Merasakan Keindahan Pemandangan Alam di Gunung Bromo, Jawa Timur!

Pemandangan Alam Gunung Bromo
Merasakan Keindahan Alam di Gunung Bromo. Foto Unsplash

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak pemandangan alam yang indah. Gimana nggak yah Klepusher, negara kita yang terletak di Asia Tenggara ini punya banyak sekali tempat wisata. Karenanya, nggak heran jika banyak sekali traveler dan tourist yang memilih Indonesia sebagai tujuan saat menghabiskan waktu liburan. Salah satunya Gunung Bromo.

Dari sekian banyak tempat wisata di Indonesia yang menawarkan keindahan pemandangan alam yang menawan, Gunung Bromo adalah tempat yang harus masuk ke daftar spot jalan-jalan. Gunung yang terletak di provinsi Jawa Timur ini berada di Kawasan Gunung Semeru dan terkenal hingga ke mancanegara. 

Selain pemandangan alam yang indah banget itu, Gunung Bromo juga dianggap suci oleh masyarakat Tengger (suku yang mendiami wilayah Gunung Bromo), bahkan konon katanya, nama gunung ini pun diambil dari nama dewa umat Hindu yaitu Brahma. Jika Anda belum memiliki rencana aktivitas yang akan dilakukan saat mengunjungi Gunung Bromo, maka inilah beberapa rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan di gunung dengan suhu yang dingin tersebut.

  • Melakukan Penanjakan 1 ke Gunung Bromo

Kegiatan pertama yang dapat Klepusher lakukan adalah melakukan penanjakan 1 ke Gunung Bromo dengan ketinggian 2.770 Mdpl.  Jalan-jalan ke Tempat wisata ini dinilai strategis untuk dapat menyaksikan matahari terbit dan dikenal sebagai Bromo Golden Sunrise. Itulho, Pemandangan Alam yang indah banget dan berbarengan dengan moment matahari terbit.


Jika ingin mencapai view point di Penanjakan 1, Klepusher dapat menggunakan kendaraan jeep yang beroperasi di sana karena lokasinya yang tinggi dan udaranya yang sangat sejuk. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda mengenakan jaket dengan bahan yang cukup tebal agar dapat menahan udara dingin yang sangat menusuk.

  • Melanjutkan Perjalanan ke Gunung Widodaren Bromo

Gunung yang tidak terlalu jauh dari lokasi Gunung Bromo dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Gunung Bromo. 

Gunung yang terletak pada ketinggian 2.614 meter di atas permukaan laut ini terkenal sering dijadikan sebagai tempat bertapa bagi sebagian penduduk asli suku Tengger dengan tujuan mencapai tingkatan Moksa (kesempurnaan). Selain alam dan pemandangannya yang indah, budaya di sana pun tak kalah menarik dan membuat para wisatawan ingin terus berkunjung ke sana.

  • Melihat Kawah Utama Bromo

Rasanya akan ada yang kurang jika mengunjungi Gunung Bromo, tetapi tidak mengunjungi Kawah Utama Bromo. Kawah ini termasuk ke dalam salah satu objek wisata terbaik yang ada di Bromo. Kawah yang terdapat di Gunung Bromo tersebut memiliki ukuran garis tengah yang besar, yaitu sepanjang 800 meter dari utara ke selatan dan 600 meter dari arah timur ke barat.

Pemandangan Alam Kawah Gunung Bromo
Pemandangan Alam yang Indah di Kawah Utama Gunung Bromo. Foto Raissa Lara Lütolf (-Fasel)

Selain itu, kawah yang berbentuk lingkaran raksasa itu memiliki panjang jari-jari lingkaran sekitar 4 km dari pusat kawah Bromo. Jika Anda memutuskan untuk mengunjunginya, maka keindahan di sana bisa Anda nikmati dalam jarak yang sangat dekat, sehingga pengalaman mengunjungi Gunung Bromo menjadi lebih menyenangkan.

  • Mengabadikan Momen di Bukit Cinta

Gunung Bromo juga memiliki objek wisata yang tak kalah menarik yang dikenal dengan sebutan Love Hill atau Bukit Cinta. Meskipun tergolong objek wisata baru, tetapi Bukit Cinta ini menyajikan keindahan alam yang tak kalah menarik.

Objek wisata ini dapat dijadikan sebagai opsi lain jika Penanjakan 1 Gunung Bromo ramai dipadati pengunjung. Hal yang menjadi alasannya adalah karena objek wisata ini memungkinkan Anda untuk menyaksikan keindahan alam yang megah dan berdekatan yaitu Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru.

Menjelajahi Pasir Berbisik

Wisata Gunung Bromo juga memiliki hamparan pasir luas yang membentang sebesar 5.920 hektar. Kawasan wisata ini tentu tidak akan ditemukan di pegunungan lain yang ada di Indonesia. Oleh karenanya, Taman Nasional Tengger Semeru ini dinobatkan sebagai satu-satunya kawasan pegunungan yang memiliki lautan pasir terbentang luas di Indonesia.

  • Berswafoto di Bukit Teletubbies

Animasi kartun Teletubbies tentu sudah diketahui banyak orang. Kini, jika Anda ingin melihat Bukit Teletubies secara langsung, maka melakukan perjalanan wisata ke Gu  nung Bromo adalah pilihan yang tepat. Tempat yang satu ini juga cocok sekali bagi Anda yang senang berfoto dengan latar belakang alam yang mengagumkan.

Itulah pembahasan lengkap mengenai keindahan alam Gunung Bromo dan beberapa kegiatan seru yang dapat dilakukan di sana. Cobalah untuk mengunjungi salah satu dari tempat wisata tersebut agar pengalaman berlibur menjadi lebih berkesan.

Posting Komentar

0 Komentar