Boleh Dicoba, Ini Cara Memakan Pisang Yang Baik Untuk Kesehatan

Emak-emak sambil senyum-senyum bawa pisang setandan. Foto pixabay.com/id/users/gunnarmallon-13698769/

Cara Makan Pisang Yang Baik Untuk Kesehatan.

Salah satu buah yang mudah dijumpai di pasar adalah pisang. Mulai dari pisang ambon, pisang raja, pisang emas, pisang gepok, pisang tanduk, bisa dengan mudah kita jumpai di pasar-pasar tradisional. 

Sangkin mudahnya, bahkan di pusat perbelanjaan modern seperti mal, ataupun mini market pun terkadang tidak absen dari buah yang selalu identik dengan warna kuning ini.

Popularitas buah pisang seiring dengan ragam manfaat dan khasiatnya yang tak hanya kaya akan vitamin C. Namun ada kandungan-kandungan gizi lain yang sangat berkhasiat bagi kesehatan Klepusher bilamana dikonsumsi secara tepat dan benar.

Iya, Benar...!

Jika tidak dikonsumsi secara tepat dan benar, alih-alih dapet khasiat untuk kesehatan dan kebugaran badan, malah yang datang sebaliknya.

Nah, berangkat dari sinilah sparklepush.com membahas cara memakan pisang yang baik dan benar agar khasiatnya dapat termanfaatkan secara optimal.

Makan Pisang yang benar. Foto unsplash.com/@deonblack

Tau nggak sih, cara makan pisang dengan baik itu tidak akan mengurangi nilai jumlah nutrisi atau gizi yang terkandung di dalamnya.

Vitamin, mineral, protein dan zat-zat lain ada di dalam buah pisang. Secara umum, nutrisi yang terkandung di dalam buah pisang ini memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita. 

Menurut informasi yang beredar di dumay, terdapat nutrisi segini dalam buah pisang ukuran sedang:
  • 88,4 gram (g) air
  • 105 kalori
  • 1,29 g protein
  • 27 g karbohidrat
  • 3,07 g serat
  • 14,4 g gula total
  • 6,35 g pati
  • 5,9 miligram (mg) kalsium
  • 31,9 mg magnesium
  • 26 mg fosfor
  • 422 mg kalium
  • 1,18 mikrogram (mcg) selenium
  • 10,3 mg vitamin C
  • 23,6 mcg folat atau vitamin B9
  • 30,7 mcg beta karoten
Nah, bagaimanakah cara makan pisang yang baik?

Cara makan buah pisang yang baik bisa dimulai dari berdasarkan waktunya supaya manfaat dan khasiatnya dapat terserap oleh tubuh secara optimal. 


Jika Klepusher makan buah pisang di siang hari, maka manfaat yang dapat kalian rasakan adalah energi tubuh akan kembali. Jadi, pas lagi lemes-lemesnya di waktu transisi akhir menjelang waktu makan siang dan kamu makan 1 hingga 2 buah pisang maka kandungan gula alami dan seratnyalah yang mengisi kembali energi tubuh secara spontan buat ngelanjutin kerjaan sebelum jam makan siang sudah benar-benar masuk.

Makan buah pisang pada malam hari, beberapa jam sebelum tidur malamu dapat membantu Klepusher untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Lho kenapa?

Karena kandungan melatonin di dalam  jus pisang atau buah pisang yang ukurannya setara dengan 2 buah pisang kupas jika dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur memberikan efek menenangkan otak. Selain memberikan efek yang menenangkan tadi, makan pisang sebelum tidur, menurut hasil riset yang diterbitkan oleh sebuah jurnal kesehatan, dapat meningkatkan hormon yang mengatur waktu tidur dan bangun.

Nah itulah cara makan pisang yang baik untuk kesehatan Klepusher bila ditinjau dari timing-nya maka dampak positif bagi kesehatannya tetap bisa dirasakan seperti yang sudah dijelaskan di atas ya.

Cara makan pisang berikutnya adalah yang berdasarkan tujuannya. Kita ambil contoh yaitu bagaimana cara makan pisang dengan tujuan untuk menyusutkan berat badan.

Emang ada?

Ada lah...! Simak ya...!

Berat badan yang berlebihan bikin penampilan Klepusher jadi nggak kinclong. Lebih buruknya lagi ditambah dengan penampilan perut yang membuncit.

Nah, ada kabar baik juga lho bagi kamu yang udah punya tekat bulat untuk ngecilin perut buncit kamu. Untungnya, hanya dengan makan buah pisang dengan cara yang baik dan benar maka manfaat bagi kesehetan terutama dalam kontrol berat badan dapat secara efektif dilakukan.

Kelebihan berat badan memang menjadi faktor hinggapnya banyak penyakit seperti kolesterol, darah tinggi, jantung dan penyakit-penyakit berat yang lainnya. 

Nah, cara makan pisang supaya dapat dengan optimal dalam mengambil manfaat dan khasiatnya untuk mengecilkan perut buncit Klepusher adalah dengan menjadikannya sebagai cemilan.


Sebelum atau sesudah aktifitas olahraga sebaiknya makan lah buah pisang terlehih dahulu.

Ilustrasi Cara Makan buah Pisang untuk Pelangsing Perut Buncit. Foto unsplash.com/@dainisgraveris

Kandungan glukosa dalam buah pisang dapat memberikan kontribusi asupan energi spontan setelah beraktifitas di gym. Glukosa yang ada pada buah pisang ini merupakan glukosa yang dapat terserap dengan mudah oleh tubuh. Jadi kamu tidak kelaperan lagi setelah nge-gym habis-habisan untuk mengembalikan perut indahmu.

Ibarat sekali dayung dua-tiga pulau terlewati, selain kandungan glukosa yang mudah diserap oleh tubuh, Potasium yang ada pada pisang juga dapat memulihkan energi sekaligus mencegah timbulnya kram otot dan pusing-pusing setelah asyik berolah raga.

Cara makan buah pisang ini juga sebenarnya nggak perlu ribet-ribet pake digoreng segala. Tapi justru lebih baik dan lebih disarankan oleh para ahli gizi untuk memakannya secara langsung, bukan cemilan dalam bentuk pisang goreng, molen atau yang lainnya.

Meskipun demikian, para ahli justru menganjurkan makan pisang sebelum atau sesudah berolahraga bersama dengan selai kacang atau telur rebus. Karena menurut para pakar, hal ini justru membuat energi yang didapat lebih optimal.

Cara berikutnya adalah makan pisang yang belum terlalu matang.

Enak nggak sih?

Enaknya sih kalau tujuan dalam masalah menjaga kesehatan dengan memperjuangkan berat badan yang benar-benar ideal, pertanyaan seperti ini tidak perlu dipermasalahkan. Namun sebenarnya memakan pisang yang kondisinya masih belum terlalu matang justru lebih direkomendasi oleh para pakar.

Ya, menurut para ahli untuk mendapatkan perut yang ramping bisa didapat dengan cara makan pisang yang belum terlalu matang.

Hal ini bertujuan agar Pati Resisten pada pisang setengah matang dapat secara optimal memberi makan bakteri baik pada usus kita yang kemudian bakteri baik ini akan menekan nafsu makan kita. Selain dapat menekan nafsu makan, dengan makan pisang ini ampuh memproses oksidasi lemak yang lebih efisien.

Bikin Smoothie, Cara makan pisang palik nikmat. Foto unsplash.com/@gabriellefaithhenderson

Sebenarnya cara makan pisang yang belum begitu matang atau bahkan masih mentah secara langsung akan terasa ada pahit-pahitnya. Namun agar tetap mendapatkan manfaat dan khasiat dari buah pisang ini Klepusher bisa bikin smoothie pisang. 

Manfaat makan pisang yang belum matang adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Sistem metabolisme tubuh yang meningkat tentu akan melancarkan program diet kamu. Sehingga berat badan kamu akan membaik dan ideal.

Cara makan pisang yang baik untuk kesehatan adalah dengan memakannya secara langsung. Selain enak, pisang juga diketahui oleh pakar kesehatan sebagai buah yang minim resiko terpapar sisa-sisa pestisida. 

Buah pisang memiliki kulit yang cukup tebal untuk melindungi inti buahnya dari bahaya kontaminasi racun pestisida yang dapat menempel dan kemudian menumpuk di tubuh kita. Nah, sisa-sisa pestisida ini jika termakan oleh tubuh kita justru akan meningkatkan berat badan karena sisa-sia pestisida ini membentuk suatu zat yang dikenal sebagai obesogens.

Sebaiknya tidak makan pisang dengan cara digoreng. Sebab pisang goreng dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan dari cuma sakit batuk-batuk hingga berisiko terkena kanker.


Selain dapat mengurangi kadar gizi dalam buah pisang, mengolah pisang dengan dijadikan pisang goreng ternyata dapat berisiko buruk bagi kesehatan juga lho. Kamu tentu tidak ingin mengalami sakit seperti migrain, batuk-batuk, gangguan pencernaan bahkan hingga stroke dan kanker cuma gara-gara terlalu asyik dan terlalu sering makan pisang goreng.

Nah biar Klepusher tidak menyesal di kemudian hari sebaiknya konsumsi pisang dengan cara-cara yang lebih sehat seperti memakannya secara langsung atau dibuat jus dan smoothie. Cara makan pisang dengan metode ini lebih minim resiko dibanding dengan mengolahnya menjadi pisang goreng atau molen.

Menjadikan pisang sebagai pisang goreng juga akan menurunkan kadar gizi di dalamnya akan tetapi meningkatkan kadar lemak. Bahkan lebih parahnya lagi, zat potasium yang ada dalam pisang yang dijadikan pisang goreng tidak hanya menurun, melainkan hilang. 

Padahal pada saat setelah berolahraga, zat potasium ini sangat membantu kita untuk memulihkan energi dan sebagai pencegah keram otot seperti yang sudah dijelaskan di atas.


Semoga Bermanfaat



Sumber:
https://jambi.tribunnews.com/2018/04/28/ini-waktu-yang-tepat-mengonsumsi-pisang-agar-manfaatnya-tercapaiz
https://jovee.id/18-manfaat-mengonsumsi-buah-pisang-untuk-kesehatan/
https://food.detik.com/info-sehat/d-5357346/5-cara-makan-pisang-untuk-rampingkan-perut-ini-kata-pakar?single=1
https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/kesehatan/pr-201468835/awas-ini-5-bahaya-sering-makan-pisang-goreng-bagi-kesehatan-salah-satunya-stroke

Posting Komentar

0 Komentar