Jangan Ditebang Dulu, Ini Manfaat Daun Kersen Bagi Kesehatan, Dari Kolesterol Sampai Kanker

Manfaat Daun Kersen Bagi Kesehatan. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Jika sekitar halaman rumah Klepusher ada pohon Kersen, jangan buru-buru ditebang habis ya. Pasalnya, Pohon yang punya nama Muntingia calabura ini ternyata daunnya punya banyak manfaat bagi kesehatan. Yuk simak...!

Pohon kersen termasuk pohon yang multi guna, mulai dari peneduh rumah hingga buahnya yang imut dan berwarna merah jika sudah ranum bisa dimakan secara langsung ataupun diolah. Bahkan ternyata daunnya pun punya manfaat juga bagi kesehatan kita. Disinyalir khasiat dan manfaatnya dapat mengatasi kolesterol hingga kanker.

Selain itu, pohon inipun mudah sekali tumbuh dan mudah dijumpai di pinggir-pinggir jalan atau dipekarangan. Jika kamu punya pohon kersen, pasti tidak merasa kerepotan dalam merawatnya karena tumbuhan ini memiliki daya tahan yang baik dalam menghadapi berbagai cuaca.

Banyak yang belum tahu bahwa dalam daun kersen memiliki kandungan senyawa kimia nabati yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu kandungan kimia nabati yang terdapat dalam daun kersen adalah zat Flavonoid. 

Ada 3 manfaat utam flavanoid yang bisa kamu dapatkan dari daun kersen 
  1. Membantu penyerapan vitamin C agar lebih baik.
  2. Membantu pencegahan dan pengobatan daripada alergi, infeksi virus, arthritis, dan kondisi peradangan tertentu.
  3. Memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.
3 manfaat tersebut bisa didapat dengan mudah dan murah hanya dari daun kersen, tumbuhan yang sering kita anggap sepele namun ternyata punya manfaat dan khasiat bagi kesehatan yang luar biasa.

Apalagi di tengah pandemi dan cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini banyak teman dan saudara kita yang tiba-tiba merasa nggak enak badan, eh tau-tau besoknya jatuh sakit.

Tentu kondisi yang seperti itu tidak ingin kita alami, bukan!?

Tak cuma sampai disitu saja ternyata. Jika kita rajin mengkonsumsi ekstrak daun kersen secara rutin ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Ilustrasi Menjaga Daya Tahan Tubuh. unsplash.com/@pawel_czerwinski


Daya tahan tubuh ibarat sebuah tameng atau baju zirang bagi tubuh kita. Untuk itu perlu dijaga dan dipelihara kondisinya agar tetap prima. Jika kita sudah memelihara daya tahan tubuh dengan baik, maka kita tidak akan mudah sakit terlebih di tengah pandemi dan musim pancaroba.

Nah, pada ekstrak daun kersen terdapat zat flavanoid yang sangat berperan penting dalam penyerapan vitamin C ke dalam tubuh. 

Nggak cuma itu, Daun Kersen juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat baik jika bisa kita konsumsi secara rutin supaya kita dapat mengambil manfaatnya secara maksimal.

Senyawa aktiv Flavanoid dan Vitamin C keduanya sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Dimana senyawa aktif flavanoid membantu memudahkan penyerapan Vitamin C ke dalam tubuh kita. Sedangkan Vitamin C yang sudah terserap dengan baik oleh tubuh berperan penting dalam menjaga kadar kolesterol dalam darah serta meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Untuk mendapatkan manfaat Daun Kersen bagi Kesehatan yang berkaitan dengan asam urat caranya sangat mudah sekali yaitu cukup dengan merebus air yang sudah dicampur dengan 10 lembar daun kersen kemudian rebuslah hingga air sedikitnya 200ml yang sudah ditambahkan daun kersen tadi berubah warna menjadi kuning.

Gimana? Sangat mudah bukan!?

Selain dengan direbus secara langsung. Daun Kersen juga dapat dimanfaatkan untuk minuman ala-ala teh.

Caranya yaitu cukup dengan mengeringkan daun kersen, kemudian daun kersen yang sudah kering tadi dapat dibuat minuman teh dengan diseduh.

Nah, itu baru pertama manfaat dan khasiat daun kersen bagi kesehatan. Masih ada manfaat kedua yang mungkin Klepusher baru tahu sebelum baca artikel tentang manfaat daun kersen bagi kesehatan.

Manfaat dan khasiat Daun Kersen berikutnya yaitu dapat digunakan sebagai obat sakit kepala. Cara mengolah daun kersen untuk mengambil manfaat dan khasiatnya sebagai obat sakit kepala, cukup dengan merebusnya.

Manfaat Rebusan Air Kersen. Foto tangkap layar https://www.youtube.com/@ammartivi9838


Kandungan antioksidan dan antimikroba yang terdapat dalam daun kersen ternyata efektif menurunkan sakit kepala yang bikin kepala kamu cekot-cekot kaya disengat Bumblebee.

Sakit kepala memang penyakit yang bisa dibilang penyakit yang sering disepelekan. Banyak yang mengakhiri solusi sakit kepala dengan obat-obatan yang dijual di toko-toko kelontong. Namun jika sakit kepala sering terjadi secara periodik, tandanya Klepusher perlu waspada dan segera berkonsultasi dengan ahlinya.

Secara garis besar, sakit kepala terbagi menjadi dua golongan. Sakit Kepala Primer dan Sakit Kepala sekunder.

Sakit Kepala Primer merupakan sakit kepala yang bersumber dari kepala dan tidak berkaitan dengan penyakit lain. Sakit kepala jenis ini merupakan sakit kepala yang disebabkan oleh kurangnya tidur, terlambat makan dan bisa jadi karena salah posisi tidur.

Sedangkan sakit kepala sekunder merupakan sakit kepala yang terjadi karena ada penyakit lain yang mengikutinya seperti sinusitis, infeksi telinga, tumor otak dan yang lainnya.

Nah, para pakar menyarankan solusi penyembuhan sakit kepala dengan rebusan daun kersen secara rutin. Caranya, ambil 10 lembar daun kersen kemudian cuci hingga bersih. Rebuslah daun kersen tadi kedalam air sebanyak kira-kira 200ml. Rebuslah daun kersen hingga air rebusan berubah warna kekuningan.

Selain bisa menyembuhkan sakit kepala, masih ada khasiat dan manfaat lain dari daun kersen bagi kesehetan kita yaitu sebagai pengontrol gula darah.

Manfaat Daun Kersen bisa atasi gula darah tinggi. Foto https://unsplash.com/@hieptltb97


Mungkin kamu sebenarnya sudah pernah mengalami beberapa gejala gula darah tinggi sebagai berikut:

  1. Laperan tapi berat badan tetep turun
  2. Serba capek
  3. Penglihatan ngeblur hingga sakit kepala
  4. Luka yang lama sembuhnya
  5. Sering kesemutan pada bagian tangan dan kaki
  6. Bentuk kulit yang berubah seperti:
    • Lepuh.
    • Infeksi.
    • Kekeringan.
    • Gatal.
    • Perubahan warna.
    • Kelainan kulit. 
  7. Pembengkakan pada gusi
7 Gejala di atas adalah menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan gula darah kamu. 

Segeralah berkonsultasi kepada ahlinya untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Jika dari hasil konsultasi kamu menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan kadar gula darah kamu maka sebaiknya lakukan saran mereka.

Meskipun demikian terkadang banyak dari warganet yang lebih memilih untuk mengatasi masalah gula darah tinggi dengan solusi yang lebih alami. Biasanya mereka melakukan ini karena tidak mau mengalami sakit yang lebih berkepanjangan akibat terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Nah, untungnya dalam daun kersen ada manfaat dan khasiat yang bisa kita ambil untuk mengatasi masalah gula darah tinggi.

Untuk mengambil manfaat dan khasiat daun kersen sebagai pengontrol gula darah, kamu cukup lakukan hal mudah berikut ini.
  1. Ambil daun kersen ± 10 lembar
  2. Siapkan air sebanyak ± 200ml
  3. Panaskan air hingga mendidih
  4. Masukkan daun Kersen 
  5. Tunggu hingga air rebusan berubah menjadi warna kekuningan
  6. Minumlah selagi hangat.
Minumlah air rebusan daun kersen tadi secara rutin, kandungan flavonoid dan saponin dalam daun kersen yang terlarut ke dalam air rebusan daun kersen diyakini mampu mengatasi masalah kesehatan ini, gula darah yang tinggi. 

Senyawa saponin dan juga Flavanoid merupakan salah satu senyawa yang dapat mengatasi tubuh dari pengaruh radikal bebas. 

Bukan hanya itu, 2 zat ini mampu mempercepat proses sekresi hormon insulin untuk memperbaiki metabolisme gula darah. Hasilnya, penyakit gula darah tinggi pun berangsur-angsur membaik. Bahkan luka yang disebabkan oleh gula darah tinggi pun bisa sembuh.

Nggak cuma gula darah tinggi, daun kersen juga menjadi salah satu obat alternative herbal untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya yaitu asam urat. 

Ilustrasi nyeri sendi akibat asam urat. Foto unsplash.com/@javaistan


Kena asam urat memang bikin tubuh kamu jadi serba susah. Gimana nggak susah, bagian tubuh kamu terutama pada persendian dapat merasakan nyeri yang tiba-tiba. Walaupun nyerinya cuma sebentar, terkadang rasa nyeri ini juga dapat mengganggu aktivitas kamu.

Bahkan terkadang muncul beberapa benjolan dari tubuh kamu yang dekat dengan beberapa ruas sendi. Benjolan ini bisa muncul di sekitar area kaki ataupun tangan. 

Selain menderita benjolan dan nyeri pada beberapa sendi, terkadang juga diiringi dengan rasa sensari panas pada bagian-bagian sendi. Tentu sensasi panas ini akan tidak menyenangkan bahkan sangat mengganggu.

Namun, kamu nggak perlu hawatir jika di sekitar rumah ada pohon kersen. Daun kersen memang memiliki banyak sekali zat yang dapat dimanfaatkan untuk tubuh kita seperti Vitamin C, Flavonoid, Saponin, tannin, triterpene, dan polifenol. Zat-zat tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Mengkonsumsi rebusan air dari daun kersen selain dapat menyembuhkan masalah gula darah juga dapat mengatasi masalah peradangan pada sendi, seperti yang dialami oleh para penderita asam urat. Nggak cuma ini ya, kandungan senyawa yang ada pada ekstrak daun kersen dapat menghambat enzim xantin oksidase.

Enzim xantin oksidase inilah yang berperan dalam pembentukan asam urat. 

Sebenarnya, tubuh kita memerlukan asam urat. Tentunya kebutuhan asam urat yang baik adalah ketika asam urat ini diproduksi dalam ambang batas normal. 

Asam urat akan menjadi masalah dalam kesehatan jika jumlahnya sudah melebihi ambang batasnya. 

Asam urat sendiri sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh sebagai antioksidan dan juga berperan penting dalam pembentukan sel. 

Jika tubuh kamu mengalami masalah persendian seperti yang dijelaskan di atas, maka kamu perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kadar asam urat kamu apakah masih dalam ambang batas normal atau sedah kian ekstrim.

Untungnya jika kamu memiliki masalah kesehatan seperti asam urat ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun kersen.

Daun kersen dapat menormalisasikan kadar asam urat dalam tubuh kamu.

Para ahli justru menyarankan supaya kita tidak hanya mengkonsumsi ekstrak daun kersen tetapi buah kersen juga dianjurkan untuk dimakan juga. Mereka menganjurkan kita untuk mengkonsumsi buah kersen setidaknya 9 buah kersen setiap hari untuk mengatasi masalah kesehatan sendi kamu.

Masih ada lagi manfaat daun kersen yang sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut, kram akibat gas perut, dan gangguan pencernaan lainnya yang disebabkan oleh bakteri E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus dan B. Subtilis.

Manfaat Daun Kersen untuk atasi masalah pencernaan. Foto unsplash.com/@sasun1990


Daun Kersen bukan hanya dikenal sebagai herbal yang dapat mengatasi masalah yang disebabkan oleh radikal bebas. Ternyata, daun kersen ini juga memiliki kandungan senyawa antibakteri yang dapat mengatasi masalah pencernaan juga lho.

Jadi, jika Klepusher ada masalah kesehatan disekitar organ pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, cukup dengan merebus daunnya dan diminum secara rutin dapat mengatasi masalah ini.

Umumnya masalah pencernaan timbul karena bakteri jahat yang berkembang biak pada bagian pencernaan tubuh. Efek dari perkembangbiakan bakteri-bakteri jahat ini dapat menimbulkan masalah diare, otitis internal, dan bahkan dapat mengatasi masalah keracunan makanan. Wow, dahsyat.

Nah, seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa daun kersen memiliki manfaat bagi kesehatan mulai dari kolesterol bahkan masalah kanker yang dapat mengganggu kesehatan kamu ternyata ini bukan isapan jempol belaka.

Daun kersen memiliki manfaat dan khasiat untuk mengatasi kanker yang hinggap di dalam tubuh.

Kita semua tahu bahwa penyakit kanker adalah salah satu dari penyakit yang sangat mematikan selain penyakit jantung dan stroke.

Kandungan Flavonoid dalam daun kersen memiliki turunan yang cukup lengkap untuk mengatasi dan mencegah kanker dalam tubuh lho Klepusher.

Senyawa fitokimia seperti flavon, flavonon, flavan, dan biflavan ada didalam daun kersen. Senyawa-senyawa inilah yang berperan aktif menangkal radikal bebas pemicu kanker.

Dengan meminum ekstrak daun kersen maka senyawa kimia flavonoid dan saponin serta zat-zat antikanker lainnya terbawa masuk ke dalam tubuh kamu. 

Pada proses berikutnya, senyawa-senyawa ini akan menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh kita hingga lenyap.

Dengan demikian dapat mengurangi resiko kanker yang lebih parah. 

Penyakit kanker seperti Kanker serviks, kanker payudara dan jenis-jenis kanker lainnya pun bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi ekstrak daun kersen secara rutin. Ingat...! Rutin ya...! Supaya kamu dapat mengatasi masalah kesehatan terutama yang disebabkan oleh kanker.


Nah itulah manfaat dan khasiat daun kersen bagi kesehatan yang perlu kamu tahu.

Jadi pikir-pikir jika kamu mau nebang pohon kersen kan...!




Sumber:
https://hot.liputan6.com/read/4726409/10-manfaat-daun-kersen-untuk-kesehatan-bantu-jaga-daya-tahan-tubuh-dan-kolesterol
https://surabaya.tribunnews.com/2020/02/25/cara-menurunkan-mengobati-kolesterol-pakai-daun-kersen-berikut-langkah-langkah-untuk-mengolahnya
https://sajiansedap.grid.id/read/103367212/manfaat-daun-kersen-untuk-diabetes-coba-rebus-10-menit-lalu-minum-sebelum-tidur-kalau-minum-obat-belum-tentu-manjurnya-kayak-gini?page=all

Posting Komentar

0 Komentar