Menanam Janda Bolong di Media Air? Bisa, Begini Tipsnya.

Foto 1. Ilustrasi menanam janda bolong menggunakan media air. foto Unsplash.com


Menanam tanaman hias Janda Bolong selain bisa dilakukan pada media padat ternyata bisa juga lho di tanam di media air. Emang bisa? Jelas bisa! begini tipsnya.


Janda bolong atau nama ilmiahnya adalah Monstera adansonii merupakan salah satu jenis dari sekian banyaknya tanaman hias keladi.

Sifat-sifat dari tanaman hias ini yaitu bisa tumbuh di media tanam padat bahkan bisa hidup pula jika ditanam pada media air.

Lantas bagaimana bisa tanaman hias yang biasanya berada di media tanam padat sementara alih-alih malas harus kasih air sendiri! Klepusher bisa memanfaatkan media air untuk menanam tanaman hias Janda bolong ini pada media tanam yang tepat.

Menanam tanaman hias di dalam media air disebut juga dengan nama Hidroponik ya Klepusher

Yuk ikuti tips menanam Janda Bolong atau Monstera Adansoni pada media air atau secara hidroponik.

1. Siapkan vas bunga atau pot transparan untuk tanaman hias janda bolong yang akan ditanam secara hidroponik atau dengan media air.

Pot transparan biasanya menggunakan bahan kaca atau akrilik juga boleh. 

Pot transparan akan membuat tanaman hias tampil lebih eksotis karena semua bagian yang terendam dalam air akan terlihat lebih eksotis dan atraktif.

Contoh vas bunga atau pot transparan yang seperti ditunjukkan oleh Foto 2.

Foto 2. Vas/Pot air transparan untuk tanaman hias Janda Bolong.

Nah, untuk membelinya, Klepushir bisa cek link berikut ini:


Harganya murah kok antara Rp. 14K -24k saja cukup bikin ruang tamu atau ruang keluarga jadi lebih segar dan aestetik.

Harga pot kaca / vas bunga kaca ini jelas tak sebanding dengan manfaat yang Klepusher dapatkan dengan menanam tanaman hias Janda Bolong yang dapat memperbaiki kualitas udara di dalam rumah.

Dan jangan lupa untuk menyiapkan air yang bersih ya, oya, pakai air minerl juga boleh.

2. Potong tanaman hias Janda Bolong-nya diantara kedua ruas menggunakan alat potong yang steril.

Tips menanam tanaman hias Janda Bolong yang kedua adalah menyiapkan tanaman hiasnya beserta alat potong.

Pada tanaman hias janda bolong terdapat ruas-ruas antara tangkai daun satu ke tangkai daun lainnya. 

Biasanya pada lingkaran ini terdapat akar udara yang mencuat keluar dari batang dan akar ini juga terkadang muncul di dalam ketiak tangkai daun.

Pilih batang tanaman hias Janda Bolong yang sudah ada akar udaranya kemudian potonglah diantara batas ruas batangnya. 

Jangan lupa pula pada proses pemotongan menggunakan alat potong yang sudah steril. Hal ini diperlukan supaya batang yang akan ditanam pada media air tidak terkontaminasi bakteri jahat.

3. Tanaman hias Janda Bolong yang sudah dipotong tadi dapat secara langsung dimasukkan ke media tanam air yang baru.


Setelah proses pemotongan pada batang tanaman hias Janda Bolong dapat dimasukkan langsung pada media tanam air yang sudah disiapkan pada proses awal tadi.

Setelah dimasukkan ke dalam media tanam baru (hidroponik) letakkan atau tempatkan tanaman hias janda bolongnya pada tempat yang terang dan cukup cahaya mataharinya namun tidak menyinari tubuh tanaman hias secara langsung.

Akar baru biasanya akan terlihat muncul setelah tanaman hias Janda Bolong yang ditanam pada media tanam air pada umur antara 1-2 minggu.


Akar yang muncul biasanya berasal dari akar udara yang mencuat keluar tadi dan diiringi munculnya titik putih pada lingkaran ketiak tangkai daun.

Jika sudah terdapat akar baru, ini pertanda bahwa Tanaman Hias Janda Bolong baru sudah berhasil tumbuh.

Nah untuk mempercepat tumbuhnya akar, Klepusher perlu perangsang akar.

Rekomendasi produk perangsang akar tanaman dapat Klepusher beli dari link berikut ini:


4. Perhatikan Air di dalam pot kaca pada tanaman hias Janda Bolongnya karena genangan air sedikit apapun dapat dijadikan tempat bersarangnya jentik nyamuk.


Pada media tanam air untuk tanaman hidroponik baik tanaman hias maupun tanaman sayuran dan lainya sebenarnya ada permasalahan berikutnya yang akan dihadapi oleh Klepusher.

Permasalahan tersebut adalah genangan air pada vas atau pot kaca dapat dijadikan media bertelur dan hidupnya jentik-jentik nyamuk.

Namun sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan mengurangi bagian mulut / lubang vas/pot dengan benda lain yang dapat mempersempit permukaan yang terbuka tanpa mengorbankan tanaman hias Janda Bolong itu sendiri.

Atau cara lainnya yaitu dengan mengganti air di dalam pot/vas kacanya secara rutin setiap 4-7 hari sekali. 

Dengan penggantian air secara berkala dan rutin akan membuat tanaman hias Janda Bolong mendapatkan air yang selalu segar dan kadar oksigen dalam air yang selalu terpelihara.

Nah itulah tips menanam tanaman hias Janda Bolong yang diaplikasikan pada media tanam berupa air.

Jadikan rumah Klepusher sebagai rumah yang asri, hijau, segar, dan selalu menyenangkan kala dipandang dengan berbagai tanaman hias yang mempercantik dan memperindah hunianmu.

Posting Komentar

0 Komentar