Pengalaman Jalan-Jalan Ke Penangkaran Penyu Pantai Sodong Cilacap, Jawa Tengah (Part 2)

Penangkaran/Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap Jawa Tengah.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Lanjut di Part 2 ya, 

Setelah BBM sudah terisi penuh untuk bekal perjalanan mencari pengalaman dengan jalan-jalan ke Penangkaran Penyu Pantai Sodong Cilacap sekaligus dengan terisi penuh pula perjalanan pulang ke base Sparkelpush.com di Jl. DI Panjaitan Purwokerto tidak perlu dibayang-bayangi rasa khawatir kehabisan BBM maka perjalananpun berlanjut dari titik SPBU Sampang ini.

By the way, suasana langit saat siang itu terlihat begitu cerah seperti yang bisa klepusher lihat pada salah satu foto dokumentasi sparklepush.com yang mengabadikan potrait langit diatas sebuah gedung yang lokasinya masih di sekitar SPBU Sampang.

Dengan suasana langit yang cukup cerah dan hanya sedikit awan serta tidak ada tanda-tanda akan turun hujan, sparklepush.com pun mantap melanjutkan perjalanan. 

Dalam hati, sparklepush.com pun selalu berdoa agar sesampainya di tujuan, langit tetap berada pada warna indahnya, dan awan putih tetap memperlihatkan kelembutannya. 

Langit biru dan awan putih di atas sebuah bangunan di sekitar SPBU Sampang. 
Foto dokumentasi Sparklepush.com


 

Lanjutin yuk Jalan-jalannya menuju Penangkaran Penyu di Pantai Sodong Cilacap untuk yang pertama kalinya dilakukan oleh sparklepush.com dan dipandu oleh Google Maps.

Perkiraannya sih, kalau dari titik SPBU Sampang ini perjalanan sudah lebih dari separuh-nya. Artinya, sudah setengah perjalanan lebih dikit lah dan separuh perjalanannya lagi tinggal menghabiskan rute dari SPBU ini ke TKP Penangkaran Penyu Pantai Sodong Cilacap Jawa Tengah.

Simpul-simpul jalan tetep ada ya. Meskipun jika di liat dari rute yang ditunjukkan oleh Google Maps hanya satu tarikan garis lurus. Namun pada kenyataannya kondisi lapangan selalu dinamis.

Kalau nggak sering-sering mantau, bisa jadi kebablasan atau nyasar sepert pengalaman jalan-jalan ke penangkaran Penyu ini di Part 1.

Untungnya di perjalanan Part 2 (Setelah Break sebentar di SPBU Sampang) sparklepush.com melewati jalan utama atau jalan raya (macam kelas jalan propinsi atau jalan nasional) dan guidenya (google maps) juga nunjukin bahwa hanya akan menjumpai sedikit jalan-jalan yang menikung. Jadi nggak perlu bentar-bentar berhenti cuma buat mastiin bahwa sparklepush.com ada pada arah yang sesuai.

Mungkin lurusannya jalan menuju Konservasi Penyu Nagaraja ini hampir sama dengan pengalaman sparklepush.com waktu ngerasain night riding ke Jl. Malioboro via Jalur Lintas Selatan dan memang, jalan-jalan menuju Penangkaran Penyu Pantai Sodong ini tidak ditemui jalan-jalan ekstrim seperti yang pernah sparklepush.com alami waktu jalan-jalan di jalur Gunung Lio Brebes

Wehlah dalah, tau-tau udah ketemu sama gapuranya Cilacap ya. 

Tentunya ini menandakan bahwa jalan-jalan ke Penangkaran Penyu di Pantai Sodong Cilacap ini sudah kian deket. 

Dan ini adalah rute terakhir yang akan ditempuh untuk mengakhiri jalan-jalan ke Penangkaran Penyu di Pantai Sodong. 

Usai melewati gapura ini dan juga melewati sebuah jembatan yang tak selebar Jembatan Merah yang ada di dalam pembahasan Part 1.

Ternyata secara administratif, Klepusher tidak lagi di wilayah administrasi Kabupaten Banyumas ya. Tapi sudah masuk ke Kabupaten Cilacap.

Dan separuh perjalanan jalan-jalan ke Penangkaran Penyu Pantai Sodong Cilacap pun sudah terlewati. 

Setelah melewatu sebuah gapura dan jembatan irigasi Kebasen, Sparklepush dihadapkan dengan sebuah pertigaan besar yang bernama Pertigaan Sampang. 

Ingat ya, Ini Sampang-nya Cilacap, Bukan Sampang-nya Madura.

Di Pertigaan Sampang ini Sparklepush.com ambil jalan yang lurus bukan ambil ke arah kanan. Sebab kalau ke Kanan nanti kembali lagi ke arah Purwokerto.

Ya sebenarnya nggak beberapa saat ya, mungkin sekitar kurang lebih 30 menitan lah, sparklepush dihadapkan lagi dengan double pertigaan.

Dalam batin sih sebenernya sudah nggak pingin lagi ketemu pertigaan atau perempatan lagi. Pengennya cepet-cepet sampai di Penangkaran Penyu dan melihat langsung yang namanya Penyu itu kaya gimana. 

Tapi ya kenyataannya sparklepush.com dihadapkan lagi dengan double pertigaan.

Foto papan petunjuk arah, untuk menuju Penangkaran Penyu di Pantai Sodong, ambil arah Kebumen.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Sebenarnya kalau dilihat dari atas (google maps) persimpangan jalan ini sepertinya membentuk simpang 5 yang membagi arah Maos, Jl. Srandi, Jl. Ahmad Yani, Jl. Ahmad Yani Adipala dan Jl. Laut. Nah, Sparklepush.com ambil jalan yang ke arah Jl. Srandi. Jadi nggak double kiri ya banting setirnya, tapi cukup sekali saja.

Dan jika dihitung-hitung, dari Persimpangan jalan di Adipala menuju Penangkaran/konservasi Penyu Pantai Sodong sudah mulai dekat. Kira-kira tinggal 6.2 Km lagi jika dilihat dari jarak antara Perempatan Adipala sampai ke titik TKP. 

Jalan-jalannya pun makin semangat ya. karena sebentar lagi semakin dekat dengan destinasi yang dituju.

Apakah  para penyu yang ada di penangkaran Nagaraja ini sama dengan salah satu karakter yang ada di Film Finding Nemo?

Sebuah film fiksi animasi yang sarat akan edukasi.

Berikut cuplikan karakter Crush (Penyu dengan warna tempurung kecoklatan) dalm film Finding Nemo.

Kalau dilihat dari cuplikan vidio dalam film Finding Nemo itu sih kayaknya Penyu Sisik, tapi ya Sparklepush.com masih hanya menerka-nerka saja.

Lagipula, sparklepush.com belum tahu menahu jenis penyu yang ikut dalam program konservasi

Ingat, Perjalanan masih 6.2 KM lagi kan. 

Dan berikutnya setelah melewati simpang adipala, ada lagi simpang tiga atau pertigaan yang dilalui yaitu Jalan pertigaan Klinik Raja Husada. Dari sini ambil kiri saja, jangan ambil yang lurus buat nyampe ke Penangkaran Penyu di Pantai Sodong.

Foto suasana pertigaan Klinik Raja Husada. Ambil Kiri (menuju Pantai Sodong).
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Setelah melewati pertigaan ini, ikuti saja terus jalannya. Alias, jalanin aja dulu perjalanannya sampai di sebuah puskesmas.

Lho, kok sampai di sebuah puskesmas?

Tapi emang bener kok, Puskesmas ini jadi patokan penunjuk arah ke Penangkaran/Konservasi Penyu Pantai Sodong

Awalnya sparklepush.com juga ragu, tapi apa mau dikata ketika Google Maps di layar ponsel nunjukin bahwa tempat konservasi penyu memang ada di jalur itu. 

Ya, mau nggak mau, jadinya tetep ikutin petunjuk arahnya.

Foto suasana jalan di sekitar puskesmas Adipala 2. Masuk saja ke pertigaan ini untuk menuju Penangkaran Penyu Pantai Sodong.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Sein kanan dinyalakan dan pastikan tidak ada pengendara lain yang kebingungan lajunya kendaraan dan wuzzzz....! 

Masuk deh ke sebuah jalan kecil yang kayaknya cuma cukup buat lewat mobil pribadi saja. 

Sebenernya ketika masuk jalan kecil ini (sebut saja Gang), tidak ada keyakinan bahwa jalan ini akan mengarahkan Sparklepush.com ke Konservasi Penyu yang dituju. 

Tapi garis biru di Maps arahannya Google menunjukkan bahwa sparklepush.com harus ikuti garis biru ini dan pastilah akan sampai pada tujuan. 

Nyatanya, semakin ke dalam, berasa semakin aneh saja. Apalagi ketika muncul sebuah gapura yang begini bentuknya.

Gapura Pantai Sodong I. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Gapuranya seperti ini. 

Lha, gimana? Mau lanjut nggak?

Lanjut dong....!

Perjalanan yang sudah ditempuh 99%, mosok gara-gara gapuranya seperti ini jadi balik kanan?

So, maju terus. Dan ternyata eh ternyata, ada satu gapura lagi. 

Gapura berikutnya ternyata lebih gede ukurannya dan jauh lebih baik dibandingkan yang pertama.

Jadi gemes-gemes gimana gitu....! 

Foto suasana Gapura Selamat Datang di Pantai Sodong 19 Juli 2023.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Gapura ini terlihat lebih pantes/cocok/match sebagai gapura atau gerbang masuk Tempat Wisata dibanding yang sebelumnya kan....!

Dan untuk memasuki kawasan Tempat Wisata Pantai Sodong ini cukup dengan merogoh kocek Rp. 6.500,- saja.

Nggak percaya?

Awalnya, sparklepush.com pun mengira bapaknya (petugas) cuma bercanda tapi setelah lihat ticket atau karcisnya barulah percaya bahwa untuk menikmati keindahan tempat wisata pantai Sodong serta berkunjung ke Penangkaran Penyu Nagaraja cukup dengan setengah liter pertamax. Nyenengi banget, mbok (logat ngapak).

Karcis/Ticket/Tiket Masuk Ke Tempat Wisata Pantai Sodong Per 19 Juli 2023.
Dokumentasi Sparklepush.com

Begitu selesai bayar HTM, sparklepush pun bergegas ke Penangkaran/Konservasi Penyu yang lokasinya makin deket aja.

Tinggal ikutin aja jalannya, karena jalan ini nggak ngarah kemana-mana selain pantai sodong dan balai konservasi Penyu Nagaraja Cilacap.

Jalannya cukup baik kok untuk dilewati kendaraan roda 2, 3 atau 4. 

Nggak kecewa juga jauh-jauh dari base sparklepush.com di Jl. DI Panjaitan ke sini (Pantai Sodong) karena akses jalannya baik untuk dilalui. 

Pertigaan Terakhir menuju Penangkaran/Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap.
Foto dokumentasi Sparklepush.com
Di pertigaan terakhir ini ada beberapa clue yang menunjukkan bahwa tempat Penangkaran/Konservasi Penyu sudah semakin dekat, Clue-clue ini diantaranya adalah:

  1. Ada sebuah papan nama / banner / Reklame berbentuk segi empat yang bertuliskan "Tempat Konservasi Penyu ± 100 meter ⇨"
  2. 2 Patung Penyu berukuran sedang (nggak terlalu besar, juga nggak terlalu kecil di kanan kiri jalan)
Itula 2 clue di atas yang ada di pertigaan ini dan sekitar 100 meter lagi sparklepush.com sampailah pada tujuannya yaitu Jalan-jalan ke Penangkaran/Konservasi Penyu Pantai Sodong, Cilacap Jawa Tengah.

Berdasarkan pengalaman sparklepush.com kondisi jalan selama jalan-jalan menuju Penangkaran/Konservasi Penyu Pantai sodong ini jalannya tergolong baik sih. Tidak ada kendala juga di jalan yang berkaitan dengan badan jalan seperti jalan berlobang dan jalan berbatu. 

Penggunaan Google Maps sangat membantu sekali selama journey to Konservasi Penyu Nagaraja, Cilacap Jawa Tengah karena ini pengalaman pertama kalinya Sparklepush.com berkunjung ke tempat ini. Jadi dari titik awal hingga ke titik tujuan, Google Mapslah yang menjadi pemandu. Thanks to Google Maps.

Harga ticket masuknya murah sekali, yaitu cuma Rp. 6500,- saja dan harga makanan/minuman di sini pun terbilang logic alias harganya masih bisa dibilang lumrah jadi jalan-jalan ke sini bisa dibilang very... very... budget friendly.

Salam traveling

Posting Komentar

0 Komentar