak perlu khawatir jika masih awam mengenai keduanya, ada tim manajer investasi yang akan membantu mengelolanya

Pastikan saja memilih entitas yang memiliki reputasi baik dan tepercaya, serta diawasi oleh lembaga OJK – Otoritas Jasa Keuangan.

Properti dan Emas

Properti 

Jika memiliki dana dalam jumlah besar untuk dana pendidikan anak, investasi properti bisa dipilih di sini. 

Dana tersebut dapat digunakan untuk membeli aset tanah atau properti seperti rumah, dll.
Kenapa memilih properti sebagai investasi? Nilai objek properti cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya, khususnya jika memiliki lokasi yang strategis.

Emas 

Logam mulia ini dinilai terus mengalami kenaikan nilai komoditas yang terus menanjak. Bahkan, emas dianggap sebagai salah satu instrumen investasi yang mampu menjaga nilai aset atau harta.

Memiliki peningkatan yang berada di atas tingkat inflasi umum tahunan, emas layak dipertimbangkan sebagai salah satu instrumen investasi untuk dana pendidikan anak.

Kelebihan utama lainnya adalah logam mulia ini memiliki sifat sangat cair, yang berarti dapat diuangkan sesuka hati, kapan saja, dengan cepat. 

Setelah mengetahui beberapa potensi pilihan instrumen investasi di atas, orang tua dapat memilih mana yang kira-kira cocok dengan kemampuan mereka sendiri dan kebutuhan si anak. Perhatikan pula tingkat risiko masing-masing. 

Salah satu cara menghindari risiko tidak terduga di masa depan adalah melalui perencanaan keuangan yang matang. Salah satunya adalah biaya pendidikan anak. Investasi pendidikan perlu dipersiapkan bahkan sejak dini untuk menjamin keberlanjutan dan kualitas pendidikan anak, serta mengantisipasi hari tua atau bahkan hari depan.



Referensi:
https://www.bcalife.co.id/info/infografis/5-pilihan-investasi-pendidikan
https://unik-kediri.ac.id/?p=776#:~:text=Investasi%20pendidikan%20adalah%20cara%20berinvestasi,jenis%20investasi%20yang%20lainnya%2C%20Mengapa%3F
https://www.hsbc.co.id/1/PA_esf-ca-app-content/content/indonesia/personal/offers/news-and-lifestyle/files/articles/html/202004/investasi-tepat-sebagai-persiapan-tabungan-pendidikan.html

Posting Komentar

0 Komentar