Sparklepush.com: Klepusher Jangan Asal Pilih! Berikut 7 Jenis Ban Motor beserta Fungsinya

Klepusher pasti sudah tahu bahwa ada banyak jenis ban motor di pasaran. Pengguna hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan tipe motor. Dari sekian banyak jenis ban, masing-masing pasti memiliki fungsi dan karakteristk berbeda. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan ulasan lengkap tiap jenis dari ban motor tersebut agar kamu tidak salah pilih.


7 Jenis Ban Motor beserta Fungsinya
7 Jenis Ban Motor beserta Fungsinya. Foto dokumentasi sparklepush.com

7 Jenis Ban Motor beserta Fungsinya

Ban memiliki fungsi sangat penting untuk setiap kendaraan, tidak terkecuali sepeda motor. Jenisnya pun beragam tergantung dari segi kebutuhan, apakah untuk harian, off-road, atau balapan. Nah, sebelum mengganti ban, alangkah baiknya kamu pahami dahulu beberapa jenis ban beserta fungsinya.

1. Ban Scooter (Motor Matik)

Jenis ban ini agaknya sering kamu jumpai setiap hari. Maraknya penggunaan motor matic membuat ban jenis ini sangat digemari. Jenis ban ini memiliki diameter lebih kecil dari jenis ban lainnya, seperti off-road maupun cruiser.

Ban ini berfungsi untuk memberikan daya cengkeram lebih sehingga motor scooter masih bisa berjalan dengan normal dan nyaman. Ban motor jenis ini memang lebih disarankan untuk digunakan di motor matic bukan yang lain. Hal ini sesuai dengan diameter ban yang jauh dari standar motor bebek pada umumnya.

2. Ban Cruiser (Motor Bebek)

Selanjutnya, ada jenis cruiser yang banyak digunakan pengendara motor bebek. Ban ini dirancang lebih kuat dan lebih tahan lama jika dibandingkan jenis ban sport dengan alur yang simpel dan tidak rumit. 


Ilustrasi Ban Cruiser. Foto Himiway Bikes

Ban motor jenis ini lebih cocok digunakan untuk jalan-jalan perkotaan dan menemani kegiatan sehari-hari, misalnya perjalanan antarkota, mengantar anak sekolah, perjalanan ke kantor, berbelanja, dan beberapa kegiatan lainnya.

3. Ban Off-Road (Ban Tahu)

Jenis ketiga, ada ban off-road yang cocok digunakan untuk kegiatan dan jenis kendaraan off-road. Segala jenis medan sulit, seperti jalan-jalan berbatu, jalan pegunungan, maupun jalanan berlumpur, bisa lebih mudah dilalui dengan jenis ban yang satu ini.

Ban motor ini sering disebut ban tahu karena bentuknya yang memiliki alur kotak tebal dan timbul. Hal ini berfungsi untuk lebih mencengkeram permukaan yang tidak rata. Sayangnya, jenis ban ini kurang nyaman untuk jalan perkotaan.

4. Ban Sport Semi Slick

Jika kamu perhatikan, motor-motor supersport menggunakan jenis ban yang berbeda dari ban motor pada umumnya. Jenis ban ini didesain khusus untuk mempercepat laju kendaraan. Selain itu, ban ini juga dibuat lebih tipis supaya dapat meringankan beban dan membuat laju lebih kencang.


Ilustrasi Ban Sport Semi Slick. Foto Patricia Abdallah

Karena dibuat lebih tipis, jenis ban ini tidak cocok untuk perjalanan jarak jauh atau penggunaan umum. Itulah mengapa kita selalu melihat pembalap motor sering melakukan penggantian ban saat bertanding. Hal ini tentu untuk mengurangi risiko kerusakan ban saat perlombaan.

5. Ban Sport Touring

Jenis berikutnya juga dibuat khusus untuk motor sport. Namun, fungsinya bukan untuk balapan jarak pendek, tetapi lebih tepatnya untuk perjalanan jauh, seperti touring. Ban jenis ini didesain dengan saksama dari material karet yang keras sehingga lebih awet dan tahan lama serta cocok untuk jalan-jalan jarak jauh.

6. Ban Wet Sport (Lintasan Basah)

Untuk lintasan basah, pengguna motor supersport biasanya akan mengganti jenis ban yang digunakan. Nah, jenis ban yang cocok adalah wet sport yang khusus untuk penggunaan lintasan basah dan licin.

Bentuk ban motor satu ini dibuat secara khusus untuk meningkatkan cengkeraman pada lintasan basah, tetapi tetap bisa membuat laju kendaraan lebih kencang. Alur pada ban ini meningkatkan perlindungan antiselip pada jalanan basah. Jadi, ban wet sport dapat meminimalkan kemungkinan pembalab terpeleset saat berkompetisi.

Ilustrasi Ban Wet Sport. Foto Emmanual Thomas


7. Ban Dry Sport (Lintasan Kering)

Jenis ban terakhir adalah ban dry sport yang berfungsi untuk meningkatkan laju motor balap pada kondisi lintasan kering. Pembuatannya dari bahan karet yang lembut sehingga cocok untuk melaju di jalan-jalan yang kering.

Nah, itu dia 7 jenis ban motor beserta fungsinya masing-masing yang bisa kamu pertimbangkan dan sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis motor kamu. Untuk bisa mendapatkan ban yang original, pastikan kamu membelinya di bengkel atau dealer resmi, ya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar