Tips Dapat Rumah Siap Huni Harga Terjangkau Lokasi Strategis!

Bagaimana mendapatkan rumah siap huni dengan harga miring? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, misalnya mengikuti lelang rumah di bank.



Membeli rumah bagi sebagian besar orang merupakan tujuan finansial yang paling utama. Selain sebagai hunian, memiliki rumah juga menjadi investasi yang menguntungkan karena harga properti yang tidak pernah turun.

Dalam memilih rumah, tentu kriteria yang paling dicari adalah harga terjangkau dan lokasi strategis. Namun, kebanyakan rumah dengan lokasi strategis dipatok dengan harga fantastis. Lantas, bagaimana agar bisa mendapatkan rumah siap huni dengan lokasi strategis dan harga miring? Berikut tipsnya.

Lelang Rumah di Bank

Tips pertama mendapatkan rumah siap huni dengan harga murah adalah melalui rumah yang dilelang bank. Lelang properti ini merupakan program bank yang menjual rumah sitaan dari nasabah yang gagal menyelesaikan pinjaman KPR atau pinjaman lain dengan jaminan properti.

Rumah atau properti yang dilelang bank bisa lebih murah sepuluh persen dibandingkan membeli rumah baru. Sebelum membeli, kamu bisa melakukan survei terlebih dahulu  untuk menentukan apakah lokasi, bentuk, dan harga rumah sesuai dengan keinginan.

Rumah Sudah Tua

Dibandingkan membeli rumah yang benar-benar baru, kamu bisa mencari melalui lokasinya terlebih dahulu. Di lokasi yang kamu kehendaki, kamu bisa melakukan survei rumah-rumah yang dijual. Karena lokasi juga menentukan harga rumah, rumah baru dengan lokasi strategis biasanya dijual dengan harga yang tinggi.

Nah, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli rumah tua yang pastinya dijual dengan harga murah. Kamu bisa merenovasi rumah tua tersebut nantinya sesuai desain yang kamu sukai. Dengan begini, rumah siap huni dengan harga terjangkau bisa terealisasi.

Membeli Rumah Subsidi

Rumah subsidi merupakan program pemerintah yang memberikan kesempatan kepada masyarakat dengan penghasilan rendah untuk memiliki rumah pribadi. Rumah subsidi tentu dipatok dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan harga rumah di pasaran.

Rumah-rumah ini biasanya berlokasi di perumnas (perumahan nasional). Selain lebih murah tadi, bahan yang mereka gunakan tentu bahan terbaik yang telah dipilih oleh pemerintah. Lokasinya pun kebanyakan strategis. Rumah murah nggak harus murahan, kan?

Riset Online

Sama halnya mencari jodoh, membeli rumah pun memerlukan waktu dan pendekatan. Kamu harus memastikan sudah sreg dengan semuanya sebelum memutuskan untuk membeli. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan riset online. Tentu saja hal ini membutuhkan kesabaran.

Di platform online, kamu bisa mem-filter rumah sesuai yang kamu inginkan, mulai dari tipe, harga, lokasi, hingga kondisi rumah. Kebanyakan rumah yang dijual melalui situs jual beli properti online langsung menghubungkan pembeli dengan pemilik rumah.

Dijual Cepat

Pastinya kamu pernah kan, melihat rumah dengan spanduk terpasang bertuliskan “Dijual Cepat.” Umumnya, rumah yang dijual cepat dikarenakan pemilik rumah membutuhkan dana cepat.

Mereka juga berani menjual dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Kamu bisa mencari melalui situs di internet atau survei langsung. Walaupun dijual murah, pastikan mengecek kelengkapan surat-surat, seperti Surat kepemilikan tanah (SHM, SHGB, atau SHP), Akta Jual Beli, IMB, dan Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Beli Rumah di Zona Penyangga

Zona penyangga adalah kawasan di sekitar kawasan inti yang memengaruhi dan dipengaruhi oleh kawasan inti. Misalnya, apabila mencari rumah murah di Jakarta tampak mustahil, kamu bisa mempertimbangkan membeli rumah di zona penyangga seperti Bogor, Depok, Tangerang, atau Bekasi.

Harga rumah di zona penyangga cenderung lebih terjangkau dibandingkan zona inti, seperti Ibu Kota. Kawasan penyangga juga memiliki fasilitas umum yang sudah lengkap dan suasana lebih tenang.

Cari Perumahan Baru

Developer yang membangun perumahan baru seringnya memberikan harga khusus atau diskon kepada beberapa pembeli pertama mereka. Manfaatkan kesempatan ini. Harga tersebut biasanya akan naik dalam waktu enam bulan.

Agar tidak kehilangan kesempatan seperti ini, sering-seringlah datang ke pameran properti. Cari tahu apakah ada perumahan baru yang memberikan penawaran menarik. Pengembang properti tentu akan membangun pemukiman dengan lokasi bagus.

Itu tadi beberapa tips membeli rumah siap huni dengan harga terjangkau. Dalam membeli rumah, dibutuhkan ketelitian dan kesabaran. Pastikan kelengkapan surat, kondisi rumah, dan fasilitas umum yang tersedia. Selain itu, pastikan rumah tidak berada di lokasi rawan bencana.

Posting Komentar

0 Komentar