6 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Anak Usia Sekolah

6 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Anak Usia Sekolah
6 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Anak Usia Sekolah. Dokumentasi Sparklepush.

Ketika di sekolah, orang tua tidak bisa mengawasi anak-anak secara menyeluruh, mulai dari jajanan hingga kebersihan lingkungan. Lantas, bagaimana menjaga kesehatan anak usia sekolah?

Dunia sekolah menjadi masa-masa yang akan memberikan banyak aktivitas dan pengalaman baru bagi anak diluar lingkungan keluarganya. 

Kondisi ini akan sangat menyenangkan, namun juga menjadi tantangan tersendiri juga bagi orang tua. Pada saat memasuki dunia sekolah, anak akan menghabiskan lebih banyak tenaga dan waktunya di luar rumah. Hal ini tentu berpengaruh pada stamina anak sehingga orang tua harus extra menjaga kesehatan anak dengan lebih baik.

Lantas, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan Klepusher agar kesehatan anak tetap terjaga saat usia sekolah? Berikut beberapa langkah mudahnya.


1. Berikan Makanan Sehat Dan Bergizi

Memberikan makanan yang sehat, bergizi, sesuai dengan porsi dan frekuensi yang tepat menjadi faktor utama kesehatan anak tetap terjaga. 

Pada saat usia sekolah Klepusher bisa memberikan makanan tinggi protein, zat besi, serta sumber serat agar imunitas dan kekebalan tubuh anak tetap terjaga. 

Selain itu pemberian makanan tinggi omega-3 dan omega-6 juga penting untuk meningkatkan keterampilan anak. Jangan lupa susu, serta vitamin juga perlu diseimbangkan.

2. Rutin Berolahraga

Manfaat berolahraga tidak hanya dirasakan bagi orang dewasa saja. Anak-anak pun perlu diajarkan untuk aktif berolahraga. Klepusher bisa mengajak anak berolahraga minimal 60 menit setiap hari.

Olahraga yang cukup tidak hanya membuat badan jauh lebih bugar, namun juga mengajarkan anak untuk bersosialisasi dan mencintai dirinya sendiri.

3. Tidur Yang Cukup

Olahraga yang cukup ternyata juga berefek pada frekuensi waktu tidur yang cukup. 

Pada usia sekolah orangtua harus konsisten mengajarkan anak untuk tidur tepat waktu, baik tidur siang ataupun tidur malam. 

Hal ini penting tidak hanya memulihkan stamina, namun juga memperbaiki setiap sel dan jaringan yang ada dalam tubuh sehingga kesehatan anak jauh lebih terjaga.


4. Mengurangi Penggunaan Gadget

Penggunaan gadget memang memiliki kelebihan dan kekurangan, namun alangkah baiknya Klepusher bisa mulai mengurangi penggunaan gadget anak saat masuk sekolah.

Frekuensi waktu menatap layar monitor ternyata dapat menurunkan hormon melatonin. Kekurangan hormon melatonin dapat membuat anak sulit tidur, dan waktu tidurnya terganggu.

Usahakan untuk bisa mengurangi penggunaan gadget anak kurang dari 2 jam/hari.

5. Membiasakan Cuci Tangan Setelah Beraktivitas

Mencuci tangan adalah kegiatan yang mudah dan simpel, namun memiliki efek yang sangat bagus.

Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dapat mencegah terhadap penularan penyakit. Apalagi saat di sekolah Klepusher tidak bisa mengontrol aktivitas apa saja yang dilakukan oleh anak.

Jadi akan lebih baik jika menerapkan cuci tangan setelah beraktivitas atau sesampainya di rumah.

6. Imunisasi yang Lengkap

Penting bagi orang tua untuk selalu memberikan imunisasi yang tepat dan lengkap. Imunisasi secara lengkap dan tepat bisa membentuk kekebalan tubuh anak agar terhindar dari infeksi, atau virus atau penyakit berbahaya. 

Jika Imunisasi sudah diberikan sejak kecil, imunitas dan kesehatan anak akan terproteksi dengan baik dan tidak mudah terserang penyakit.




Sumber : 
https://www.halodoc.com/kesehatan/kesehatan-anak
https://www.nutriclub.co.id/artikel/kesehatan/3-tahun-atas/menjaga-kesehatan-tubuh-anak
https://www.generasimaju.co.id/artikel/3-tahun/kesehatan/cara-menjaga-kesehatan-anak 


Posting Komentar

0 Komentar