Tahunya Cuma Buat Bungkus Nasi. Ternyata Ada Manfaatnya Juga Buat Kesehatan Dari Daun Pisang. No. 1 Bisa Atasi Kanker

Manfaat Daun Pisang Bagi Kesehatan. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Selama ini mungkin kita tahunya daun pisang hanya untuk packaging nasi bungkus atau makanan tradisional lainnya seperti lontong, lemper, nogosari, dan yang lainnya. Tapi, kalau si daun hijau lebar dan panjang ini ada manfaatnya juga buat kesehatan kamu pasti baru ngeh kan!?

Apa saja sih manfaat daun pisang bagi kesehatan?

Berikut ini Sparklepush kasih tahu manfaatnya daun pisang bagi kesehatan yang dihimpun dari berbagai sumber kredibel.

1. Dari masalah Penuaan Dini hingga Kanker


Masalah penuaan dini ternyata dapat diatasi oleh daun pisang lho...!

Daun pisang ternyata kaya akan zat yang berperan aktif dalam mengatasi radikal bebas, yaitu antioksidan. Antioksidan inilah yang dapat mencegah penyakit degeneratif seperti demensia, alzeimer bahkan kanker sekalipun.

Untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan yang dapat kamu ambil dari daun pisang, kamu bisa bikin teh daun pisang dan diminum dengan rutin 1 - 3 kali sehari.

2. Sakit Tenggorokan reda dengan Daun Pisang


Daun Pisang. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Kondisi tubuh yang sedang tidak prima biasanya ditandai dengan adanya gejala. Salah satu gejalanya adalah sakit di bagian tenggorokan yang sangat mengganggu aktivitas terutama pada saat menelan makanan. Tentu asupan makanan pun jadi terganggu karena dalam kondisi normal, kita bisa melahap sepiring nasi akan jadi berkurang dan efeknya asupan makanan pun jadi berkurang.

Kondisi seperti ini (sakit tenggorokan) jika dibiarkan akan berdampak pada kesehatan. Karena asupan makanan yang berkurang akan mengurangi jumlah energi yang kita butuhkan dan badan pun akan jadi lemah dan lemas.

Untungnya, sakit tenggorokan ini dapat diatasi dengan daun pisang, mudah dan murah bukan!? Cara untuk mengambil manfaat daun pisang untuk sakit tenggorokan supaya kesehatan kita kembali prima pun mudah sekali.

Cukup dengan mengambil daun pisang secukupnya kemudian direbus. Hasil rebusan daun pisang ini kemudian diminum setidaknya sehari sekali minum. 

Khasiat yang ada pada daun pisang ini akan menurunkan sakit tenggorokan secara bertahap. Mudah dan murah bukan?

3. Kekebalan tubuh meningkat karena kandungan zat allantoin 


Ternyata tiap helai daun pisang memiliki manfaat besar bagi kesehatan karena kandungan zat allantoin di dalamnya. Zat allantoin inilah yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan berbagai sumber penyakit dan juga mempercepat proses penyembuhan.

Selain daun pisang, penghasil zat allantoin atau aluminium dihydroxy allantoinate juga terdapat pada tanaman Komfrey. 

Tumbuhan Comfrey (Komfrey) Penghasil Allantoin yang banyak pula dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Foto unsplash.com/@evgenslavin

4. Zat Antiradang dan Antioksidan pada daun pisang dapat menurunkan demam.


Demam umumnya disebabkan karena ada bagian dari tubuh kita yang sedang mengalami masalah. Radang tenggorokan misalnya, jika dibiarkan bisa menimbulkan demam yang serius.

Selain itu, Demam juga pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh kita sedang berjuang melawan penyebab penyakit yang sedang di derita.

Nah, untungnya, masalah demam ini dapat diatasi dengan daun pisang yang memiliki kandungan antiradang di dalamnya.

Caranya cukup dengan meminum rebusan daun pisang untuk mendapatkan efek astringen. Efek astringen ini bertanggung jawab dalam menurunkan dan meredakan gejala demam pada tubuh anda.

5. Mengobati Luka dan Iritasi Kulit.

Manfaat daun pisang untuk luka dan iritasi kulit. Foto dokumentasi sparklepush.com


Nah, banyak orang yang nggak menyangka bahwa daun pisang ini ternyata dapat digunakan untuk mengobati luka dan iritasi pada kulit. 

Luka akan sangat mengganggu jika dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan. Nah, usut punya usut, ternyata luka dan iritasi pada kulit kamu dapat disembuhkan dengan daun pisang juga lho.

Caranya cukup dengan menumbuk halus daun pisang secukupnya dan kemudian tempelkan pada bagian kulit yang terluka ataupun terkena iritasi. Atau kamu bisa mengikatnya dengan perban. Lakukan ini 2 kali sehari. Lukamu akan segera sembuh.

Sumber:
https://www.halodoc.com/artikel/jarang-diketahui-ini-5-manfaat-daun-pisang-untuk-kesehatan
https://farmasetika.com/2018/03/20/teh-klaras-sebagai-minuman-menyehatkan/

Posting Komentar

0 Komentar