Was-was Uban Tumbuh Di Usia Muda Pun Hilang, Cegah dengan Konsumsi Ini...!

Sparklepush.com - Muda tapi sudah punya uban pasti bikin Klepusher kelimpungan cari cara supaya uban tidak tumbuh di usia muda. Biar nggak mbleber kemana-mana jadi uban berjamaah yuk simak konsmsi makanan yang dapat cegah uban.

Rambut kepala memang ibarat mahkotanya kita ya Klepusher. Menjaganya tetap hitam berkilau, tebal dan eye-caching butuh perawatan yang ekstra.

Dipasaran, banyak sekali produk-produk kesehatan dan kecantikan yang menjanjikan untuk perawatan rambut supaya tebal, berkilau dan tidak lepek serta tidak kusut saat disisir.

Harganya pun beraneka, dari yang termurah, hingga yang termahal. Termasuk merk-merknya juga 'kan! Ada yang brand lokal bahkan ada brand-brand dunia pun ikut meramaikan produk kosmetik untuk perawatan rambut supaya rambut tetap pada kondisi kesahatannya yang prima.

Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati, demikian juga dengan urusan uban. Oleh karena itu ada cara lho cegah tumbuhnya uban yang muncul di usia muda. Sayang kan kalau usia masih muda tapi udah keluar uban. Itu tanda kalau kamu kurang serius dalam urusan kesehatan rambut.

Nah berikut daftar makanan yang bisa cegah kamu dari masalah ubanan.

  1. Sayur-sayuran hijau
  2. Buah berry
  3. Alpukat
  4. Almon
  5. Telur
5 jenis makanan di atas adalah makanan yang bisa cegah kamu dari urusan perubanan.

Yuk simak, betapa dahsyatnya 5 makanan tersebut yang dapat mencegah kamu dari masalah uban yang tumbuh terlalu awal. 

Brokoli, salah satu sayuran hijau yang bermanfaat untuk cegah uban di usia dini. Foto unsplash.com/@waldemarbrandt67w

1. Sayur-sayuran hijau.
Diantara jenis makanan yang paling mudah didapat di pasaran adalah sayuran hijau. Di pasar tradisional ataupun supermarket, banyak sekali pedagang yang menjualnya. Apa saja sih jenis-jenis sayuran hijau? Berikut ini daftarnya:
  • Bayam
  • Sawi Hijau
  • Kale
  • Dau Selada
  • Pakcoi
  • Kubis
  • Brokoli
  • Daun Bit
  • Watercress
  • Asparagus
  • Endive
  • Arugula
Jenis-jenis sayuran hijau tersebut adalah jenis sayuran yang dapat kamu konsumsi untuk mencegah tumbuhnya uban sejak dini. 

Kedahsyatan sayuran-sayuran hijau dalam urusan mencegah uban tumbuh di usia muda bukannya tanpa sebab ya Klepusher.

Sayuran-sayuran hijau ini memiliki nutrisi yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kita termasuk rambut dan pencegahan uban tumbuh di usia dini. 

Kandungan nutrisi pada sayuran-sayuran hijau ini banyak terdiri dari vitamin B kompleks yang mana Vitamin B kompleks pada sayur-sayuran hijau ini termasuk vitamin B6 dan B12. 

Vitamin B ini sangat membantu dan sangat dibutuhkan oleh rambut dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya supaya rambut tetap pada kondisinya yang prima.

Selain kandungan Vitamin B tadi, Nutrisi seperti asam folat juga terdapat dalam sayuran-sayuran hijau ini. Asam folat juga dibutuhkan oleh rambut untuk pencegahan uban diusia muda.


2. Berry
Buah berry adalah salah satu buah-buahan yang dapat dikunsumsi untuk pencegahan uban di usia muda. Buah ini banyak mengandung vitamin C. Vitamin C sangat berperan aktif dalam menangkal radikal bebas dan radikal bebas termasuk salah satu akar permasalahan kesehatan rambut yang efeknya dapat memunculkan uban di usia muda.

Mulberry atau Murbei adalah salah satu jenis berry-berryan yang banyak tumbuh di Indonesia. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Strawberry, Blackberry dan Blueberry merupakan berry-berryan yang familiar di pasar namun banyak yang tidak tahu bahwa masih juga ada berry lain yaitu Mulbery atau di RI dikenal dengan sebutan murbei.

Buah murbei atau mulberry ini juga memiliki kandungan yang 11-12 dengan berry-berry yang lain. Jadi baik blueberry, strawberry, blackberry dan jenis-jenis berry lainnya sangat bagus dikonsumsi untuk mencegah uban yang muncul di usia muda.

3. Alpukat
Sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin B yang dapat mendukung pertumbuhan folikel pada rambut, kamu juga bisa konsumsi buah Alpukat. 

Buah Alpukat


Buah alpukat justru lebih mudah didapat dipasaran dan harganya pun lebih terjangkau terlebih bagi kamu yang jauh dari modern market.

Di pasar tradisional juga banyak penjual yang menyajikan buah alpukat ini.

Buah alpukat memiliki kandungan vitamen B yang kompleks. Salah satu manfaatnya adalah dapat memenuhi kebutuhan vitamin B dalam tubuh kita. Nah, vitamin B inilah yang berperan penting dalam pembentukan folikel rambut yang berperan penting pula dalam zat pewarna atau pigmen rambut sehingga dapat mencegah kamu dari munculnya uban di usia dini.


Selain kamu mendapatkan manfaat dalam pencegahan uban di usia muda, kandungan asam folatnya buah alpukat ini juga sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil. 

Asam Folat sangat dibutuhkan juga bagi ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada janin.

4. Almond
Kacang almond juga bisa atasi was-was kamu soal uban yang bisa muncul di usia muda. 

Kacang Almond. Foto unsplash.com/@sajaya


Pasalnya, pada kacang almond ini kaya akan kandungan vitamin E yang dapat mengatasi inflamasi akibat dari pencabutan paksa pada rambut yang beruban. Kemudian vitamin E akan memperbaiki folikel rambut. Folikel yang sehat akan menentukan kesehatan rambut kalian mulai dari pigmen rambut, tekstur rambut dan hingga kekuatan rambut kamu juga.

5. Telur
Nah, selain sayuran hijau, buah berry-berryan dan juga termasuk alpukat, ada juga dari telur yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan rambut lho.

Telur dapat mencegah Uban sejak dini. Foto unsplash.com/@tengyart


Telur ternyata kaya akan vitamin B12. Vitamin yang sangat dibutuhkan dalam urusan pewarnaan rambut serta hal detail lainnya tentang  kesehatan rambut. 

Vitamin B12 berperan penting dalam penyaluran seluruh nutrisi kedalam tubuh hingga ke kepala termasuk juga pada folikel rambut dan beberapa bagian sel rambut lainnya. 

Nah, jika kita kekurangan vitamin B12 sudah barang tentu asupan gizi tidak bisa merata sampai ke kulit kepala, tempat menopangnnya rambut. 

Jika ketersediaan Vitamin B12 ini bermasalah maka dapat mengganggu kesehatan kulit kepala dan juga rambut. 

Akibatnya, Rambut jadi lepek, bau, mudah patah, dan yang paling mengkhawatirkan ada beruban di usia dini. 

Sumber:
https://hot.liputan6.com/read/4010765/konsumsi-5-makanan-ini-untuk-mencegah-tumbuhnya-uban

Posting Komentar

0 Komentar