Ini Manfaat Buah Alpukat Jika Dikonsumsi Rutin Setiap Hari

Buah Alpukat dan Manfaatnya. Foto unsplash.com/@eddiepipocas


Sparklepush.com bawa kabar bagus bagi Klepusher yang suka makan alpukat. Buah yang dagingnya berwarna hijau muda dan kelembutannya seperti mentega ini ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jika kamu konsumsi tiap hari.

Apa yang akan terjadi pada tubuh jika kamu mengkonsumsi buah alpukat setiap hari? 

Nah, dilansir dari eatingwell.com buah yang katanya disebut juga dengan nama Pir Aligator oleh orang Amerika, memiliki banyak manfaat dan memberikan sederet reaksi positif bagi kesehatan tubuh kamu.

Buah alpukat memang salah satu buah yang sangat luar biasa jika dilihat dari kandungan lemak, kalori dan protein. Bahkan menurut sumber, diantara buah-buahan lainnya, jumlah kalori dan lemak pada buah alpukat adalah yang tertinggi.

Selain kandungan kalori dan lemak yang tinggi, jumlah kandungan serat, potasium, magnesium, vitamin B (seperti folat), vitamin E dan karotenoid, dan yang lainnya memiliki angka yang mengesankan. Nggak sia-sia jika kamu menganggarkan bajet ekstra untuk mengkonsumsinya setiap hari apa lagi jika kamu mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Kamu tidak akan tahu lebih banyak jika tidak baca ulasan tentang manfaat buah alpukat ini secara lengkap. Jadi, jangan sungkan-sungkan untuk terus melanjutkan artikel ini hingga tuntas.

Buah Alpukat Bermanfaat Untuk Memperbaiki Kinerja Otak

Ini adalah salah satu manfaat makan buah jamboo pokat kalau orang batak bilang.

Ya, dibalik pengeluaran ekstra untuk bisa konsumsi buah alpokat ini, ternyata bermanfaat untuk memperbaiki kinerja otak kita.

Bagaimana buah alpukat bisa bermanfaat untuk memperbaiki kinerja otak?

Dari hasil sebuah studi pada 2022 lalu oleh International Journal of Psychology didapat sebuah kesimpulan bahwa senyawa lutein yang terkandung dalam buah alpukat ini dapat mencegah penurunan kognitif dan meningkatkan kesehatan otak.

Penurunan fungsi kognitif ditandai dengan menurunya daya ingat, kemampuan bahasa dan berpikir. Hal ini dipicu oleh menyempitnya saluran darah ke otak dan penyempitan saluran ini membuat sel otak mendapatkan sedikit nutrisi sehingga memicu masalah pada organ vital manusia. 

Senyawa lutein yang terdapat pada buah alpukat ini mampu menerobos jalan darah ke otak yang menyempit sehingga aliran darah ke otak menjadi lebih baik. Selain itu senyawa lutein ini bermanfaat sekali bagi otak dimana senyawa lutein ini adalah karotenoid, pigmen tumbuhan yang membentuk 66% hingga 77% dari keseluruhan karotenoid yang ada dalam otak manusia. Peneliti meyakini bahwa senyawa latein bersifat antioksidan dan anti inflamasi sehingga dapat memberikan perlindungan kesehatan otak juga.

Terkait dengan kesehatan otak, para lansia umumnya mengalami penurunan fungsi kognitif yang signifikan dibanding dengan mereka yang berusia remaja. Pikun, dan cenderung susah berbicara adalah salah satu ciri para lansia, penurunan daya ingat ini disebut juga dengan penyakit neurodegeneratif yang disebabkan oleh usia.

Untungnya ada kabar baik yang datang dari sebuah studi oleh Frontiers in Nutrition pada tahun 2021 silam. Dalam studi tersebut terdapat fakta bahwa para lansia memiliki skor penurunan funsi kognitif palinggi dari serangkaian tes yang diuji. Dari serangkaian tes tadi, para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi alpukat secara signifikan dapat mengatasi kinerja memori yang menurun.

Buah Alpukat yang dikonsumsi secara rutin bermanfaat menjaga Kesehatan dan meningkatkan kinerja Usus.

Organ usus kita bertugas menyerap berbagai nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Menjaganya agar tetap optimal tentu tidak akan membuat makanan yang kita makan menjadi sebatas penghilang rasa lapar. 

Memang, usus yang sehat dan dapat menyerap nutrisi secara maksimal didapat dari sel-sel usus yang sehat serta bakteri-bakteri baik di dalamnya.

Mengkonsumsi buah alpukat secara rutin mendapatkan manfaat bahwa kandungan seratnya yang mengesankan dapat meningkatkan kinerja usus dan memelihara bakteri baik dalam usus.

Informasi dari USDA memberikan kabar baik bahwa jumlah serat pada satu buah alpukat berada pada angka yang lebih dari cukup dari yang direkomendasikan oleh panduan diet 2020-2025 yaitu pada kisaran angka 28-34 gram per harinya.

Serat sangat dibutuhkan oleh usus, sebab dari serat inilah akan terbentuk asam lemak rantai pendek sebagai hasil dari peranan penting mikroba yang menjadi produsennya. Selanjutnya, asam lemak rantai pendek ini diberikan kepada sel-sel usus dan dinding usus supaya mereka tetap terjaga kesehatannya.

Kesimpulannya, pada buah alpukat mengandung zat semacam probiotik yang dapat memlihara usus tetap sehat dan juga menjaga kesehatan bakteri dan mikroba baik di dalam usus.

Dengan memenuhi kebutuhan akan probiotik ini maka bakteri baik yang ada dalam usus melakukan fermentasi serat dengan baik dan akibatnya menurunkan jumlah asam empedu tinja yang dapat mengakibatkan radang usus hingga diare. 

Bermanfaat Menjaga Berat Badan Kamu Agar Tetap Ideal. Lemak dan Kalori di Buah Alpukat tidak perlu dikhawatirkan.

Sedari awal, pembahasan manfaat buah alpukat sudah dikabarkan bahwa kandungan lemak dan kalorinya memiliki jumlah yang mengesankan dibandingkan dengan buah lainnya.  Namun kamu nggak perlu phobia terhadap buah alpukat.

Mengkonsumsi makanan dengan kadar Lemak dan kalori tinggi memang membuat kamu akan sedikit cemas dan cenderung menghindarinya. Tapi sebaiknya tidak dengan buah alpukat.

Berdasarkan studi Journal of American Heart Association mendapatkan fakta yang cukup mencengangkan buat kamu yang lagi berjuang menyetabilkan berat badan. Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2022 tersebut menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi buah alpukat setidaknya satu buah per hari tidak akan meningkatkan berat badan sama sekali meskipun kandungan lemak dan kalori dalam buah alpukat tergolong tinggi.

Kenapa kandungan Lemak dan kalori pada buah alpukat tidak memberikan kontribusi apapun pada peningkatan berat badan kamu?

Jawabannya adalah lemak pada buah alpukat dan seratnya. Lemak pada buah alpukat tergolong lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan penyimpanan lemak. Selain itu, serat pada buah alpukat membantu kamu merasa kenyang.

Jadi, buah alpukat sangat baik dikonsumsi secara rutin walaupun cuma 1 buah perharinya.

Buah Alpukat Juga Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung menyerang bisa menyerang siapa saja dan tidak memandang usia. 

Untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung, kamu dan orang orang yang kita cintai harus menerapkan pola hidup sehat seperti makan teratur, tidur yang terpola dengan baik dan tidak meminum alkohol. 

Pola hidup sehat sangat membantu sekali dalam mencegah datanya penyakit jantung dan penuhi menu makanan harian kamu dengan zat-zat atau nutrisi yang membantu menjaga jantung tetap sehat seperti magnesium, kalium, serat, folat, lemak tak jenuh tunggal, polifenol, dan antioksidan.

Untungnya lagi semua zat yang dibutuhkan tadi terkemas dalam daging buah alpukat yang sudah matang. Sekali lagi, dengan mengkonsumsi buah alpukat setiap hari, meskipun kamu mengeluarkan bajet ekstra tidak akan sia-sia jika dilihat dari manfaat yang didapat. 

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2020 oleh The Journal of Nutrition nutrisi yang ada pada buah alpukat menurunkan kadar kolesterol yang menymbat kedalam pembuluh arteri kita. 

Luar biasa bukan...!

Kesimpulannya

Buah yang berasal dari Amerika Tengah dan diperkirakan mulai masuk ke Indonesia pada abad ke 18 ini sangat baik jika dikonsumsi harian. Dari beberapa point di atas menunjukkan bahwa kita membutuhkan asupan buah alpukat dalam hidangan harian dan rasakan manfaatnya untuk hidup yang lebih baik.

Posting Komentar

0 Komentar