Desain Rumah yang Cocok untuk Keluarga Besar dengan Anak-anak!

Mencari ide desain rumah yang bisa membuat anak-anak aman dan nyaman berada di dalamnya? Berikut ini desain yang bisa kamu tiru.



Ketika menentukan desain rumah, hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah bagaimana desain tersebut nantinya bisa cocok dengan kebutuhan. Hal ini terutama sangat penting buat kamu yang memiliki anak-anak atau berencana memiliki anak. 

Ada cukup banyak hal yang harus dipikirkan saat melakukan desain rumah yang nantinya akan dihuni anak-anak, mulai dari segi keamanan, pengawasan, hingga menentukan permukaan yang tidak mudah kotor. Selain keamanan anak, kenyamanan juga menjadi faktor lain yang perlu dipertimbangkan.

Nah, bagaimana sih desain rumah yang cocok untuk keluarga besar dengan anak-anak? Simak yuk ide-ide menarik dan bermanfaat di bawah ini

.

Denah Lantai Terbuka

Sebaiknya pilih desain ruangan tanpa sekat, di mana ruang keluarga, ruang  bermain anak, dan dapur terletak di satu lantai tanpa dinding pemisah. Selain bisa menciptakan nuansa ruangan yang lebih lega dan lapang, desain seperti ini juga memudahkan orang dewasa untuk mengawasi anak-anak.

Desain Lantai Terbuka Untuk Rumah Keluarga Besar dengan Anak-anak.
Foto: Unsplash

Bahkan saat orang tua berkutat di dapur, mereka masih bisa mengawasi anak mereka yang sedang bermain. Dalam mendesain denah lantai terbuka, kamu harus cukup pintar menata furnitur. Jangan sampai membuat kesan yang terlalu luas dan malah berakhir terlihat membosankan. 

Dapur yang Aman

Banyak orang sependapat bahwa dapur merupakan jantung rumah karena di sanalah banyak aktivitas berpusat. Karena itulah, perencanaan yang hati-hati sangat krusial. Apabila kamu memiliki ruang dan anggaran yang cukup, bangun ruang transisi kecil antara ruang makan dan dapur.

Desainlah Rumah Kamu dengan Dapur yang Aman untuk Anak-anak.
Foto: Unsplash

Selanjutnya, pastikan dapur kamu memiliki cukup banyak ruang penyimpanan sehingga tidak ada peralatan makan dan memasak yang diletakkan di tempat terbuka. Stopkontak harus dibuat tersembunyi dan aman dari jangkauan anak-anak.
 

Ruang Laundry yang Praktis

Saat memiliki anak, cucian menjadi tugas harian yang tidak bisa dilewatkan. Karena kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk mengurus cucian kotor, sebaiknya rencanakan ruangan laundry yang praktis.

Desainlah Ruang Laundry yang Praktis.
Foto:Unsplash

Tidak perlu besar, yang penting ruangan tersebut bisa mengakomodasi semua kebutuhan kamu mulai dari mencuci, mengeringkan, hingga menyetrika. Manfaatkan rak yang menempel di dinding agar praktis dan muat banyak. 

Penyimpanan dan Penyimpanan

Kamu akan membutuhkan cukup banyak laci, rak, atau tempat penyimpanan lain. Akan ada cukup banyak barang yang harus disimpan dengan rapi, seperti mainan, koleksi buku, atau peralatan tulis. Karenanya, gandakan ruang penyimpanan kamu baik di kamar tidur anak, ruang keluarga, dapur, dan bahkan kamar mandi.

Ilustrasi Tempat Penyimpanan untuk Rumah Keluarga Besar.
Foto: Unsplash

Supaya desain ruangan kamu terlihat minimalis, rapi, dan modern, bahkan saat kamu menggandakan ruang penyimpanan, kamu bisa menggunakan lemari built-in. Lemari built-in adalah lemari custom yang dibangun menyatu dengan bagian dinding. 

Perabot Tahan Lama

Ketika melibatkan anak-anak, memilih perabot dan pelapis yang tahan lama merupakan investasi. Kekacauan yang anak-anak lakukan tidak akan memengaruhi perabot kamu jika kamu memilih item yang berkualitas sebelumnya.

Pilihlah Perabot yang berkualitas.
Foto: Unsplash

Untuk lantai, dibandingkan memilih lantai kayu yang mudah kotor dan mahal saat harus menggantinya, kamu bisa memilih menggunakan keramik yang permukaannya halus. Hal yang sama juga berlaku untuk furnitur atau aksen rumah seperti karpet, tirai, atau sofa.

Ruang Bermain

Apabila lahan yang kamu miliki cukup luas, pertimbangkan mendesain ruang bermain khusus anak. Kamu bisa meminta mereka untuk melakukan kerajinan mereka di ruang bermain ini dan minta mereka untuk menyimpan semua mainan di ruangan tersebut.'

Ruang Bermain, Desain Rumah untuk Keluarga Besar dengan Anak-anak.
Foto: Unsplash

Saat mereka tumbuh remaja, ruangan ini masih bisa dimanfaatkan untuk ruangan belajar atau perpustakaan kecil. Mereka bisa mengajak teman mereka datang ke rumah dan bermain di area ini.

Sudut Prestasi

Buatlah area untuk menghargai dan membuat anak bangga dengan hasil karya dan prestasi mereka. Kamu bisa menggunakan papan atau sisi dinding kosong penuh untuk memajang gambar, kerajinan, atau medali anak.

Sudut Prestasi Untuk Desain Rumah Besar.
Foto: Unsplash

Sebaiknya, pilih sudut prestasi di ruang keluarga atau area yang mudah terlihat. Selain membuat anak bangga, sudut prestasi ini juga bisa membuat ruangan kamu lebih berwarna.

Itu tadi desain rumah yang cocok untuk keluarga besar dengan anak-anak. Konsep ruang terbuka dan ventilasi alami akan membuat rumah kamu terasa lebih luas dan cerah. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar