Pantai Cantik Ini Kawasan Konservasi Penyu, Cek Yuk…!

Pantai Cantik Ini Kawasan Konservasi Penyu, Cek Yuk…! - Pantai cantik dan indah akan lebih terasa makna kecantikan dan keindahannya bila dapat dimanfaatkan sebagai kawasan konservasi.

Beberapa pemanfaatan pantai untuk konservasi yaiut penanaman kembali hutan mangrove, terumbu karang, dan ada lagi nih, Penyu…!

Penyu merupakan salah satu dari jenis reptil bercangkang (tempurung) yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di dalam laut.

Meskipun mereka melakukan segala aktifitasnya di dalam laut tapi ada pengecualian yaitu pada saat bertelur.

Reptil Penyu tidak mengerami telurnya, sarangnya pun tidak seperti reptil lain. Penyu akan meletakkan semua telurnya didalam pasir pantai yang menurut mereka cocok.

Nah, pantai mana sih yang menurut ibu-ibu penyu ini cocok untuk melakukan proses “persalinan” mereka?

  • 1. Kawasan Wisata Ujung Genteng

Kawasan Tempat Wisata Ujung Genteng ini merupakan salah satu “destinasi” menetaskan telur-telur Penyu. Tapi lebih tepatnya di Pantai Pangumbahan

Para Ibu Penyu ini tidak tahu menahu kalau di pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia secara administratif berada di Kabupaten Sukabum, Jawa Barat.

Pantai Ujung Genteng Yang Cantik, Plus Jadi Tempat Konservasi Penyu
Pantai Ujung Genteng, Sukabumi.
Foto Photo by Shafira Amadea

Untuk menyelamatkan mereka dari kepunahan karena serangan predator (termasuk manusia), maka dibuatlah Kawasan Konservasi Penyu yang dijaga ketat oleh petugas dari Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Pelepasan Tukik ke Laut di Penangkaran Penyu Pantai Pangumbahan. Foto by Instagtam @rfaisana
Pelepasan Tukik ke Laut di Penangkaran Penyu Pantai Pangumbahan. Foto by Instagtam @rfaisana

  • 2. Penangkaran Penyu Batu Hiu, Pangandaran

Pantai Cantik yang jadi tempat penangkaran Penyu yang masih berada di sekitar Jawa Barat adalah Pantai Batu Hiu, Pangandaran.

Baca Juga: Megahnya Sunset di Tempat Wisata Pantai Pangandaran

Nah, Tempat wisata pantai Batu Hiu ini ternyata jadi tempat favoritnya "ibu-ibu" penyu yang akan melahirkan telur-telur mereka.

Kawasan Konservasi Penangkaran Penyu di Tempat Wisata Pantai Batu Hiu.
Kawasan Konservasi Penangkaran Penyu di Tempat Wisata Pantai Batu Hiu.
Foto by drewoktavianni.files.wordpress.com

Kamu bisa menikmati keindahan Pantai Pangandaran dan sekaligus melepas para tukik yang imut-imut ke laut. Gimana, Asyik kan?

  • 3. Penangkaran Penyu Pulau Pramuka, Kep. Seribu

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, Pulau Pramuka juga menjadi tempat pengangkaran Penyu.




[caption id="attachment_1775" align="aligncenter" width="720"]Penangkaran Penyu Pantai Hiu terbaru. Foto by instagram @nelly.mc Penangkaran Penyu Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu terbaru. Foto by instagram @nelly.mc[/caption]

Penangkaran Penyu Pulau Pramuka sedikit berbeda dengan pantai penangkaran penyu yang berada di daerah pesisir laut jawa bagian selatan. Yaitu di sini kamu bisa sambil snorkling dan menikmati pemandangan bawah laut yang memukau.


4. Penangkaran Penyu Pantai Sukamade, Banyuwangi




Penangkaran Penyu Pantai Sukamade Banyuwangi adalah tempat wisata edukasi yang perlu kamu masukkan ke dalam daftar kunjungan wisata edukasi juga.

Penangkaran-Penyu-Pantai-Batu-Hiu-Terbaru.jpg
Penangkaran Penyu di Pantai Sukamade. Foto by liburankuseru.blogspot.com

Selain melihat-lihat aksi tukik yang klojotan pengen nyemplung ke laut, kamu juga bisa menikmati deburan ombak di pantai Sukamade.

Eits…, tapi hati-hati ya, ombak kenceng bisa jadi berbahaya soalnya pantai ini juga seperti Pantai Pangumbahan dan Pantai Batu Hiu yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

5. Penangkaran Penyu di Pulau Serangan, Bali

Penangkaran Penyu berikutnya ada di pulau dewata, ya, Bali. Bali memang terkenal dengan konsep natural yang sangat melekat di setiap lininya.

Penangkaran Penyu di Pulau Serangan Bali katanya sih jenis penyu yang ditangkarkan di sini paling lengkap se-Indonesia, cek aja sendiri di lokasi. Foto by www.lexyleksono.com
Penangkaran Penyu di Pulau Serangan Bali katanya sih jenis penyu yang ditangkarkan di sini paling lengkap se-Indonesia, cek aja sendiri di lokasi. Foto by www.lexyleksono.com


Tak heran bila di sini juga terdapat pantai penangkaran Penyu dan ternyata menurut para netizen, Pantai Penangkaran Penyu di Pulau Serangan ini memiliki jenis penyu yang terlengkap.

Kalau mau pegang-pegang tukik boleh, tapi jangan dibayangin kalo di sate enaknya kayak apa yah…!

6. Penangkaran Penyu Deluang Sari, Tanjung Benoa

Pernah ke Tanjung Benoa, Bali? Jangan lewatin penangkaran penyu Deluang Sari yang ada di Tanjung Benoa.




[caption id="attachment_1782" align="aligncenter" width="620"]Ini nih, Penangkaran Penyu Deluang Sari, dijamin kamu bakal galau pilih yang mana, Deluang Sari atau Pulau Serangan. Foto by instagram @tiararlestari Ini nih, Penangkaran Penyu Deluang Sari, dijamin kamu bakal galau pilih yang mana, Deluang Sari atau Pulau Serangan. Foto by instagram @tiararlestari[/caption]

Tempat penangkaran Deluang Sari adalah tempat penangkaran penyu yang paling populer di Bali. Uniknya, sumber pendanaan untuk operasionalnya adalah dari tiket masuk para pengunjung.


Pengelola Penangkaran Penyu Deluang Sari adalah masyarakat setempat. Inilah yang menjadikan tempat wisata pantai dan edukasi Deluang Sari lebih spesial dibanding tempat lainnya yang semisal.


7. Penangkaran Penyu Gili Trawangan, NTB


Tempat wisata edukasi tentang penyelamatan satwa Penyu berikutnya adalah Penangkaran Penyu Gili Trawangan NTB.




[caption id="attachment_1784" align="aligncenter" width="600"]Penangkaran enyu Gili Trawangan Nusa Tenggar Barat. Foto by www.gili.web.id Penangkaran enyu Gili Trawangan Nusa Tenggar Barat. Foto by www.gili.web.id[/caption]

Untuk menuju ke sana tentunya kamu harus melewati pulau Bali dulu ya. Tapi nggak jadi soal sebab banyak juga lho di sudut Nusatenggara Barat ini tempat-tempat wisata indah yang belum terjamah.


Uniknya, di Pantai penangkaran Penyu ini, telurnya didapat dari membeli pada warga sekitar yang berburu telur penyu juga.


Penasaran? Mampirlah…!


8. Penangkaran Penyu Kota Pariaman, Sumatera Barat


Penangkaran Penyu di Kota Pariaman, Sumatra Barat juga perlu kamu masukan ke daftar kunjungan wisata edukasi penangkaran penyu.




[caption id="attachment_1785" align="aligncenter" width="720"]Kawasan Konservasi Penyu Kota Pariaman. Foto by fhiaft.blogspot.co.id Kawasan Konservasi Penyu Kota Pariaman. Foto by fhiaft.blogspot.co.id[/caption]

Jenis Penyu yang ditangkarkan di Penangkaran Penyu Kota Pariaman cukup lengkap.


Setidaknya ada 4 jenis penyu yang ditangkarkan di sini.


Penasaran kan ingin datang juga ke Pantai Penangkaran Penyu Kota Pariaman? Langsung saja cek lokasinya di Jalan Syeh Abdul Arif, Kawasan Pantai Ampalu,Desa Manggung, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman.


9. Penangkaran Penyu Batavia Bangka Beach di Bangka Belitung


Yang ini catat juga yah, Penangkaran Penyu di Batavia Bangka Beach, Bangka Belitung.




[caption id="attachment_1787" align="aligncenter" width="700"]Kawasan Knservasi Penyu Batavia Bangka Beach di Bangka Belitung Kawasan Knservasi Penyu Batavia Bangka Beach di Bangka Belitung. foto by tribunnews.com[/caption]

Kawasan Konservasi Penyu Bangka Beach ini hampir sama dengan penangkaran penyu Gili Trawangan yaitu sebagian besar mendapatkan telurnya dari warga yang berprosfesi nelayan.


Namun demikian, kita tetap kasih acungan jempol bagi para nelayan yang mau menyerahkan telur penyu pada penangkaran penyu dari pada warung makan dan restauran. Iya kan?

Posting Komentar

0 Komentar