Megahnya Sunset Di Tempat Wisata Pantai Pangandaran (Kilas Balik)

Jalan-jalan ke Jawa Barat, nggak lengkap rasanya kalau belum sampai di tempat wisata pantai yang indah dan cukup megah yang satu ini. Ya, inilah Pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran memiliki kesamaan letak dengan Tempat Wisata Pantai Menganti, Yaitu terletak di sebelah selatan Pulau Jawa dimana pantainya menghadap langsung ke Samudera Hindia yang katanya punya karakteristik memiliki gelombang cukup tinggi dan arus air laut yang cukup besar.

Sunset di Pangandaran
Foto Siluet Sunset 2 Bocah Sedang Berjalan - 
Menyusuri Pantai Pangandaran.
Foto dokumentasi sparklepush.com

Sebenarnya sparklepush.com merasa terlalu terburu-buru memposting foto-foto siluet sunset di pantai pangandaran beberapa waktu silam.

Meskipun demikian, kenangan menikmati suasana riuhnya meresap sekali dalam kesunyian. Maksudnya sih waktu sparklepush.com berkunjung ke Pantai Pangandaran yang punya sunset megah ini tidak didampingi oleh siapapun alias solo touring. Nggak seperti perjalanan waktu jalan-jalan menuju Jalan Malioboro via Jalur Lintas Selatan yang tandem partnernya adalah Mas Wikan, salah satu youtuber pemula asal Purwokerto, Banyumas. 

Sebenarnya, jalan-jalan menuju Tempat Wisata Pantai Pangandaran yang sparklepush.com lakukan ini pun tak ada perencanaan sama sekali. Tidak seperti perjalanan menuju jalan malioboro tadi bersama Mas. Wikan. Ada bekal yang dibawa, walaupun hanya roti dan air mineral dalam kemasan. Tapi, plan perjalanan sudah terpetakan dengan baik. 

Lha ini, kalau klepusher bilang gabut ya pasrah sih, karena memang begitu kenyataannya. 

Start traveling dari markas sparklepush.com di Jl. DI Panjaitan kala itu sekitar jam 7 pagi menuju selatan ke arah Cilacap melalui jalan Patikraja - Rawalo dan hanya numpang lewat saja dari Bendungan Gerak Serayu. Cuma lewat saja, nggak sampai foto-foto

Jalan ini (Patikraja - Rawalo) menghubungkan banyak wilayah yaitu Kab. Banyumas, Kab. Cilacap dan Provinsi Jawa Barat. Nah, sebenarnya pada saat melintasi jalan-jalan ini, terpikirkan juga berkunjung ke Pantai Teluk Penyu. Tapi karena djaman doeloe sudah pernah, jadi akhirnya di sebuah pertigaan menuju cilacap - bandung, terpilihlah Bandung, Jawa Barat.

Niat banget jalan-jalannya, tapi nggak taunya ternyata otak ini menyusun rencana secara acak yang pada akhirnya terpusat pada tujuan akhir traveling yaitu ke Jawa Barat dan tepatnya di Pantai Pangandaran yang punya sunset termegah yang pernah didokumentasikan oleh sparklepush.com

Terkadang memang, prinsip "The Best Plan is No Plan" menjadi sesuatu yang menarik untuk dijajal karena ketidak tahuan kadang membuat dopamin dalam tubuh bekerja sehingga rasa bahagia karena ingin tahu dari sesuatu yang belum diketahui itu muncul. Mungkin lebih singkatnya bisa dibilang "Ingin mengobati rasa penasaran".

Gerbang Masuk Tempat Wisata Pantai Pangandaran.
Foto dokumentasi sparklepush.com

Perjalanan sempat terhenti untuk sekedar istirahat terutama untuk sarapan. 

Jujur sih, memang karena ini kegabutan yang tak direncanakan, bahkan sampai sarapan pun terabaikan. 

Untungnya, di sepanjang jalan masih ada mamang-mamang penjual bubur ayam yang masih buka.

Jadi, seketika mampir. Setelah perut sudah kenyang terisi, perjalananpun dilanjutkan. 

Singkat cerita traveling di 12 Desember 21 Jam 12:28 Siang sudah tiba di depan gerbang Pantai Pangandaran. Accidentaly Solo Riding pun Successfuly Complited.

Pada saat sampai di depan Pintu Masuk Objek Wisata Pantai Pangandaran ini, ada juga brader-brader lain dari plat jauh yang lagi ngadem. 

Selain punya sunset yang megah, tempat wisata pantai Pangandaran ini juga punya pintu gerbang yang cukup megah pula. Hampir mirip-mirip seperti pintu gerbang Tol. 

Untungnya, langit pada saat itu cerah sekali, sehingga birunya langit yang dihiasi awan-awan putih di dirgantara pangandaran terhiasi dengan baik oleh alam.

Seperti taman yang ada di sebelah kanan depan pintu masuk tempat wisata Pantai Pangandaran ini.

Di bawah pohon yang rindang, yang sepertinya cocok banget buat dijadikan peneduh halaman rumah ini, membentang landmark alun-alun Pangandaran yang menurut sparklepush.com tertata dengan indah.

Jalur Pedestrian yang luas diiringi tanaman hias palm yang berbanjar mengikuti jalanan. Beberapa bunga yang cukup umum seperti bougenvile pun turut merias alaun-alun indah ini.

Langit biru dan awan putih pun ikut menjadi elemen dalam foto-foto yang diabadikan saat itu oleh sparklepush.com 

Suasana taman/alun-alun Pangandaran.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Hunting foto-foto sunset yang megah menghabiskan waktu tunggu selama hampir 6 jam lebih, memang sangat menjemukan namun selama ada mereka yang tertawa dan gembira ria di setiap sisi Pantai Pangandaran ini, waktu tunggu untuk hunting foto munculnya sunset di pangandaran yang cukup lama pun terisi dengan menyaksikan kebahagiaan para wisatawan yang menghabiskan waktu liburan mereka di sini.

Sebelum hunting foto sunset saat traveling ke Pantai Pangandaran, sparklepush.com mengabadikan beberapa moment para pengunjung yang menikmati aktifitas liburan mereka di pantai ini.

Potret suasana pantai Pangandaran.
Foto dokumentasi sparklepush.com


Suasana Pantai Pangandaran.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Suasana Pantai Pangandaran. 
Foto dokumentasi sparklepush.com

Suasana Pantai Pangandaran.
Foto dokumentasi sparklepush.com

Waktu pun terus bergulir. Semakin lama, langit biru dan awan putih yang menghiasi Pantai Pangandaran ini pun lambat laun berakhir.

Langit yang tadinya biru menjadi redup dan awan-awan yang tadinya putih menjadi mega seiring hadirnya cahaya keemasan yang hadir bak pagelaran alam yang siap memanjakan mata para pengunjung dengan kemegahan-Nya Yang Maha Indah.

Siluet beberapa orang pengunjung yang menikmati suasana Pantai Pangandaran.
Foto dokumentasi sparklepush.com

Ini baru permulaan. 

Karena pada saat foto siluet beberapa orang pengunjung yang menikmati suasana Pangandaran di atas diambil pada pukul 17:28:33 berdasarkan data exif dari jepretan kamera sony dslr yang biasa dipake sparklepush.com.

Siluet sunset seorang pencari ikan dan senja di langit Pantai Pangandaran (12/12/21 17:39:58).
Foto dokumentasi sparklepush.com

Puncak cahaya keemasan di Pantai Pangandaran ternyata dimulai sekitar jam 17:30-an. Ya, waktu ini sudah mendekati waktu maghrib. 

Ada satu aktifitas yang menarik perhatian sparklepush.com pada sore itu, diamana ada seorang yang berdiri ke tepian laut hingga airnya setinggi paha si bapak menghadap ke laut sambil membawa jaring ikan. 

Dia terlihat menunggu waktu yang tepat untuk melempar jaringnya karena pada saat itu memang gelombang air laut agak tinggi di pantai pangandaran dari siang hingga menjelang sore. 

Siluet sunset terbaik di pantai pangandaran hasil jepretan sparklepush.com selama berada di pantai Pangandaran:

Siluet sunset seorang wanita berjilbab berjalan menyusuri pantai Pangandaran.
Foto dokumentasi sparklepush.com

Siluet sunset seorang pemuda yang berjalan ke arah barat Panta Pangandaran.
Foto dokumentasi sparklepush.com

Siluet sunset para pengujung yang masih asyik bermain di pantai Pangandaran.
Foto dokumentasi sparklepush.com




Salah satu hal yang membangongkan selama accidentaly solo touring ke Pantai Pangandaran adalah sparklepush.com telah menempuh perjalanan sejauh 119km lebih dan pulangnya hanya ditemani google map yang bawel.

Biasa lah, kalau disuruh "Turn Left" ya harus ikutan belok kiri, kalau dia bilang "Turn Right!", ya harus ikutan belok kanan. Kalau si google map-nya bilang "your destination is in your bla... blaa... blaaa...." ya tandanya udah sampai.

Rute Pantai Pangandaran - Purwokerto.
Foto Tangkaplayar Google Map


Posting Komentar

0 Komentar