Rumah Tanpa Pagar? Intip Yuk Inspirasi Desainnya!

Rumah tanpa pagar bisa estetik jika kamu tahu cara untuk mendesainnya. Cek inspirasinya di bawah ini.

Inspirasi Design Rumah Tanpa Pagar.
Foto: Unsplash

Pagar adalah salah satu komponen dekorasi sekaligus keamanan di rumah. Namun, dalam beberapa kondisi, pagar rumah tidak diperlukan dan kadang memakan banyak ruang. Di kompleks perumahan dengan fasilitas security dan gerbang utama, pagar rumah tidak lagi menjadi kebutuhan. Dengan kondisi ini, desain rumah tanpa pagar perlu dipikirkan agar rumah tetap terlihat estetik.

Ketiadaan pagar tidak membuat rumah menjadi kehilangan sisi artistiknya. Beberapa inspirasi rumah menarik tanpa pagar ini bisa kamu contoh untuk mewujudkan hunian masa kini yang nyaman.

Memanfaatkan Teras yang Nyaman

Keberadaan teras dengan separuh dinding pembatas bisa menjadi aksen nyaman bagi rumah tanpa pagar. Penggunaan separuh dinding ini bisa membuat teras menjadi lebih private dan personal tanpa membuat rumah terasa sempit.

Kamu bisa memanfaatkan tanah di area taman untuk memperpanjang teras sehingga teras pun terasa lega dan nyaman sebagai tempat untuk bersantai. Taruh kipas angin luar ruang untuk menyejukkan teras di tengah udara panas.

Selain mendekorasinya hingga terlihat apik, kamu juga harus menyapu dan membersihkan area teras agar rumah tidak terlihat kumuh dan kotor.

Mewujudkan Taman yang Cantik

Pengganti teras lain yang banyak direkomendasikan untuk hunian mungil adalah taman. Taman bisa menjadi penyegar sekaligus dekorasi menawan di bagian depan rumahmu

Kamu bisa menambahkan pohon seperti palem kuning, cemara putri, atau pohon estetik lainnya yang tidak terlalu besar tetapi terlihat mewah. Kemudian, tambahkan aksen tanaman-tanaman lain yang lebih kecil untuk mengitarinya.

Sebagai sentuhan warna, kamu juga dapat menambahkan bunga-bunga. Namun, untuk rumah yang kecil, pilih bunga dengan warna-warna yang tidak terlalu ramai dan mencolok.

Deretan Pohon Kecil

Seretan semak atau pohon kecil yang ditanam berdekatan dapat menjadi penghalang alami menggantikan pagar. Pohon-pohon kecil dapat memberikan privasi dan keamanan sekaligus menambah estetika bagi hunian.

Kamu tidak harus membeli pohon-pohon pembatas yang setinggi pagar. Kamu bisa membeli pohon-pohon itu saat ukurannya kecil hingga mereka tumbuh sendiri. Perlu diingat bahwa pagar alami ini membutuhkan perawatan konsisten, minimal dengan memotong bagian-bagiannya yang berantakan secara rutin.

Menggunakan Dinding Sebagai Alternatif

Dinding yang terbuat dari batu bata, batu, atau beton bisa menjadi alternatif pagar yang tahan lama, kokoh, tetapi tidak kaku. Selain itu, dinding juga dapat memberikan insulasi tambahan dan pengurangan kebisingan.

Pada dinding, kamu bisa menambahkan aksen roster atau lubang-lubang untuk sirkulasi udara. Kamu juga dapat menambahkan lampu sorot untuk penerangan di area dinding.

Menggunakan Pot-Pot Besar

Deretan pot yang diisi dengan tanaman atau bunga dapat menciptakan penghalang alami yang memberikan batas jelas pada rumahmu. Sesuaikan desain pot dengan desain rumahmu. Atau, kamu bisa menggunakan pot-pot bergaya industrialis yang lebih netral.

Perhatikan posisi pot di depan rumahmu. Jangan sampai pot-pot besar menghalangi jalan masuk menuju rumah atau menyebabkan tamu dan penghuni tersandung.

Menggunakan Aksen Tangga

Aksen tangga di depan teras juga dapat dijadikan opsi untuk membuat rumah tanpa pagar menjadi lebih cantik dan estetik. Selain itu, aksen ini juga bisa membuat rumah dengan lahan terbatas menjadi lebih terlihat megah.

Meski begitu, perlu dipahami bahwa aksen tangga ini cenderung memakan banyak waktu dan biaya dalam proses pengerjaannya. Selain itu, kamu juga harus meninggikan bagian teras supaya aksen tangga bisa diaplikasikan.

Memperbaiki Carport dan Menambahkan Kanopi

Jika kamu memilih desain rumah tanpa pagar, kamu juga bisa menonjolkan bagian carport agar rumah terasa megah dan personal. Kanopi, selain memberikan karakter pada rumah, juga dapat melindungi kendaraanmu.

Beberapa jenis kanopi yang dapat dipilih untuk rumah modern antara lain adalah kanopi uPVC, glass, hingga polycarbonate. Kanopi dengan uPVC dan polycarbonate cenderung terjangkau. Sementara itu, kanopi glass harganya lebih mahal dengan desain lebih mewah.

Itulah berbagai rekomendasi ornamen dan jenis desain pengganti pagar untuk rumah minimalis.

Desain rumah tanpa pagar bisa terlihat menawan jika ditata dengan baik dan sesuai fungsinya. Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan berbagai faktor terlebih dahulu, mulai dari privasi, estetika, hingga pemeliharaannya. 

Jangan lupa untuk memastikan daerah sekitarmu memang aman apabila kamu berniat untuk memilih desain rumah tanpa pagar.

Posting Komentar

0 Komentar