Mengapa Kita Beruban? Ini Jawaban Sekitar Uban Yang Perlu Kamu Tahu

Sparklepush.com - Pertanyaan tentang "Mengapa kita beruban?" Atau "Mengapa muncul uban?" sering sekali muncul dalam perbincangan. Nah, untuk mengetahui alasannya, berikut ini jawaban sekitar uban yang perlu kamu ketahui ya.

Ilustrasi Uban. Foto unsplash.com/@s_plashchynski

Kesehatan yang bermasalah.

Bagi orang awam, pertanyaan soal uban yang sering muncul dalam perbincangan sehari-hari, umumnya menganggap Uban yang muncul di rambut kepala adalah hal yang wajar karena secara awam menganggap bahwa beruban sangat berkaitan dengan penuaan. Hal ini karena semua orang menganggap bahwa beruban adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari karena semakin umur bertambah maka semakin lama satu demi satu uban akan bermunculan. Namun kita tidak menyadari bahwa uban merupakan tanda bahwa Kamu bermasalah dalam urusan Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala.

Ini sangat berpengaruh pada penampilan. Terlebih jika kamu dalam usia yang masih muda. Bisa-basa kamu dicap tua sebelum waktunya.

Dihimpun dari berbagai sumber, Rambut beruban dikala usia masih tergolong muda disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12.

Bukan hanya kurang asupan vitamin B12. Penderita kelenjar tiroid juga memiliki resiko tumbuhnya uban lebih cepat. Mengapa demikian?

Hal ini disebabkan vitamin B12 berperan penting dalam pertumbuhan sel-sel rambut. Seperti yang kita ketahui bahwa sel darah merah menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh dan sel darah merah ini membutuhkan vitamin B12 untuk menyebarkannya. Jika sel darah merah kekurangan vitamin B12 sudah barang tentu penyaluran oksigen akan terhambat bahkan hingga ke sel rambut. Inilah pentingnya asupan vitamin B12 dan pengaruhnya jika kekurangan maka sel rambut pun mengalami gangguang pertumbuhannya sehingga rambut akan mengalami perubahan warna hingga menjadi uban di rambut kepala.

Sedangkan hormon Tiroid T3 dan T4 berperan langsung dalam pembentukan pigmen rambut yaitu sel yang membentuk warna rambut. Jika terlalu aktif ataupun kurang aktif bisa mengganggu produksi sel penghasil pigmen. Efeknya, masalah uban pun bisa tak terhindarkan meskipun usia kamu tergolong masih muda.

Uban, Cahaya penerang di Akhirat.

Meskipun uban merupakan suatu momok yang mengerikan bagi setiap orang yang mengutamakan penampilan namun ada sisi baiknya juga lho ketika seseorang sudah mulai beruban.

Ya, bener!

Uban, jika kita kaji lebih mendalam dari sisi keislaman maka menandakan bahwa seseorang yang sudah mulai beruban sebaiknya tidak dicabut.

Bahkan Islam menganjurkan untuk tidak mencabutnya sama sekali. 

Tentu anjuran yang diberikan oleh Rasulullah kepada umatnya memiliki alasan baik secara medis ataupun secara non medis.

Kedahsyatan uban dalam islam dianggap sebagai cahaya. Dimana jika uban dicabut maka seorang muslim akan kehilangan cahaya di akhirat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Daud berikut ini: 

لَا تَنْتِفُوا الشَّيْبَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَشِيبُ شَيْبَةً فِي الْإِسْلَامِ إِلَّا كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَة

“Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang memiliki sehelai uban, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud 4204. Hadis ini dishahihkan al-Albani dalam Shahih Targhib wa Tarhib, 2091)

Ini merupakan nasihat emas dari Baginda Nabi Muhammad S.A.W dimana dalam hadits tersebut menunjukkan bahwa keberadaan uban yang ada pada seorang muslim akan menjadi cahaya yang akan menerangi kegelapan di hari kiamat dan akhirat kelak. Jadi jangan pernah kamu cabut ubannya yah.

Selain itu, kita juga akan menerima efek buruk dari kebiasaan mencabut uban.

Menjadi hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan, Uban merupakan salah satu hal yang pasti dan tak mungkin dihindari.

Namun kehadiran uban dalam hidup seyogyanya patut kita syukuri. Beberapa hal yang patut kita syukuri dengan munculnya rambut.

Kewibawaan. 

Datangnya kebaikan dan dihilangkannya keburukan (dosa)

Sebagai pengingat yang baik.

Menjadikan seseorang lebih giat beramal.

Nah, itulah jawaban sekitar uban yang perlu kamu tahu.



Sumber:
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/masih-muda-sudah-tumbuh-uban/
https://muslim.or.id/23639-kedahsyatan-uban.html, Menunjukkan Kedewasaan
https://www.republika.co.id/berita/q073m2320/manusia-pertama-yang-beruban-dan-arti-rambut-yang-memutih

Posting Komentar

0 Komentar