Nggak Cuma Buat Bumbu Penyedap, Ini Manfaat Daun Jeruk Purut Bagi Kesehatan Kamu

Manfaat Daun Jeruk Purut Bagi Kesehatan. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Daun jeruk purut merupakan salah satu rempah yang umumnya dijadikan sebagai penyedap masakan. Bahkan ada juga yang dijadikan sebagai campuran minuman seperti teh dan lainya. Namun banyak yang belum tahu apa saja manfaat dan khasiat daun jeruk purut ini untuk kesehatan kita.

Berikut sparklepush.com ulas apa saja manfaat yang bisa dirasakan bagi kesehatan kita.

Berdasarkan jurnal Nutrition yang sparklepush.com kutip dari laman hallosehat.com membawa kabar gembira bagi kamu yang mengalami masalah pada kesehatan mulut dan gigi. 

Kabarnya, daun jeruk purut dapat mengatasi masalah perkembang biakan bakteri pada mulut yang dapat memicu masalah kesehatan mulut kita. 

Caranya pun sangat sederhana yaitu hanya dengan mengoleskan daun jeruk purut secara langsung kepada area gigi dan gusi. Efeknya, zat yang terkandung dalam daun jeruk purut ini dapat menghambat aktivitas S. mutants.

Dengan terhambatnya bakteri-bakteri ini, kesehatan mulut dan gigi kamu pun terhindar dari resiko terkena karies gigi. 

Nah, mudah sekali bukan!?

Selain dapat mencegah dan menangani masalah mulut dan gigi, masih ada manfaat laninya yang dapat di ambil dari daun jeruk purut lho! Yaitu untuk masalah peradangan.

Telah diketahui bahwa daun jeruk purut itu memiliki kandungan senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Bukan hanya itu, Antioksidan dalam daun jeruk purut adalah jenis terpenoid yang sudah diteliti oleh peneliti dan dipublikasikan dalam jurnal Biosciences Biotechnology Research Asia.

Dalam penjelasannya zat antioksidan terpenoid itu sangat membantu sekali dalam melawan peradangan.

Kabar bagusnya lagi, ternyata ada setidaknya 3 manfaat dari antioksidan terpenoid ini bagi kesehatan kamu yaitu memiliki peran sebagai antikanker pada kanker serviks.

Baca juga: Pssttt…! Bumbu Dapur Berikut Ini Ternyata Bisa Juga Dijadikan Obat Lho

Selain berkhasiat sebagai antikanker pada kanker serviks daun jeruk purut yang memiliki aroma khas ini juga berkhasiat sebagai zat yang melawan kanker payudara dan kanker prostat. 

Daun Jeruk Purut Berkhasiat Melawan Kanker Payudara dan Kanker Prostat. Foto unsplash.com/@georgiadelotz

Ladies pasti nggak pengin menderita penyakit kanker sekalipun dalam hidup. Untungnya, jawaban untuk mencegah penyakit mematikan bagi kaum hawa ini terjawab dengan mudah yaitu dengan mengkonsumsi rebusan daun jeruk purut secara rutin.

Begitu pula dengan Bapack-bapack yang nggak pengin bermasalah pada kesehatan prostatnya. Prostat pada pria juga rentan terhadap penyakit kanker yaitu kanker prostat. Untungnya lagi, cukup dengan mengkonsumsi rebusan daun jeruk secara rutin, senyawa antioksidan dan antikanker dalam daun jeruk purut ini mampu melawan kanker prostat.

Nah, manfaat atau khasiat lainya yang terdapat pada daun jeruk purut berikutnya adalah dapat mengatasi peradangan. Zat yang terkandung dalam daun jeruk purut ini aktive sebagai antibakteri yang melawan bakteri jahat penyebab kesehatan saluran pernapasan.

Secara umum, daun jeruk purut dapat mengatasi masalah peradangan akan tetapi para peneliti masih memerlukan penelitian lebih lanjut tentang khasiat dalam melawan peradangan. Semoga saja hasil penelitian berikutnya memberi kabar baik bagi kita.

Daun Jeruk Purut Bisa Bikin Pikiran Kamu Rileks. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Dipercaya atau pun tidak, semerbak aroma daun jeruk purut ini dapat membuat kamu rileks. Oleh karena itu ada beberapa ahli kesehatan yang menyarankan memanfaatkan aroma daun jeruk purut sebagai aromatherapy.

Aromatherapy merupakan salah satu cara meningkatkan kesehatan fisik dan psikis yang diracik dari minyak esensial dari berbagai macam tumbuhan termasuk salah satunya adalah dari daun jeruk purut.

Aromatherapy ini sangat bagus bagi kamu yang sedang dilanda kegalauan sehingga hanya dengan menghirup aromanya saja galaupun terusir. 

Bukan cuma bikin kamu rileks ya Klepusher. Ada manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari aromatherapy ini.
  1. Meningkatkan kualitas tidur
  2. Memperbaiki sistem pernapasan
  3. Redakan nyeri dan radang
  4. Mengurangi mual
Nah, itulah manfaat dari daun jeruk purut jika diaplikasikan sebagai aromatherapy.

Masih ada lagi khasiat dari daun jeruk purut lho yaitu dapat memelihara kesehatan rambut. 

Beberapa masalah pada rambut seperti kebotakan, ketombe, gatal-gatal di kulit kepala dapat diatasi dengan daun jeruk purut. Bahkan kutu rambut pun bisa diatasi dengan daun jeruk purut.

Baca juga: Was-was Uban Tumbuh Di Usia Muda Pun Hilang, Cegah dengan Konsumsi Ini...!


Cukup dengan kombinasi jeruk nipis dan daun jeruk purut kemudian dioleskan kepada rambut. Zat-zat yang terkandung di dalam kombinasi daun jeruk purut dan jeruk nipis ini akan memperkuat folikel rambut sehingga memperlambat proses kebotakan.

Selain dapat mengatasi kebotakan, daun jeruk purut juga mampu mengatasi ketombe dan membersihkan kulit kepala dan melembapkannya serta dapat membuat rambut kamu terlihat lebih berkilau.

Selain dapat memelihara kesehatan rambut dari dalam, daun jeruk purut juga diyakini dapat mengatasi masalah kutu rambut. 

Kutu rambut memang salah satu gangguan kesehatan yang tidak diinginkan oleh semua orang. Efek dari kutu rambut pun sangat bikin tidak nyaman seperti gatal-gatal, kulit kepala memerah hingga bau rambut yang tidak sedap akibat adanya aktifitas kutu rambut.

Namun kabar baiknya, kamu bisa atasi masalah kutu rambut ini dengan memanfaatkan daun jeruk purut juga lho.

Nah, benar kan. Ternyata daun jeruk purut itu memang nggak cuma buat bumbu penyedap saja. Ada segudang manfaat dari daun jeruk purut yang khasiatnya dapat dimanfaatkan bagi kesehatan kamu.

Sumber:
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-daun-jeruk-purut/

Posting Komentar

0 Komentar