Mengapa Apartemen Masih Menjadi Pilihan Hunian yang Populer di Kota-kota Besar?

Mulai dari lokasi strategis, harga terjangkau, lengkapnya fasilitas yang tersedia, hingga prestise, menjadi alasan apartemen lebih disukai di kota-kota besar.


Apartemen Jadi Pilihan Hunian Populer di Kota Besar
Ilustrasi Apartemen, Pilihan Hunian Populer di Kota-kota Besar.
Foto: Unsplash

Dibandingkan rumah, apartemen menjadi hunian masa kini yang lebih banyak diminati. Bukan soal keren semata, kenapa kaum milenial memilih apartemen. Naiknya harga unit rumah di perkotaan membuat masyarakat kini memilih apartemen yang umumnya berada di tengah kota.

Apabila ingin membeli rumah dengan harga terjangkau, tentu pilihannya mencari rumah yang ada di pinggiran kota atau berada di kawasan penyangga. Sayangnya, bagi banyak orang yang bekerja di tengah kota, pilihan ini semakin memberatkan mereka.

Ada beberapa alasan lain kenapa apartemen menjadi hunian yang lebih dipilih di kota-kota besar. Apa saja sih?

  • 1. Lokasi Strategis

Seperti disebutkan barusan, kebanyakan apartemen dibangun di lokasi yang strategis, seperti kawasan bisnis, pusat perbelanjaan, dekat dengan transportasi umum, atau berada dekat dengan fasilitas umum lainnya

Inilah yang menjadi salah satu keunggulan apartemen. Mereka berada di pusat kota dengan aksesibilitas yang baik dan memiliki banyak fasilitas umum di sekitarnya. Hal ini pula yang menjadikan apartemen sebagai investasi yang menjanjikan.

  • 2. Harga Lebih Terjangkau

Alasan lain apartemen lebih banyak dipilih di kota-kota besar adalah tentu karena harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan harga rumah, terutama rumah dengan lokasi yang sama, yaitu di tengah kota. 
Luas bangunan apartemen yang lebih mungil dibandingkan rumah tidak menyurutkan keinginan anak muda sekarang untuk lebih memilih apartemen. Walaupun kecil, apartemen tentu memiliki ruangan-ruangan layaknya rumah, seperti kamar tidur, dapur, ruang keluarga, dan kamar mandi.

  • 3. Ketersediaan Fasilitas

Keuntungan lain tinggal di apartemen adalah banyaknya fasilitas yang memudahkan dan memang diperuntukkan untuk penghuni apartemen. Mulai dari kolam renang, mini market, apotik, pusat kebugaran, jogging track, area bermain, dan fasilitas lainnya tersedia di area gedung apartemen.

Selain itu, apartemen juga menawarkan jasa laundry yang bisa diambil dan diantar langsung ke masing-masing unit. Segala kebutuhan bisa dipenuhi dengan cukup praktis.

  • 4. Tingkat Keamanan yang Tinggi

Kamera pengawas di gedung apartemen terpasang selama 24 jam. CCTV juga ditempatkan di setiap sudut. Bahkan, beberapa apartemen sudah menerapkan CCTV yang tidak hanya bisa merekam video, tapi memiliki face recognition atau motion recognition sehingga kejahatan lebih mudah dikenali.

Selain CCTV, apartemen juga dijaga petugas security yang bertugas seharian penuh secara bergantian. Petugas keamanan ini memastikan lingkungan apartemen tetap aman dan kondusif. Setiap unit apartemen juga banyak yang telah menggunakan smartlock yaitu sistem membuka pintu apartemen menggunakan nomor kombinasi atau sidik jari.

  • 5. Minim Biaya Perawatan

Bisa dibilang, maintenance apartemen jauh lebih murah dan lebih mudah dibandingkan maintenance rumah. Misalnya saja, kalau di rumah ada masalah pipa air bocor, maka kamu harus mencari tukang sendiri untuk memperbaikinya.

Di apartemen, masalah air, sampah, listrik, dan lainnya semuanya dikelola dan diatur oleh pihak pengelola apartemen. Kamu cukup membayar biaya perawatan saja setiap bulannya. Ini juga bisa menghemat waktu banget.

  • 6. Investasi

Selain menjadi hunian yang strategis dan praktis, apartemen juga menjadi investasi yang menjanjikan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Kamu bisa menyewakan unit apartemen kamu atau menjualnya kembali dengan harga yang tinggi.

Harga sewa dan harga jual apartemen selalu tinggi karena fasilitas-fasilitas yang tersedia tadi. Belum lagi lokasinya yang strategis. Karena alasan inilah banyak investor berinvestasi apartemen. 

  • 7. Prestise

Kenapa apartemen lebih banyak disukai kaum milenial dibandingkan orang tua? Hal ini karena tinggal di apartemen memberikan nilai prestise tersendiri. Lengkapnya fasilitas yang tersedia dan cocoknya dengan kehidupan modern, meningkatkan prestise bagi pemilik apartemen.

Belum lagi komunitas yang dimiliki oleh para penghuni apartemen karena kebiasaan mereka bertemu di tempat gym atau jogging track. Mereka tentu tidak ingin ketinggalan lifestyle tersebut.

Itu tadi beberapa alasan yang menjadikan apartemen hunian yang lebih populer di kota-kota besar. Selain sebagai tempat tinggal, apartemen juga menjadi investasi yang bagus. Kalau kamu, pilih apartemen atau rumah?

Posting Komentar

0 Komentar