Cara Membuat Desain Interior Rumah Minimalis yang Tetap Elegan

Rumah mungil bukan halangan untuk menciptakan hunian berkelas. Simak beberapa tip desain interior elegan untuk rumah minimalis.



Banyak orang salah kaprah mengenai rumah yang nyaman dan berkelas. Kebanyakan dari mereka akan berpikir mengenai rumah yang mahal dan besar. Namun, kesan dari sebuah rumah sebetulnya terletak pada desain interior pada rumah tersebut.

Rumah yang kecil pun dapat terlihat berkelas jika kamu menata bagian dalamnya dengan tepat. Jika kamu bingung untuk memulai proses desain rumah, beberapa cara efektif ini bisa kamu ikuti. Yuk, wujudkan rumah idaman sekarang juga.

Mengukur Luas Rumah

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengukur luas rumah beserta ruangan-ruangan yang ada di dalamnya. Beberapa desain terlihat bagus secara visual, tetapi belum tentu cocok diaplikasikan pada rumah yang ukurannya berbeda.

Mengukur luas rumah akan membantu kamu untuk lebih mudah menempatkan beberapa perabot dan juga mengostumisasi ornamen seperti wallpaper misalnya. Pastikan melakukan pengukuran dengan menggunakan meteran yang akurat.

Menentukan Tema

Setelah mengetahui luas rumah dan ruangan-ruangan di dalamnya, kini lebih mudah bagi kamu untuk menentukan tema yang tepat. Ada beberapa tema andalan rumah berukuran kecil yang sedang trendy beberapa waktu belakangan ini. Misalnya, tema industrialis, minimalis, shabby-chic, dan rustic.

Untuk menentukan tema yang tepat, kamu bisa mengumpulkan gambar-gambar inspiratif dari berbagai sumber dan meletakkannya di dalam moodboard. Kemudian, bandingkan tema demi tema dan lihat mana yang sesuai dengan rumah dan seleramu.

Kamu juga bisa meminta rekomendasi dari desainer interior untuk menentukan tema terbaik untuk rumah.

Jangan Impulsif

Kegiatan mendesain rumah memang membuat kita bersemangat. Namun, beberapa orang menjadi impulsif pada saat melakukannya. Mereka cenderung membeli terlalu banyak perabot dan ornamen untuk menghiasi rumah. Padahal, tidak semua perabot dan ornamen itu terpakai.

Lebih baik, batasi pembelian perabot dan ornamen Anda. Buat daftar mengenai mana saja perabot dan dekorasi yang wajib untuk diprioritaskan, mana yang tidak perlu dibeli. Daftar itu akan menjagamu dari keinginan untuk berbelanja terlalu banyak perabot dan home decoration.

Pilih Perabot Multifungsi

Rumah minimalis mungkin tidak dapat mengakomodasi semua kebutuhan perabot. Jika keadaannya seperti itu, perabot multifungsi adalah solusi yang tepat. Perabot multifungsi dapat memenuhi dua bahkan tiga kebutuhan rumah tangga.

Tidak hanya memiliki kelebihan dari segi fungsi, perabot yang multiguna ini juga kerap berfungsi sebagai ornamen dekorasi. Maka dari itu, pilih perabot multifungsi yang senada dengan warna lantai dan juga dinding.

Pilih Warna yang Netral

Menghias rumah minimalis memang agak tricky. Lantaran adanya keterbatasan ruang, mau tidak mau kamu harus memilih warna yang memberikan kesan luas. Hindari tabrakan warna terutama di ruang-ruang utama seperti misalnya ruang keluarga.

Beberapa warna "aman" yang dapat kamu pilih antara lain adalah warna tanah seperti krem cerah dan coklat atau warna-warna monokromatik seperti abu-abu cerah dengan sedikit sentuhan warna hitam.

Atau, jika kamu ingin bermain dengan warna, kamu bisa menggunakan warna-warna cerah seperti kuning atau hijau muda. Namun, pastikan warna-warna itu tidak bertabrakan supaya rumah tidak terlihat pengap.

Gunakan Kaca

Meletakkan kaca pada beberapa bagian rumah akan memberikan kesan yang lebih luas. Kamu bisa menempatkan kaca pada beberapa bagian rumah, seperti di area ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang tidur.

Pilihlah kaca sesuai dengan ukuran ruang dan kebutuhan. Di kamar, kamu bisa menggunakan kaca meja dan kaca standing. Sementara itu, di bagian ruang tamu, kamu bisa menggunakan kaca dinding dengan pinggiran yang menarik.

Gunakan Hiasan Tanaman

Tambahkan sentuhan tanaman-tanaman sebagai desain interior di dalam rumahmu. Tanaman hijau akan membuat rumah terlihat lebih asri dan bersahabat. Kamu bisa memilih indoor plants untuk membuat udara menjadi segar. 

Namun, jika kamu tidak punya waktu untuk merawat semua tanaman, kamu bisa menggunakan tanaman kaktus atau mengombinasikannya dengan tanaman palsu.

Sisakan Ruang

Tidak semua sudut di dalam rumah harus diisi. Sisakan ruang kosong pada beberapa sudut agar rumah terlihat lebih lega. 

Agar bagian-bagian kosong itu tidak terlihat monoton, kamu bisa menambahkan hiasan dinding atau kaca dinding.

Dengan pengaplikasian desain interior yang tepat, rumah mungilmu akan terlihat cantik dan juga lebih lega. Pertimbangkan baik-baik saat akan menggunakan desain atau perabot tertentu agar desain rumah menjadi sesuai yang kamu inginkan.

Posting Komentar

0 Komentar