Pengalaman Jalan-Jalan Ke Penangkaran Penyu Pantai Sodong Cilacap, Jawa Tengah (Part 1)

Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap.
Foto dokumentasi Sparklepush.com



Yuk Jalan-jalan lagi yuk...!

Kali ini sparklepush.com jalan-jalan ke sebuah penangkaran binatang langka yang dilindungi oleh undang-undang yaitu Penyu. Dan lokasinya ternyata di Jawa Tengah ada kok. Yaitu di salah satu pantai di Cilacap yang bernama Pantai Sodong.

Sekedar mengingatkan dulu

Previously, sparklepush.com pernah membahas tentang daftar tempat wisata pantai yang cantik plus dijadikan sebagai tempat konservasi Penyu namun sayangnya tidak disebutkan juga bahwa salah satu penangkaran satwa imut (Penyu) ini ternyata ada juga di Cilacap. Tepatnya di Pantai Sodong.

So, bisa dibilang Jalan-jalan ke Penangkaran Penyu a.k.a Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap yang lokasinya searea dengan Tempat Wisata Pantai Sodong ini melengkapi list/daftar Pantai Cantik yang dijadikan sebagai tempat konservasi Penyu.

Rute Jalan-jalan-ke Penangkaran (Konservasi) Penyu Nagaraja di Pantai Sodong, Cilacap.

Pangkal start jalan-jalan ke penangkaran penyu di Pantai Sodong, Cilacap ini di mulai dari titik base sparklepush.com di Jl. DI Panjaitan sekitar pukul 9:30 Pagi pada tanggal 19 Juli 2023 kemarin. 

Dari Jl. DI Panjaitan ke Utara menuju Jl. Gerilya ke arah Andhang Pangrenan dan dari bunderan Andhang Pangrenan ini Sparklepush langsung ambil arah kiri menuju Pasar Patikraja via Jl. Gunung Tugel.

Jalan-jalan ke Penangakaran Penyu Pantai Sodong, sebuah usaha untuk konservasi penyu masih cukup jauh apalagi jika dihitung dari Pasar Patikraja, Banyumas. Sepertinya belum ada 1/3nya perjalanan. 

Di Pasar Patikraja ini ada 2 persimpangan jalan yang sangat berdekatan ya, yaitu persimpangan (pertigaan) pertama, dan pertigaan kedua.

Foto suasana Pertigaan Pertama Pasar Patikraja dan Papan Petunjuk arah di pertigaan pertama Pasar Patikraja, Banyumas.
Foto dokumentasi sparklepush.com

Foto di atas adalah suasana Pertigaan Pasar Patikraja yang diambil dari jarak sekitar 100 meter sebelum titik pertigaan pertama sekitar pukul 9:50 19 Juli 2023.

Memotret pertigaan pertama di Pasar Patikraja pada jam 9:50 merupakan jam padat alias jam sibuk di pasar, jadi tak terlihat pertigaannya tapi ada satu kekhasan pertigaan pertama ini yaitu adanya sebuah masjid. dan pada foto di atas terekspos juga kubah masjidnya

Ingat Ya, di papan penunjuk arah ada yang ke arah Kebasen, ikutin aja yang ke arah Kebasen ya. Arah ini diyakini oleh Mbah Google Map sebagai rute terdekat dan jalan-jalannya sparklepush.com ke penangkaran penyu Pantai Sodong ini pun berusaha mengikuti keyakinannya Si Mbah Google Map ini. Sealin itu, Sparklepush.com sebelumnya juga belum pernah kesini. Jadi ibarat kata sambil nyelem minum air.

Nggak begitu jauh dari Pertigaan Pertama, Klepusher akan berhadapan lagi dengan Pertigaan Kedua.

Ya, memang antara pertigaan pertama dan kedua di Pasar Patikraja ini sangat berdekatan sekali, sehingga baru geser beberapa puluh meter saja sudah nampak Pertigaan Keduanya. 

Dan ingat-ingat lagi ya, di pertigaan yang kedua ini pilihlah jalan yang ke kiri, bukan jalan yang bercabang ke kanan. Sesuai arahannya Google Maps saja.

Foto suasana Pertigaan Kedua Pasar Patikraja Banyumas, Ambil Arah Kiri saja.
Foto dokumentasi sparklepush.com

Foto di atas adalah foto suasana pertigaan kedua di Pasar Patikraja. Kebetulan juga sparklepush.com pada saat pengambilan foto ini pakai kamera saku Sony Cybershot DSC W830, kamera point and shoot yang mungil, ringan dan ringkas buatan sony yang sengaja dibawa oleh sparklepush.com untuk memudahkan proses pembuatan dokumentasi selama perjalanan jalan-jalan ke Penangkaran Penyu Pantai Sodong Cilacap. Kerasa banget deh kepraktisannya. 

Nah, setelah melewati Pasar Patikraja, Klepusher akan menjumpai sebuah jembatan yang cukup panjang melintasi Sungai Serayu yang sangat lebar. 

Jembatan yang yang sangat panjang ini dikenal juga sebagai jembatan merah. 

Sebenarnya ada 2 Jembatan yah, yang satu itu jembatan yang kelihatannya infrastrukur baru sedangkan yang sebelahnya adalah jembatan dengan infrastruktur lama dan udah nggak kepake buat jalan umum.

Untuk lebih jelasnya bisa Klepusher lihat di foto berukutnya.

Setidaknya itulah informasi yang tampil di Google Maps hingga sekarang. 

Perjalanan sudah hampir sepertiga jaraknya.

Sudah sejauh ini Sparklepush.com sudah melewati 3 titik utama yaitu Andhang Pangrenan, 2 Pertigaan Pasar Patikraja dan Jembatan Merah Serayu di Patikraja.

Berikutnya ada sebuah pertigaan lagi yang akan dijumpai yaitu sebuah pertigaan menuju Kebasen yang di tengah-tengah pertigaan ini ada patung gunungan wayangnya.

Jembatan Merah (Kiri infrastrukutur Jembatan Lama [tidak dipakai], kanan infrastruktur Jembatan Baru)
Foto dokumentasi Sparklepush.com


Pertigaan Gunungan Wayang Mandirancan.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Ciri-ciri utama pertigaan Gunungan Wayang ini ya tak lain adalah adanya Tugu Gunungan Wayang yang dirancang sedemikian rupa supaya Gunungan Wayang tersebut dapat terlihat dari 4 sisi.

Ada bagusnya sih dibikin biar dapat dilihat 4 sisi karena Gunungan Wayang itu sendiri kan 2 dimensi.

Setelah beberapa lama, dan nggak terlalu lama, Klepusher juga akan mendapati sebuah Flyover yang dibawahnya ada Jalur kereta api.

Terowongan atau flyover Kebasen Banyumas ini pernah diabadikan sebelumnya oleh Sparklepush.com pada 9 Januari 2022 silam dan diposting plua beberapa hasil jepretan Sony A500 di sini.

Wah, masih lama kah jalan-jalannya menuju ke Penangkaran (Konservasi) Penyu yang ada di Tempat Wisata Pantai Sodong Cilacap, Jawa Tengah ini?

Kayaknya sih enggak ya, dan kayaknya juga sudah 1/3 rute sudah dihabiskan. Tinggal 2/3nya lagi. 

Setelah melewati terowongan alias Flyover Kebasen ini Klepusher akan menjumpai sebuah perempatan yang ada kantor polisinya. Ini kantor Polisi Sektor Kebasen. 

Dan kalau diperhatikan dari Google Maps, Perempatan ini mirip seperti huruf X, Ini menurut pendapat sparklepush,com saja sih.

Nah, biar nggak bingung dan nggak kebablasan, cek foto hasil jepretannya Sony DSC W830 yang selama perjalanan menuju Penangkaran Penyu Nagaraja Pantai Sodong jadi kamera utama untuk alat dokumentasinya.

Foto Suasana Perempatan Kebasen yang ada Kantor Polsek Kebasen, Banyumas, Jawa Tengah
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Diinget ya...!

Pokoknya mah kalau sudah sampai di Perempatan yang ini Klepusher jangan sampai ambil arah kiri ataupun ambil arah kanan. Dijamin balik arah kalau maksain ambil arah ke kiri ataupun ambil arah yang kekanan, sebab pengalaman jalan-jalan ke Penangkaran Penyu ini dilaksanken oleh sparklepush.com dan disaat itu juga waktu sparklepush.com berada di posisi perempatan ini juga ambil kiri.

Mungkin pada saat itu, sinyal seluler sedang tidak bagus, dan efeknya pada jaringan internet yang ikut terpengaruh juga sehingga si mbah google map pun tak bisa pantau pergerakan Handheld secara konsisten.

Jadi di ambillah ke kiri, dan ternyata setelah sejauh lebih dari 1 kilometer, tiba-tiba google mapnya ngomel-ngomel nyuruh balik kanan terus-terusan. Setelah diturutin, dan sampai lagi ke perempatan ini barulah disadari bahwa sparklepush.com salah arah dan untungnya masih bisa kembali ke jalan yang benar sesuai dengan arahan Google Map.

1 kilometer lebih sudah mengurangi jatah waktu sekitar 1/4 jam lebih. Maklum, masih pemula, dan memang belum tahu apa-apa soal rute jalan-jalan ke Penangkaran Penyu Pantai Sodong Cilacap, Jawa Tengah ini.

Untungnya, setelah melewati perempatan ini, jalanan berlanjut ke Jalan yang lurus-lurus saja dan ujung dari jalan ini adalah jalan besar yang bernama Jl. Penatusan (di Google Map). Jalan ini sejatinya Jalan Sampang, jika diikuti terus ke arah kiri maka Jalan ini akan nganterin Klepusher ke Tempat-tempat wisata yang lainnya seperti Goa Jatijajar, Menganti dan yang lainnya.

Jalan lurus menuju Jalan Raya Penatusan yang dihiasi oleh langit biru dan awan putih serta dikanan kirinya hamparan sawah yang ditanami padi.
Foto dokumentasi Sparklepush.com
Dan inilah ujung dari jalan lurus yang sudah dideskripsikan di atas ya. 

Untungnya juga di pertigaan ini sudah ada penunjuk arahnya, jadi nggak begitu bingung kalau jalan-jalan menuju Penangkaran Penyu di Pantai Sodong meski ambil arah mana. 

Foto suasana Pertigaan Sampang dari arah Kebasen setelah melewati jalan lurus seperti pada foto sebelumnya. 
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Sesampainya di pertigaan yang satu ini Klepusher ambil arah kanan ya. Sesuai arahan Google Mapsnya. Boleh sih ambil jalan ke kiri dimana di sebelah kiri ini sebenarnya ada sebuah SPBU. 

Memang, perjalanan yang sparklepush.com tempuh dalam rangka jalan-jalan ke penangkaran Penyu Pantai Sodong Cilacap ini memakan waktu hampir sejam karena ditambah dengan durasi nyasar, di perempatan yang ada kantor Polsek, Foto-foto tiap simpul jalan yang berpotensi membingungkan sehingga ada waktu yang terkorbankan

Imbasnya baru separuh jalan "panggilan alam" pun berkumandang dan di SPBU inilah sparklepush melaksanakan hajatnya. (Ah tinggal bilang mau pipis ama boker aja pake muter-muter)

Ya, intinya sih, SPBU ini tak seluas SPBU Negaradaha, tempat pengisian ulang bahan bakar minyak yang keberadaannya di jalur lingkar Bumiayu. Tapi ya sudahlah, nggak perlu dibanding-bandingkan sejauh mungkin karena posisinya juga sangat berjauhan yang penting sudah memenuhi standar SPBU dimana ketersediaan toilet itu harus ada. Dan SPBU ini sudah terstandar.

Selain melangsungkan "Panggilan Alam" Tak lupa sparklepush.com pun sekalian isi ulang BBM walaupun sebenarnya kalau dikira-kira buat PP dari Base Sparklepush - Konservasi Penyu dan balik lagi ke Base Sparklepush cukup isi di sekitar SPBU yang deket ke arah Gunung Tugel tapi ga ada salahnya juga kan untuk membuat perjalanan tidak dibayang-bayangi kehabisan BBM di tengah jalan.

SPBU di salah satu ruas Jalan Sampang, tempat sparklepush.com isi ulang BBM dan "menyalurkan hajat".
Foto dokumentasi Sparklepush.com


Sampai sini dulu ya, 

Kita lanjut Jalan-jalan ke Penangkaran Penyu Pantai Sodongnya di Part 2

Salam Traveling

Posting Komentar

0 Komentar