Jangan Salah Pilih, Pelajari Cara Memilih Investasi yang Tepat

Jangan Salah Pilih, Pelajari Cara Memilih Investasi yang Tepat. Foto Unsplash


Pahami cara memilih investasi yang aman dan sesuai. Jangan langsung tergiur oleh tawaran investasi dengan keuntungan fantastis tanpa merugi!

Tidak bisa dimungkiri, investasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan banyak orang untuk mempersiapkan masa depan, masa tua, mendapatkan keuntungan, khususnya dalam jangka panjang. Lalu, bagaimana cara memilih investasi yang sesuai atau bahkan aman?

Apalagi, belakangan ini kita melihat ada banyak usaha investasi ilegal (bodong) dengan janji mereka yang sangat menggiurkan. Melansir finansial.bisnis.com, ada beberapa modus terbaru penipuan investasi yang makin jadi sorotan – robot trading, binary option, pencantuman nama entitas remi di media sosial, dsb. 

Berkecimpung di dunia investasi membutuhkan kehati-hatian alias tidak bisa sembarangan. Ini berlaku tidak hanya bagi para investor pemula, tetapi juga para veteran di dunia investasi. 

Tips Memilih Investasi yang Sesuai dan Aman

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan beberapa rekomendasi atau tips berikut untuk lebih aman dalam berinvestasi, bahkan dimulai dari memilih investasi yang tepat. 

Mengenali profil investasi diri

Setiap individu memiliki profil investasi yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan setiap orang atau masing-masing memiliki perbedaan terkait tujuan berinvestasi, jangka waktu investasi yang diinginkan, sikap penerimaan risiko, dan tingkat return yang diharapkan. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui profil diri sebelum berkecimpung di dunia investasi yang tidak lepas dari risiko ini.

Berikut tiga profil risiko yang umum ditemukan dalam melakukan investasi dengan karakteristik mereka masing-masing.

Konservatif

  • Individu yang bersedia menerima atau bahkan menoleransi risiko minimal 
  • Individu yang cenderung akan melakukan pencairan dana investasi ketika terjadi kerugian atau bahkan penurunan nilai investasi

Moderat

  • Individu yang melakukan investasi dengan tujuan mendapatkan penghasilan secara berkala 
  • Individu yang ingin mendapatkan pertumbuhan modal dalam jangka menengah sampai panjang

Agresif 

  • Individu yang memiliki tujuan investasi untuk mengembangkan pokok investasi dalam jangka panjang dengan harapan imbalan hasil maksimal
  • Individu yang bersiap mengambil risiko lebih tinggi dengan tujuan mendapatkan pertumbuhan nilai investasi lebih tinggi dalam jangka panjang 

Memilih jenis produk investasi yang sesuai kebutuhan

Setelah mengetahui profil investasi diri seperti yang dijabarkan di atas, akan lebih mudah untuk memutuskan jenis investasi yang tepat untuk diri sendiri. 

Beberapa instrumen investasi yang bisa dipilih adalah saham, deposito, obligasi, emas, reksa dana, atau properti. 

Sementara, jenis investasi yang cocok bagi investor pemula adalah obligasi pemerintah, reksa dana, deposito, dan rekening valas. 

Mengetahui dan memperhatikan aspek legalitas dan juga bidang usaha

Saat membeli produk investasi apa pun itu, pastikan bahwa lembaga atau perusahaan atau individu yang menawarkannya telah mengantongi izin yang dikeluarkan salah satu lembaga berwenang terkait. 

Izin tersebut juga harus sesuai bidangnya dan berasal dari salah satu lembaga yang berwenang – seperti Bank Indonesia, OJK, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), atau Kementerian Koperasi dan UKM.

Calon investor yang berminat dapat memastikan legalitas suatu entitas atau perusahaan investasi dengan menghubungi OJK melalui beberapa jalur, antara lain:
  • Email (konsumen@ojk.go.id)
  • WhatsApp (081-157-157-157)
  • Media sosial (@Kontak157)
Sebagai tambahan, SIUP – Surat Izin Usaha Perdagangan – bukan merupakan izin untuk melakukan aktivitas pengumpulan dana masyarakat dan pengelolaan investasi. 

Memahami atau mengetahui regulator

Penting untuk berjaga-jaga dengan mengetahui siapa regulator yang melakukan pengawasan terhadap perusahaan atau entitas yang menawarkan dan menjual produk investasi. 

Ini khususnya apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari atau untuk meminimalisir atau bahkan mencegah kerugian atas investasi bodong (ilegal).

Membaca dan mempelajari ketentuan yang terkait dengan produk 

Baca dengan saksama dan pahami ketentuan yang berhubungan dengan produk investasi yang dibeli. 

Pastikan sudah memahami tentang hal-hal seperti hak dan kewajiban, manfaat atau keuntungan investasi, biaya, dan risiko yang terkait dengan produk investasi.

Menghubungi pihak yang berwenang jika masih belum mengerti

Masih bingung atau ragu? Silakan menghubungi atau mengajukan pertanyaan ke beberapa lembaga berwenang (regulator) berikut ini.
  • OJK (1500-665)
  • Badan Koordinasi Penanaman Modal (021-5252-008)
  • Kementerian Perdagangan (021-3838-171)
  • Kementerian Koperasi dan UKM (021-520-436672)
  • Kementerian Komunikasi dan Informasi (021-3452-841)
Sekali lagi, salah satu tips pertama dan utama cara memilih investasi atau sebelum memulai berinvestasi adalah jangan mudah tergiur dengan janji keuntungan yang dirasa tidak wajar (tingkat pengembalian besar dan dijamin tidak akan merugi). 









-=0=-
Referensi:
https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/160
https://money.kompas.com/read/2022/09/29/211236526/5-tips-memilih-investasi-yang-aman-apa-saja?page=all
https://finansial.bisnis.com/read/20220314/55/1510525/6-tips-memilih-investasi-yang-tepat-dan-aman-dari-ojk





Posting Komentar

0 Komentar