Tips Menjaga Kesehatan Anak Pada Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Anak Pada Musim Hujan
Tips Menjaga Kesehatan Anak Pada Musim Hujan. Foto Unsplash

Kesehatan anak menjadi prioritas utama orang tua. Oleh sebab itu, tips-tips mengenai kesehatan sering kali dicari. 

Saat musim hujan tiba, penting bagi Klepusher untuk extra menjaga kesehatan anak. Pada musim hujan anak cenderung lebih mudah terkena penyakit.

Hal ini lantaran kondisi udara yang lembab, kemungkinan terkena air hujan saat berada di luar ruangan, ataupun tertular teman dan keluarga yang sedang sakit

Perlu diketahui, pada saat musim hujan, penularan penyakit lebih cepat dari biasanya.

Antisipasi secara intens juga perlu dilakukan orang tua kepada anak-anak yang sebelumnya memiliki penyakit bawaan seperti asma, imun yang rendah, atau sejenisnya, karena pada musim hujan mereka akan lebih rentan terkena penyakit.

Pada saat kondisi seperti ini orang tua harus lebih sigap melakukan pencegahan agar buah hati tidak terkena atau tertular penyakit. 

Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan anak pada saat musim hujan tiba.

1. Memastikan Anak Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan yang sehat bisa membantu meningkatkan imun tubuh anak agar lebih kuat. Minum air yang cukup, makan makanan 4 sehat 5 sempurna sangat dianjurkan.

Selain itu, Klepusher juga harus memberikan pengertian kepada anak agar tidak jajan sembarangan, makan junk food, atau makanan berminyak. Jika perlu siapkan bekal kepada anak untuk dibawa ke sekolah.

2. Membersihkan Badan dengan Sabun Antiseptik Setelah Aktivitas di Luar

Saat musim hujan, kondisi udara cenderung lembab, sehingga memicu bakteri atau jamur. Oleh karena itu pastikan anak untuk selalu membersihkan diri sepulang sekolah atau setelah aktivitas diluar.

Jangan lupa untuk selalu mandi menggunakan sabun antiseptik, terlebih setelah terkena air hujan. Jangan bosan juga untuk membiasakan anak mandi dengan air hangat jika kondisi udara sedang dingin.

3. Mengganti Pakaian Setelah Aktivitas di Luar

Selain sesegera mungkin mandi setelah beraktivitas diluar, jangan lupa untuk mengganti pakaian saat pulang sekolah, atau sepulang bermain.

Saat musim hujan, bukan tak mungkin anak terkena air hujan saat di perjalanan pulang. Meski tidak sampai basah kuyup, segeralah untuk mengganti pakaian, dan menggunakan pakaian baru pada hari berikutnya.

4. Mengatur Jam Tidur Anak secara Cukup

Klepusher harus konsisten mengatur jam tidur anak dengan baik. Misalnya menerapkan tidur siang yang cukup, dan tidur malam pada pukul 08.00 WIB

Jika waktu tidur anak terpenuhi dengan baik, kekebalan tubuh meningkat, kondisi imun terjaga dan kesehatan anak tetap terjaga.

5. Menggunakan Pakaian yang Sesuai Dengan Kondisi Cuaca

Saat musim hujan jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca, apalagi saat melakukan kegiatan di luar ruangan. 

Jaket tebal, topi, sarung tangan, kaos kaki, mantel, hingga payung harus disediakan saat aktivitas diluar ruangan untuk mengantisipasi turunnya hujan.

6. Menghindari Kontak dengan Orang Sakit

Penyebaran penyakit saat musim hujan akan lebih cepat ketimbang musim biasa.

Itu sebabnya penting memberikan pemahaman pada anak untuk menghindari orang yang sedang sakit.

Saat dirumah Klepusher mungkin bisa memantau aktivitas anak, namun saat di luar hal ini sangat sulit.

Oleh karena itu pastikan untuk selalu mengingatkan anak untuk menghindari teman atau orang yang sedang sakit, atau bisa melakukan pencegahan dengan menggunakan masker atau selalu mencuci tangan.

Sakit adalah hal yang tidak terduga, namun bisa cegah. Oleh karena itu jangan lupa selalu menerapkan beberapa hal di atas agar kesehatan anak tetap terjaga.

Posting Komentar

0 Komentar