Petualangan Mencari Tempat Wisata Air Terjun Curug Kali Kawung

Foto 1. Air Terjun Kali Kawung

Nggak nyangka, Petualangan Mencari Tempat Wisata Air Terjun Curug Kali Kawung memang penuh dengan kejutan.


Kalau nggak nyasar-nyasar, mungkin travel storynya cuma 1 atau dua kali posting, kelar!

Lanjutin story Eksplor Ke Curug Kali Kawung di Banyumas, Surga Tersembunyinya Ujung Utara Kab. Banyumas (Part 3, Part 2 dan Part Awal) dan masih harus di Reboot Travel pula Travel Story Eksplor Air Terjun Curug Kali Kawung Reboot.

Dan kali ini Finding Curug Kali Kawung di desa Krajan, Kec. Pekuncen, Kab. Banyumas benar-benar direstart.

Jadi, setelah sampai di tempat parkiran, sambil nungguin pemilik sepeda motor yang sama-sama parkir dan sedikit meratapi sepatu butut yang jebol, Team Klendangan pun memperoleh titik terang untuk menuju Air Terjun Curug Kali Kawung.

Beruntung tak seberapa lama, mereka yang pantas ditunggu pun bermunculan.

Team Klendangan pun terlibat percakapan ringan yang mengalir dengan topik yang random.

Di sela-sela perbincangan yang mengalir itu pun tak luput dari pertanyaan dimana sebenarnya Air Terjun Curug Kali Kawung.

Mereka pun menunjukkan arah untuk mencapai tujuan yang dimaksudkan oleh Team Klendangan.

Mulai dari Arah 1, Arah 2 dan arah 3.

Dan ketiganya tidak ada narasi yang mendeskripsikan bahwa perjalanan menuju Air Terjun Curug Kali Kawung itu datar.

Foto 2. Menuruni Camping Area Gunung Anyar menuju Air Terjun Curug Kali Kawung.

Setelah menimbang-nimbang berbagai aspek, akhirnya disepakati arah yang diambil adalah arah 2 menuju Air Terjun Curug Kali Kawung.


Ini berarti, motor yang diparkirkan bareng bapak-bapak pencari rumput harus beranjak turun menuju sebuah pertigaan kecil dengan akses jalan setapak namun masih bisa dilalui kendaraan roda dua.

Tak jauh dari portal bambu seperti yang ditunjukkan pada Foto 2 di atas pertigaan jalan dan jalan setapak itu berada.

Jadi, sebenarnya jalan itu sudah pernah terlewati pada saat Team Klendangan naik ke Igir Nangka.

Tapi ketidak tahuan dan papan penunjuk arah yang tidak terlihat bikin Team Klendangan mbablas saja, naik.

Okelah kalau begitu, mari langsung mulai saja Travel Story "Finding Curug Kali Kawung". Sebuah petualangan singkat mencari tempat wisata Air Terjun Curug Kali Kawung, salah satu hidden gem-nya Kabupaten Banyumas di sebuah desa yang asri, Krajan.


Dari video singkat di atas, sebenarnya bisa disimpulkan bahwa perjalanan menuju Air Terjun Curug Kali Kawung merupakan perjalanan yang gampang-gampang-susah.

Tapi memang bukan hidden gem namanya kalau tidak ditempuh dengan susah payah ya.

Ibaratnya pepata bilang "Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian."

Disepanjang jalan ini sudah tidak ada lagi jalan aspal ataupun jalan beton. Karena di sepanjang jalan ini hanya ada jalan setapak tanpa beton.

Team Klendangan berusaha melintasi jalan ini sampai seberapa jauh jalan ini layak untuk dilewati kendaraan roda dua.


Sebenarnya, di awal-awal jalan ini cukup lebar lho, bahkan, menurut sparklepush.com, jalan ini bisa dilalui 2 kendaraan roda dua dalam keadaan berpapasan. Jadi nggak kagok dan nggak bikin kepater-lah. 

Sayangnya, jalan (yang diperkirakan) menuju Air Terjun Kali Kawung ini dari sepanjang pantauan Team Klendangan yang ke lokasi pada hari Minggu 25 Desember 2023 ini menunjukkan bahwa jalan ini masih berupa jalan tanah biasa. 


Belum lagi selama perjalanan dari awal hingga video ke-2 di postingan ini, belum terlihat papan penunjuk arah menuju Air Terjun Curug Kali Kawung.

Dibikin harap-harap cemas lagi karena belum ketemu sama penunjuk arahnya.

Untungnya Team Klendangan sudah mengumpulkan informasi yang cukup untuk menuju Air Terjun Kali Kawung setelah bertemu dengan beberapa bapak-bapak yang ngasoh bareng di tempat parkiran di sekitar Igir Nangka tadi.

Jadi, perjalanan yang mengasyikkan ini pun terus dilanjutkan hingga ke jalan-jalan menuju Air Terjun Kali Kawung selanjutnya.

Kelihatan banget masih belum nyerah, sebab masih terus maju menggunakan kendaraan roda dua. Berasa lagi trabas...! 😂


Hingga sampai di tikungan berikutnya, akhirnya Team Klendangan pun tobat naik kendaraan dan dengan sangat terpaksa sekali memarikirkan Kendaraan roda dua ini di tikungan terakhir yang agak nanjak dengan kontur kemiringan yang mustahil sekali dilalui. 

Dari tikungan ini pula lah, perjalanan (jalan kaki) dimulai lagi. dan semoga saja jalan ini adalah jalan yang benar, aamiin...!

Perjalanan yang mengasyikkan ini pun terus berlanjut. Meski pada saat sampi di titik ini, tidak dijumpai pengunjung Air Terjun Curug Kali Kawung yang lainnya selain Team Klendangan Sparklepush.com.

Selangkah demi selangkah, Team Klendangan Sparklepush.com menelusuri jalan setapak yang diharapkan dapat mengarah ke Curug Kali Kawung yang sangat didambakan.

Jalannya tetap sama kondisinya, naik-turun. 

Terdengar suara gemercik air yang makin lama makin jelas terdengar. Tentu, suara ini membuat Team Klendangan antusias untuk segera menemui ujung dari pencarian Air Terjun Curug Kali Kawung.

Memang, perjalanan pencarian Curug Kali Kawung di track yang sedang dilewati ini berbeda dengan track yang sebelumnya (Track Nyasar).

Disini, pemandangan persawahan dengan padi yang sudah menguning bener-bener tersaji dengan indah bak lukisan.

Foto 3. Pemandangan persawahan di sepanjang jalan petualangan mencari tempat wisata Air Terjun Kali Kawung.
Dokumentasi Sparklepush.com
Karena terdengar semakin dekat jadi Team pun mengikuti jalan setapak yang terlihat kian menurun. Sangkin semangatnya, akhirnya Team Klendangan pun menuruni lembah ini seperti yang terlihat pada rekaman video di bawah ini.


Rupa-rupanya, jalan setapak ini membawa Team Klendangan ke sebuah pematang sawah dan yang paling mencengangkan adalah suara gemercik air pun semakin dekat.

Dikira itu adalah salah satu aliran sungai yang dekat dengan Air Terjun Curug Kali Kawung tapi ternyata hanyalah suara gemercik sodetan air dari sawah.

Hmmm, harus sesusah inikah menemui Air Terjun Curug Kali Kawung di Desa Krajan. Untuk melepas lelah, Team pun membuat joke singkat seperti yang bisa Klepusher saksikan di video short berikut ini.


Tak beberapa lama, akhirnya Team Klendangan pun kembali ke jalur sebelum menuruni lembah kecil ini dan kembali melanjutkan perjalanan, berharap ada penunjuk jalan menuju Air Terjun Kali Kawung.

Singkat kata, singkat cerita, Team Klendangan pun sampai di sebuah jalan setapak yang disisinya ada aliran airnya. 

Di sungai kecil ini ternyata banyak sekali capung-capung kecil yang berterbangan dan warna mereka lain dari yang lain. Menakjubkan.

Untungnya, capung kecil ini berhasil difoto.

Foto 4. Capung Jarum yang ada di sekitar jalan setapak menuju Air Terjun Curug Kali Kawung.
Dokumentasi Sparklepush.com

Ya, seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa di sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Curug Kali Kawung terdapat salah satu jenis capung dengan warna unik yaitu biru metalik. 

Capung yang berwarna biru metalik ini punya ciri-ciri fisik tubuh ramping dan memanjang seperti jarum. Mungkin ini yang dinamakan capung carum.

Baca juga: Koleksi Foto Capung versi Sparklepush.com 

Ini menunjukkan bahwa air yang ada di sekitar sini adalah air yang bersih sesuai dengan penjelasan channel youtube alam semenit

Foto 5. Penampakan Sungai kecil di salah satu ruas jalan setapak menuju Air Terjun Curug Kali Kawung.

Foto 6. Capung biru yang lainnya di sepanjang jalan menuju Air Terjun Curug Kali Kawung.


Posting Komentar

0 Komentar