Membeli Rumah Pertama? Simak 10 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan!

Membeli rumah pertama adalah komitmen jangka panjang. Simak 10 hal yang wajib diperhatikan agar tidak salah pilih hunian.

Membeli Rumah Pertama
Foto. Unsplash

Membeli rumah untuk yang pertama kalinya adalah pengalaman yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Bagi banyak orang, ini merupakan sebuah kesuksesan personal yang patut untuk dirayakan. Sayang, banyak yang terjebak akan euforia ini hingga pada akhirnya melakukan beberapa kecerobohan saat membeli rumah pertama.

Rumah adalah aset dengan harga relatif tinggi, komitmen jangka panjang, dan likuiditas yang cukup rendah. Maka dari itu, kamu harus sangat berhati-hati dan selektif pada saat memilih rumah pertama.

Agar pengalaman membeli rumah pertama tidak menjadi sesuatu yang traumatis dan merugikan, simak beberapa tip efektifnya di sini.


1. Buat Daftar Kebutuhan kamu 

Kamu bisa menemukan jenis, harga, dan lokasi rumah yang tepat dengan memahami kebutuhanmu terlebih dahulu. Pertama-tama, pikirkan di mana kamu beraktivitas dan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk pergi dari rumah ke kantor? Moda transportasi seperti apa yang kamu butuhkan? Apakah kamu memiliki anak dan membutuhkan lembaga pendidikan yang bagus?

Hal-hal semacam itu harus menjadi pertimbangan sebelum kamu memilih rumah. Pastikan rumah yang kamu beli dapat sejalan dengan semua kebutuhan Anda.

2. Riset Lokasi dan Harga

Setelah mengetahui semua kebutuhanmu, kini saatnya untuk melakukan riset lokasi dan harga. Buat daftar dan peta mengenai rumah mana saja yang sesuai untuk kondisi finansial dan aktivitasmu.

Untuk melakukan riset ini, kamu tak perlu harus benar-benar menyambangi semua lokasi. kamu dapat meriset mengenai hunian yang layak kamu beli melalui Internet. Setelah mengerucutkan kandidat rumah layak huni untukmu, baru kamu bisa melakukan cek lokasi.

3. Cek Lokasi Rumah

Kini, saatnya bagi kamu untuk mengecek lokasi rumah. Pastikan bahwa lokasi rumah yang kamu inginkan sesuai dengan ekspektasi Anda, memiliki akses yang baik, dan tidak terletak di area yang berbahaya. Pengecekan ini penting terutama jika kamu sudah memiliki anak.

4. Cek Legalitas Rumah

Baik membeli rumah baru mau pun bekas, kamu harus memastikan bahwa legalitasnya jelas. Jika kamu membeli rumah bekas, tanyakan kepada pemilik surat-surat dari rumah ini. Sementara itu jika kamu membeli rumah baru dari pengembang, cek legalitasnya melalui situs resmi https://sireng.pu.go.id.

5. Lihat Rekam Jejak Pengembang

Rekam jejak pengembang juga penting untuk diperhatikan jika kamu berminat membeli aset di sebuah perumahan. Amati bagaimana pembangunan proyek-proyek yang sebelumnya dilakukan oleh pengembang. Lihat apakah pengembang memiliki komitmen untuk mewujudkan apa yang dipasarkan sebelumnya atau tidak.

6. Lihat Potensi Banjir

Sebagus apa pun sebuah aset properti, banjir akan sangat mengurangi nilai dan kenyamanan di dalamnya. Apalagi, jika properti tersebut terkena banjir tahunan. Sebagai penghuni, kamu mau tidak mau harus mengalami kerugian setiap tahunnya. Selalu hindari properti yang berpotensi besar terkena banjir dan risiko bencana alam lainnya.

7. Cek Sarana Prasarana

Bukan hanya akses transportasi, penting juga untuk memperhatikan bahwa sebuah rumah dikelilingi sarana prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana penting tersebut meliputi tempat berbelanja bahan pokok, pelayanan kesehatan, dan sekolah.

8. Pilih Cara Pembayaran yang Sesuai

Ada beberapa metode pembayaran rumah yang bisa kamu pilih. Pertama, kontan atau cash. Kedua, angsuran beberapa kali. Yang ketiga, menggunakan metode KPR. Gunakan metode yang paling sesuai dengan kondisi keuangan kamu.

9. Pahami Komitmenmu

Jika kamu memilih metode KPR, kamu harus memastikan komitmen kamu sendiri. Ukur berapa beban pembayaran atau jangka wakfu yang bisa kamu tanggung setiap bulannya. Usahakan tidak berbenturan dengan kebutuhan kamu yang lain.

10. Pikirkan Kebutuhan Rumah Selanjutnya

Tidak semua rumah yang kamu beli betul-betul siap dihuni. Beberapa membutuhkan renovasi besar atau setidaknya membutuhkan tambahan perabot. Sebelum membeli rumah, pastikan kamu mempersiapkan bujet untuk hal tersebut. Pastikan rumah yang kamu beli bukan sekadar aset saja, tetapi juga bisa menjadi hunian yang nyaman.

Berbagai tip di atas bisa membantu kamu menentukan hunian yang layak dan tidak membebani kamu di masa depan. Jadi, sudah siapkah kamu membeli rumah pertama?

Posting Komentar

0 Komentar