Tips Menarik untuk Membuat Taman di Rumah Terlihat Lebih Cantik!

Taman di rumah memberikan nyawa dan kebahagiaan lebih bagi pemiliknya. Simak tip mendekorasi taman agar lebih indah. 

Tips Menarik untuk Membuat Taman di Rumah Terlihat Lebih Cantik!
Tips Menarik untuk Membuat Taman di Rumah Terlihat Lebih Cantik!

Terletak di depan, taman di rumah adalah wajah dari rumahmu. Menghias taman adalah cara untuk membuat rumah terlihat elok dan menawarkan rasa nyaman bagi penghuninya.

Taman yang rapi dengan berbagai macam tanaman juga bermanfaat meningkatkan kualitas udara di area rumah. Rumah tidak terasa pengap dan lebih segar. Pemilik di dalamnya pun akan merasa lebih bahagia karena taman bisa dijadikan sebagai tempat istirahat sekaligus tempat bersosialisasi. 

Begitu banyak inspirasi taman-taman yang indah, tetapi mengaplikasikannya mungkin tidak semudah yang kita kira. Namun, kamu tidak perlu bingung saat akan memulai proses dekorasi taman. Beberapa cara ini akan membantumu untuk mewujudkan taman yang elok.

Merencanakan Tata Letak Taman di Rumah

Sebelum kamu mulai menambahkan dekorasi ke dalam tamanmu, ada baiknya merencanakan tata letak taman terlebih dahulu.  Pikirkan dan buat denah kasar area tamanmu, dan buat rencana tentang bagaimana kamu ingin menggunakan setiap ruang. Perencanaan ini dapat membantumu memilih dekorasi yang tepat dan menciptakan tampilan taman kohesif, padu, serta rapi.

Pada saat merencanakan tata letak taman, kamu juga bisa membuat daftar mengenai tanaman atau ornamen apa saja yang akan menghiasi tamanmu. Misalnya, dekorasi dinding, lampu taman, dan tanaman-tanaman di dalamnya.

Tonjolkan Tanaman-Tanaman Segar

Tanaman dan bunga adalah cara yang efektif untuk menambah warna di taman dan membuatnya terasa lebih hidup.  Pertimbangkan untuk menanam beberapa pohon, semak, atau bunga di lokasi strategis untuk menciptakan lanskap yang menarik secara visual.

Perlu diingat bahwa kamu tidak perlu menambahkan terlalu banyak tanaman, apalagi jika ukuran tanaman-tanaman tersebut besar. Beli dan tanam tanaman-tanaman secukupnya. Jika kamu sudah membeli satu atau dua tanaman besar, kombinasikan dengan berbagai tanaman kecil.

Buat Jalan Menuju Taman

Jalan menuju ke taman bisa menjadi panduan bagi penghuni dan para tamu untuk menuju taman atau teras dan membuatnya lebih menarik.  Untuk membuat jalan setapak yang estetik ini, kamu dapat menggunakan bahan seperti kerikil, batu, atau batu bata. Gunakan elemen-elemen yang cukup aman untuk dipijak supaya jalan setapak ini tidak melukai siapa pun.

Menambahkan Tempat Duduk di Taman 

Taman adalah salah satu tempat yang tepat untuk beristirahat dan bersantai. Apalagi, saat udara sedang sangat bersahabat.

Daripada hanya sekadar sebagai sudut yang bersifat dekoratif, kamu bisa mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa pilihan tempat duduk seperti bangku, kursi, atau bahkan tempat tidur gantung.  Keberadaan tempat duduk akan membuat taman semakin nyaman dan mengundang para tamu untuk menikmati waktu di sana.

Pilihlah bangku-bangku yang tahan air sehingga mudah untuk dibersihkan. Kursi sofa dengan bahan busa sangat tidak direkomendasikan untuk penggunaan luar ruang karena sulit dicuci dan tidak tahan terhadap udara luar.

Maksimalkan Pencahayaan

Menambahkan lampu-lampu ke taman Anda dapat menciptakan suasana yang romantis dan berkelas, terutama di malam hari. 

Kamu bisa memilih beberapa opsi pencahayaan luar ruangan seperti lampu bulat besar atau bahkan lampu-lampu sorot kecil untuk memberi perhatian pada area tertentu di taman Anda. Pastikan kamu tidak memilih lampu yang terlalu terang agar tidak mengganggu pemandangan pada malam hari.

Gunakan Elemen yang Dekoratif dan Menarik

Jika kamu masih punya sisa ruang, kamu bisa menambahkan elemen dekoratif seperti pahatan, air terjun mini, aksen bambu,atau bahkan sangkar burung.  Elemen-elemen dekoratif ini memberikan nyawa lebih kepada taman yang kamu miliki.

Namun, kamu harus mengukur luas tamanmu terlebih dahulu sebelum menambahkan elemen dekorasi. Karena, jika taman terlalu sempit, sebaiknya jangan terlalu banyak menambahkan elemen dekorasi.

Pada dasarnya, kunci untuk mendekorasi taman yang tepat adalah menciptakan ruang yang kamu  sukai, sehat, dan tidak mengganggu lingkungan sekitar. Dengan perencanaan matang dan kreativitas, kamu dapat mengubah tamanmu menjadi surga yang begitu indah dan memberikan kesan bersahabat bagi rumahmu.

Taman di rumah adalah wajah di rumahmu yang akan menentukan kesan pertama bagi siapa saja yang memandangnya. Apakah kamu sudah menentukan tema seperti apa yang kamu gunakan? Pilihlah dengan bijak dan jangan terburu-buru dalam mendekorasi taman yang ada di rumahmu. 


Posting Komentar

0 Komentar