Investasi di Usia Muda, Peluang untuk Meraih Kebebasan Finansial

Investasi di Usia Muda, Peluang untuk Meraih Kebebasan Finansial.
Dokumentasi Sparklepush.com

Investasi di usia muda demi mencapai kebebasan finansial bisa dilakukan dengan cara investasi emas, reksa dana, deposito, dan saham.

Financial freedom atau kebebasan finansial menjadi impian setiap orang. Tidak hanya orang tua, banyak anak muda sekarang ini juga sudah memiliki perencanaan mengenai keuangan mereka di masa depan.

Dalam bukunya Rich Dad Poor Dad, Robert T. Kiyosaki menjelaskan bahwa orang yang telah memiliki financial freedom tidak sama dengan orang yang bergelimang harta. Kamu bisa dikatakan sudah bebas finansial apabila memiliki tabungan atau pendapatan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan baik sekarang maupun di masa depan.

Salah satu cara agar bebas finansial adalah dengan berinvestasi. Tentu saja investasi di usia muda sangat direkomendasikan karena ibarat lomba maraton, kebebasan finansial membutuhkan konsistensi, kedisiplinan, dan kesabaran. Investasi seperti apa sih yang dimaksud? Yuk, cari tahu bersama.

5 Cara Meraih Financial Freedom

Sebelum kita membahas jenis investasi apa yang akan membawamu ke kebebasan finansial, kamu perlu tahu langkah-langkah untuk bisa sampai ke sana. Berikut tips untuk mencapainya:

  • 1. Tentukan Tujuan

Tentukan tujuan keuangan yang spesifik dengan nominal yang jelas pula. Misalnya, dalam lima tahun ke depan, kamu harus berhasil memiliki tabungan senilai seratus juta.

  • 2. Kenali Profil Risiko

Saat berinvestasi, kamu harus memiliki literasi finansial yang baik. Dengan begitu, kamu bisa mengenali profil risiko dari berbagai jenis investasi. Dalam investasi, makin tinggi risikonya, makin tinggi pula potensi imbal hasilnya. Namun, kamu harus tahu seberapa tinggi risiko yang bisa kamu tanggung.

  • 3. Pilih Investasi yang Cocok

Ada cukup banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih. Salah satu yang paling populer adalah reksa dana karena risikonya rendah dan nilai investasi cenderung stabil. Kamu juga bisa memilih investasi logam mulia seperti emas.

  • 4. Disiplin Rutin Investasi

Hal terpenting selanjutnya adalah disiplin. Setiap bulannya, tentukan nominal investasi yang harus kamu sisihkan. Alokasikan dana setelah kamu mendapatkan gaji dan jangan menundanya.

Meraih Kebebasan Finansial dengan Investasi di Usia Muda.
Dokumentasi Sparklepush.com


Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

Investasi di usia muda menjadi langkah yang tepat. Nah, apabila kamu bingung jenis investasi apa yang cocok, berikut ini beberapa rekomendasi buat kamu. 

  • 1. Emas

Logam mulia atau emas merupakan jenis investasi yang cukup praktis dan dijamin bebas inflasi. Harga emas cenderung naik. Walaupun turun, turunnya tidak akan signifikan. Emas yang banyak beredar di pasaran berasal dari PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) dan PT Aneka Tambang (Antam).

Jika UBS masih bersertifikat nasional, Antam sudah bersertifikat internasional dan diakui oleh London Bullion Market Association. Apabila kamu memilih investasi ini, sebaiknya pilih cara penyimpanan yang tepat, misalnya brankas atau safe deposit box di bank.

  • 2. Reksa dana

Jenis investasi lain yang sangat populer di kalangan anak muda adalah reksa dana. Reksa dana merupakan produk investasi di mana kumpulan dana dari para nasabah atau investor dikelola sebagai modal dan kemudian dikonversikan ke berbagai produk investasi, misalnya saham, obligasi, atau instrumen investasi lainnya.

Ada cukup banyak keuntungan memilih jenis investasi ini. Selain mudah dipelajari dan modal yang cukup terjangkau, reksa dana juga mengelola dana secara transparan. Kamu pun bisa mengawasinya.

  • 3. Deposito 

Investasi yang cocok untuk anak muda berikutnya adalah deposito. Deposito merupakan produk investasi atau simpanan yang ditawarkan oleh bank dengan bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa. Setiap bank memiliki aturan sendiri mengenai berapa nilai minimal deposito yang ditempatkan.

Selain bunga yang lebih tinggi, keuntungan lainnya adalah keamanan uang kamu. Risikonya pun juga rendah. Karena risiko yang rendah ini, deposito memiliki nilai imbal yang rendah pula.

  • 4. Saham

Apabila kamu mengharapkan investasi dengan nilai pengembangan yang besar, maka saham bisa jadi pilihan tepat. Saham juga cukup banyak diminati anak muda. Namun, keuntungan yang besar tadi juga dibarengi dengan risiko yang besar pula.

Sebelum menempatkan dana di investasi saham, pastikan kamu memiliki keahlian dalam menilai saham mana yang tepat. Kamu bisa berkonsultasi dengan orang yang lebih profesional dan berpengalaman.  

Itu tadi pentingnya investasi di usia muda untuk mencapai financial freedom atau kebebasan finansial. Pastikan kamu memilih investasi yang paling cocok buat kamu. Semoga bermanfaat!


Posting Komentar

0 Komentar